Perkembangan pesat sosial media telah memengaruhi pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam kegiatan berbelanja secara online. Salah satu platform yang saat ini banyak diminati Adalah TikTok Shop, yang menyajikan kombinasi antara hiburan, interaksi dan jual beli. Fenomena ini memicu timbulnya perilaku impulse buying yang dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari aspek pemasaran digital maupun kondisi psikologis pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Content marketing, Shopping Lifestyle, Live streaming, dan Fear of missing out (FoMO) terhadap Impulse Buying pada pengguna TikTok Shop di Pekalongan. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini terdapat 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria pernah melakukan pembelian melalui TikTok Shop. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online dan dianalisis dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel FoMO yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, sedangkan Content marketing, Shopping Lifestyle, dan Live streaming tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini menegaskan peran dominan faktor psikologis dalam mendorong perilaku pembelian impulsif pada konsumen muda. Penelitian ini penting bagi akademisi dalam pengembangan teori perilaku konsumen di era perdagangan digital, serta memberikan masukan praktis bagi pelaku usaha untuk merancang strategi pemasaran yang menekankan urgensi dan eksklusivitas dalam penjualan online.
Kata kunci: Content marketing, Shopping Lifestyle, Live streaming, Fear of Missing Out, Impulse Buying, TikTok Shop
Abdelsalam, S. , S. N. , A. R. A. , & H. O. (2020). Understanding Online Impulse Buying Behavior in Social Commerce: A Systematic Literature Review. IEEE Access, 8, 89041–89058.
Afif, M. , & P. P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2, 34–52.
Asriningati, M. , & W. T. I. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Online Store Beliefs Terhadap Impulse Buying pada Lazada.co.id. SEGMEN: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15, 111–123.
Azmi, N. (2023). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Perilaku Impulse Buying. Jumbiwira: Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 2, 30–36.
Baltes, L. P. (2015). Content marketing – the fundamental tool of digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Series V:Economic Sciences, 8, 111–118.
Bansal, M. , & K. S. (2018). Impact of Social Media Marketing on Online Impulse Buying Behaviour. Journal of Advances and Scholarly Researches in Allied Education, 15, 139–144.
Barao, V. A. R. , H. F. , & G. B. (2022). Analisis Konten Marketing Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, & Teknologi, 6, 16–29.
Carissa, R. (2024). Analisis Pengaruh Live streaming, Hedonic Shopping Motivation, dan Price Discount terhadap Impulse Buying (Studi pada Generasi Z Pengguna Social Commerce TikTok). ECo-Buss: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7, 623–635.
Chairina, A. D. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Content marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Shopee. Jurnal Psikologi Sosial Dan Komunikasi, 8, 1–15.
Chasanah, H. F. , & S. (2022). The Effect of Digital Content marketing and Product Quality on Purchasing Decision of Scarlett Products through Buying Interest as an Intervening Variable. Jurnal Mantik, 6, 551–559.
Chilmiyatul. (2019). Sindrom FOMO: Persepsi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9.
Deviana, N. P. S. , & G. I. G. A. K. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4, 1–10.
Dewi, S. R. (2023). Pengaruh FOMO dan Sales promotion terhadap Impulse Buying pada Pengguna Social Commerce di Surabaya. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Teknologi, 10, 35–45.
Faradiba, B. , & S. M. (2021). Covid-19: Pengaruh Live streaming Video Promotion dan Electronic Word of Mouth Terhadap Buying Purchasing. Economos: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4, 1–15.
Fawahan, L. , & M. I. (2022). Membangun Branding Produk UMKM Melalui Media Sosial TikTok. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4, 251–261.
Fitriyani, N. , N. A. S. , & A. E. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Live streaming Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Nabila Fashion. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2, 1–15.
Indrabayu, I. , H. A. , & R. M. (2022). Pengaruh Fear of missing out (FoMO) dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 8, 120–129.
Indriawan, B. M. , & S. I. H. (2023). Pengaruh Sales promotion, Content marketing, dan Shopping Lifestyle Content creator TikTok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-commerce Shopee. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11, 905–914.
Kurniawan, R. A. , & N. R. H. (2024). Pengaruh Content marketing, Live streaming dan Flash sale terhadap Impulse Buying pada Pengguna Aplikasi TikTok Shop di Surabaya: Studi pada Pengguna Tahun 2022-2023. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6, 2367.
Langi, C. C. , L. S. L. H. V. J. , & R. F. (2025). ). Pengaruh Live streaming, Free shipping, dan Content review terhadap Impulse Buying pada Pengguna TikTok Shop di Wilayah Ranowangko. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 13, 683–695.
Maulana, R. I. (2018). Pengaruh Awareness, Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude. Indomie Kota Tangsel. Jurnal Pemasaran Kompetitif.
Muharam, A. , P. B. P. , & S. R. N. (2023). The Effect of Fear of missing out on Impulse Buying in the Context of S-Commerce. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 11, 403–414.
Mursid, S. P. (2021). (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23, 454–463.
Nadeak, B. , S. E. , & S. M. (2021). Their Influence in the Impulsive Buying Behavior of College Students. International Scholars Conference Proceedings, 9, 1446–1461.
Prasetya, A. D. , S. R. N. , & A. R. (2021). Analisa strategi pengaruh influencer marketing di sosial media, online advertising dan Content marketing terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 7, 38–52.
Rahmadani, W. (2021). Pengaruh Diskon dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Rahmadi, Y. (2020). Impulsive Buying: Kajian Promosi Penjualan, Gaya Hidup, dan Faktor Psikologis. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 12, 225–240.
Rizqi, N. D. , & H. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi dan Shopping Lifestyle Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Milenial pada E-commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang). Conference Series: Islamic Economics and Business, 593–602.
Sabila, N. , & A. F. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Impulsive Buying pada E-commerce TikTok Shop. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 6, 127–136.
Saragih, C. M. , & P. P. (2022). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-commerce di Masa Pandemi Covid-19. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9, 608–619.
Shinta, D. C. , W. K. , & K. P. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada Streaming E-commerce Berdasarkan S-O-R (Stimulus Organism Response). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 14, 123–135.
Sholichah, N. , & I. M. R. (2022). Perkembangan dan Pengaruh Aplikasi TikTok sebagai Media Sosial Kreatif di Era Digital. Jurnal Komunikasi Dan Media Digital, 5, 123–134.
Siddik, S. , M. M. , & S. L. S. (2020). Peran Harga Diri terhadap Fear of missing out pada Remaja Pengguna Situs Jejaring Sosial. Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah Dan Hukum, 8, 111–122.
Siregar, R. , & P. A. (2022). Pengaruh Live streaming dan Trust Terhadap Impulse Buying pada Pengguna Shopee di Kota Medan. Jurnal Ekonomi, 13, 1160–1170.
Sopini, S. , S. D. P. , & S. R. N. (2021). Impulsive Buying: Kajian Promosi Penjualan, Gaya Hidup, dan Faktor-Faktor Lainnya. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 12, 273–282.
Sujarweni, V. W. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukwika, T. (2023). Menentukan Populasi dan Sampling. Dalam Metode Penelitian (Dasar Praktik dan Penerapan Berbasis ICT). PT. Mifandi Mandiri Digital.
Verma, S. , & K. A. (2021). Pengaruh Live streaming dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Pakaian Azka Collection di Palopo. YUME: Journal of Management, 7, 264–275.
Wahyuni, R. S. , & S. H. A. (2020). Pengaruh Sales promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2, 144–153.
Welsa, H. , P. D. A. , & H. R. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8, 45–54.
Widodo, A. (2023). Pengaruh FOMO dan Sales promotion terhadap Impulse Buying. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Teknologi (JIBT), 9, 123–135.
Widodo, R. W. (2023). Perilaku pembelian impulsif remaja pengguna TikTok Shop. Jurnal Psikologi, 11.
Yusuf, M. , S. R. N. , & P. B. P. (2020). Pembuatan Content marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10, 150–165.
Zae, A. , W. R. (2021). Pengaruh Content marketing dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8, 330–345.
Zayusman, F. , & S. W. (2019). ). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 15, 111–123.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |