Aplikasi Hear Me merupakan aplikasi komunikasi yang dikembangkan sejak tahun 2019 untuk membantu menjembatani komunikasi antara Teman Tuli dan Teman Dengar melalui Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Aplikasi ini memiliki empat fitur utama, yaitu Translate Me, Transcribe Me, Learn Me, dan Play Me. Fitur-fitur tersebut memungkinkan pengguna mengakses isyarat BISINDO dalam bentuk animasi GIF, mengubah suara ke teks, serta belajar isyarat secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebergunaan aplikasi Hear Me dalam konteks pembelajaran inklusif. Teori yang digunakan adalah teori usability yang mencakup aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna saat berinteraksi dengan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 15 responden yang terdiri dari Kepala sekolah, Guru, orang tua, Teman Dengar (relawan), dan Teman Tuli (Guru BISINDO). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) secara langsung dan daring. Instrumen SUS terdiri dari 10 pernyataan menggunakan skala Likert 1–5, dan data yang terkumpul dianalisis dengan rumus
perhitungan SUS untuk menilai tingkat kebergunaan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata SUS yang diperoleh adalah 61,5. Nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup (marginal), yang berarti aplikasi sudah cukup membantu komunikasi, namun belum sepenuhnya mudah digunakan oleh semua responden. Aplikasi Hear Me direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut, khususnya dengan menambahkan fitur isyarat BISINDO versi lokal seperti BISINDO Pekalongan.
Apriyanthi, N. P. E., Mentayani, N. P. A., Gunawan, I. M. A. O., & Indrawan, G. (2024). Evaluasi Usability Dengan Pendekatan System Usability Scale (SUS) Pada Aplikasi TMHub. JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi), 7(1), 1–7.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating. Journal of Usability Studies, 4(3), 114–123.
Choirunnisa, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Hear Me Terhadap Komunikasi Interpersonal Teman Dengar dengan Teman Tuli. 17823263.
Edi Kurniawan, Noftiadi, A. N. (2022). PENERAPAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DALAM PENGUKURAN KEBERGUNAAN WEBSITE PROGRAM. 4307(1), 43–49.
Ependi, U., Putra, A., & Panjaitan, F. (2019). Evaluasi tingkat kebergunaan aplikasi administrasi penduduk menggunakan teknik system usability scale. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.26594/register.v5i1.1412
Farros, M., Haq, I., Rosyadi, I., Nasir, M., & Khambali, A. (2024). Sentiment Analisis Ulasan Aplikasi Livin Pada Google Play Store. Jurnal Surya Informatika, 14(1), 24–29. https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/1785
Hafifah. (2023). Efektivitas penggunaan aplikasi Hear Me untuk meningkatkan pembendaharaan kata pada Siswa tunarungu di slbn kota banjarbaru.
Hammam Akmal, P., & Suputra, I. P. G. H. (2023). Evaluasi UI pada Prototype Aplikasi “WeCare” Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale). Jurnal Nasional Teknologi Informasi Dan Aplikasinya, 2(November), 131–138.
Khambali, A. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Wayang Berbsis Web Menggunakan MYSQL. Jurnal Surya Informatika, 4(1), 36–40. http://ejournal.politeknikmuhpkl.ac.id/index.php/surya_informatika/article/download/82/68
Kholiani, W., & Rosyadi, I. (2016). Media Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Pada English Club Berbasis Adobe Flash Cs 3. Surya Informatika, 2(1), 2477–3042. http://ejournal.politeknikmuhpkl.ac.id/index.php/3/issue/view/6
Mundriyah, Himawan, G., Khoirruchim, A., Rey Naldi, R., Muharram, A., & Adi Artanto, F. (2022). Analisis Usability User interface Pada Aplikasi E-Commerce. Jurnal Surya Informatika, 12(2), 76–80.
Pratama, H. Y., Hanggara, B. T., & Setiawan, N. Y. (2022). Evaluasi Usability dengan Menerapkan Metode Heuristic Evaluation pada Website Dinas Pendidikan Kota Batu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 1350–1359. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10809
Rahman, R., Aril, M., Putri, A. N., Teknologi, I., & Jusuf, B. (2024). Pengembangan Rancangan Aplikasi Hear Talk Me untuk di Gunakan Penyandang Tunarungu Berbasis Sistem Operasi Android Pengembangan alat bantu Hear Talk Me dengan sistem operasi Android dapat. 2(5).
Suparyanto dan Rosad (20151)Imam Rosyadi, S. E. M. S. 2)Dian N. S. 3)Fera A. (2020). Media Pembelajaran Siswa Taman Kanak-KanakMenggunakan Animasi Flash. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Ulfa, M., & Abdurrahman. (2021). Analisis Usability Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Palembang Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 2(3), 2746–1335.
Yuliana, A., Choirunnisa, F., & Arsita, M. (2020). E-Learning Pelatihan Ujian TOEFL Berbasis Web pada Fastikom Language Center. Surya Informatika, 8(1), 1–9.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |