Hubungan Kecanduan Game Online dengan Motivasi Belajar pada Remaja di SMP N 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Novita Retno Ariani, Neti Mustikawati, Neti Mustikawa
Kata Kunci   :Game online, kecanduan game online, motivasi belajar, remaja
Program Studi Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024
ABSTRAK
Hubungan Kecanduan Game Online dengan Motivasi Belajar pada Remaja di SMP N 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan
Novita Retno Ariani, Neti Mustikawati
Latar Belakang: Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022), remaja lebih peka terhadap kecanduan game online dibanding orang dewasa, karena remaja memiliki keinginan mencoba sesuatu hal baru dan beresiko menjadi perilaku yang bermasalah. Berdasarkan data dari We Are Social, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan total pemain (gamers) terbanyak di dunia. Bermain game online juga menyebabkan dampak salah satunya pada motivasi belajar remaja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar pada remaja.
Metode: Desain penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis korelasi dan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dari kelas VII, VIII dan IX dengan total 105 responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner Game Addiction Scale (GAS) dan kuesioner Motivasi Belajar.
Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Spearman Rank didapatkan nilai ρ value sebesar < 0,001 (p< 0,05) artinya terdapat hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar pada remaja di SMP N 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan, dan didapatkan nilai Correlation Coefficient sebesar -0,514, artinya memiliki kekuatan hubungan sedang dengan arah korelasi negatif (-).
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar remaja di SMP N 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti lain sebagai bahan referensi seperti menambahkan kategori karakteristik responden.
Kata Kunci: Game online, kecanduan game online, motivasi belajar, remaja
Daftar Pustaka: 12 buku, 19 artikel
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Ariani, N., dkk (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung. Diakses pada 16 Januari 2024. Dari: https://doi.org/
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet No. (APJII). (2023). Survei Penetrasi dan Perilaku Internet 2023. Diunduh 30 Desember 2023 dari: www.survei.apji.or.id
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di No. (Jiwa), 2020-2022. Diunduh tanggal 29 No. 2024 dari: https://sensus.bps.go.id
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Provinsi Jawa Tengah (Jiwa), 2020-2022. Diunduh tanggal 29 No. 2024 dari: https://sensus.bps.go.id
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Pekalongan (Jiwa), 2020-2021. Diunduh tanggal 29 No. 2024 dari: https://sensus.bps.go.id
Databoks (2022). Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia. Diakses pada tanggal 25 Januari 2024. Dari: https://databoks.katadata.co.id
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud). (2023). Data Pokok Pendidikan SMP N 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Diunduh tanggal 22 No. 2024 dari: https://depo.kemendikbud.go.id
Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan (1st ed.). Pustaka Baru Press. Diakses tanggal 15 No. 2024.
Donsu, J. D. T. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan. Pustaka Baru Press.
Fauzan, (2021). Pengaruh Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.Diunduh tanggal 11 Juli 2024. Dari: https://lpmpaceh.kemendikbud.go.id
Hamranani, S. S. T., Kusumaningrum, P. R., Permatasari, D., & Setyawan, E. A. (2021). Hubungan Lama Penggunaan Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4). Diunduh tanggal 16 No. 2024 dari https://scholar.google.com
Hartanti, F. P. (2022). Dampak Buruk Kecanduan Game pada Anak Usia Remaja. Diambil kembali dari Pelayanan Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik No. Diakses tanggal 23 No. 2024 dari: https://yankes.kemkes.go.id
Healthy Lifestyle. (2022). Anak Kecanduan Main Game. Generali. Diakses pada tanggal 12 Juli 2024. Dari: https://www.generali.co.id/id/healthyliving/healthy-lifestyle.
Henny Sapitri, Amila, J. A. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan (Aurora Hawa Nadana (ed.); 1st ed.). Ahli Media Press. Diunduh tanggal 30 No. 2014, dari: http://repository.sari-mutiara.ac.id
Hidayat, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan (Aklia Suslia (ed.); 2nd.). Salemba Medika.
Indiraphasa, Shiami, N. (2023). Peran Orang Tua Cegah Anak Kecanduan Game Online. Diakses pada tanggal 20 agustus 2024. Dari: https://www.nu.or.id/amp/nasional/cegah-kecanduan-game-online.
Kartika, I. I. (2017). Dasar – dasar Riset Keperawatan dan Pengolahan Data Statistik. No.: Trans Info Media
Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media psychology, 12(1), 77-95. Diunduh tanggal 20 Februari 2024. Dari: https://school.google.com/
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penelitian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Mimbar Ilmu. 25(2), 262-270. Diunduh pada tanggal 16 Mei 2024. Dari : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/
Nurlina Ariani Hrp, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, Rosmidah Hasibuan, S. S. S. Dan toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Diunduh tanggal 10 No. 2024, dari: https://repository.penerbit widina.com.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. P. Lestari (ed.); 5th ed.). Salemba Medika.
Permanasari, I., Minna, R., & WatI, Y. (2021). Remaja bebas anemia melalui teman sebaya (1st ed.). Gosyen publishing.
Pratiwi, E. Y. R., Rochmania, D. D., Asmarani, R., & Edi, M. B. (2019). Positif Negatif Game Online Pengaruh Fenomena Game Online Terhadap Prestasi Belajar.
Purwanti, F. (2024). HP Disita Ortu dikarenakan Kecanduan Game Online Pelajar Gantung Diri. Detik Jatim. Diakses pada 29 Juli 2024. Dari: https://www.detik.com/jatim/berita
Rahmawati, D., Mulyana, D., dkk. (2021). Kecanduan Game Online. Jakarta. Program Humas Universitas Indonesia.
Rischa Pramudia Trisnani, S. Y. W. (2018). Stop Kecanduan Game Online (S. Y. Wardani (ed.); 1st ed.). Unipma Press.
Rismalinda. (2017). Psikologi Kesehatan (A. Maftuhin (ed.); 1st ed.). CT. Trans Info Media.
Rokom. (2018). Kecanduan Game Adalah Gangguan Perilaku. Diakses pada tanggal 5 Januari 2024.Dari: https://sehatnegriku.kemenkes.go.id
Rosalina, L., Oktarina, R. (2023). Buku Ajar Statistika.CV. Muharika Rumah Ilmiah. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2024.
Sinaga, R. S. Dan manotar. (2022). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Asthenopia Pada Pelajar (Tiara Azhari (ed.); 1st ed.). Deepublish.
Syapitri, H., Amila, & Aritonang, J. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (A. H. Nadana (ed.). Ahlimedia Press.
Trisnani, R. P., & Wardani, silvia Y. (2018). Stop Kecanduan Game Online. silvia Y. Wardani (ed.). UNIPMA PRESS.
Ulkhaq, M. M., Rozaq, Ramadhani, R., Healdianti, R., Fajri, A., & Akshinta, P. Y. (2018), Validity and Reliability Assessment of the Game Addiction Scale: An Empirical Finding from Indonesia. Association for Computing Machinery, 120-123.
Widiarti, T., Istiani, H., & Rokhmiati, E. (2024). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur dan Motivasi Belajar. Journal of nursing Education and Practice, 3(4), 127-134.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |