HUBUNGAN KEPUASAN DENGAN MINAT PASIEN PESERTA PROLANIS UNTUK MELAKUKAN KUNJUNGAN ULANG KEGIATAN PROLANIS DI PUSKESMAS BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Mariya Ulfah, Mokhamad Arifin
Kata Kunci   :Kepuasan, Minat Kunjungan Ulang, Prolanis
Pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menyelenggarakan Program Pronalis. Pelayanan kesehatan dalam kegiatan prolanis yang baik akan meningkatkan minat kunjungan ulang pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan dengan minat pasien peserta prolanis untuk melakukan kunjungan ulang kegiatan prolanis di Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel penelitian adalah pasien hipertensi dan diabetes melitus yang menjadi peserta prolanis di Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan dengan jumlah 48 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,3% responden kurang puas pada pelayanan kesehatan dan 54,2% responden mempunyai minat melakukan kunjungan ulang dalam kegiatan prolanis. Ada hubungan kepuasan dengan minat pasien peserta prolanis untuk melakukan kunjungan ulang kegiatan prolanis di Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan dengan Ï value: 0,016. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan dalam kegiatan pronalis sehingga pasien puas dan berminat melakukan kunjungan ulang dalam kegiatan pronalis.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2018 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |