Pelayanan obat tanpa resep merupakan bagian penting dari pelayanan kefarmasian yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di apotek se-kecamatan Kedungwuni. Kepuasan konsumen diukur berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangible). Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional dan teknik pengumpulan sampel adalah purposive sampling. Melibatkan 77 responden dari 7 apotek dikecamatan Kedungwuni Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh jawaban responden Pada dimensi Tangible (Bukti Fisik) 85%, dimensi reliability (Kehandalan) 83%, dimensi Responsionsiveness (ketanggapan) 84%, pada dimensi Empathy (empati) 84%, dan dimensi Assurance (jaminan) 78%. Nilai rata-rata diseluruh dimensi tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep dibeberapa apotek se-kecamatan kedungwuni didapatkan sebesar 83% termasuk dalam kategori sangat puas. Peneliti berharap pelayanan kefarmasian di apotek se-kecamatan kedungwuni lebih ditingkatkan lagi agar kepuasan konsumen memastikan kesesuaian menyeluruh terhadap kualitas pelayanan kefarmasian diapotek.
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Afiya, N., Permadi, Y. W., Rahmatullah, S., & Ningrum, W. A. (2022). Analisis Pengelolaan Manajemen Logistik Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Qim Batang Tahun 2021. Jurnal Ilmiah JOPHUS?: Journal Of Pharmacy UMUS, 3(02), 138–145.
Akhmad, A. D., Dirga, K, S. M., Adliani, N., & Sukrasno. (2019). Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati, 2(kepuasan konsumen), 86–98. ejurnalmalahayati.ac.id
Apotek, D. I., & Farma, K. (2016). PATIENT SATISFACTION ON PHARMACEUTICAL SERVICES AT THE APOTEK KIMIA FARMA 36 IJEN Risca Narulita , Bilal Subchan Agus Santoso Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , saat ini telah terjadi perges. 1–8.
Apotik, (2017). Sterkwerkende Geneesmiddelen Ordonanntie , Staatsblad 1949:419). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Apotik, 1–36.
Broto, B. E. (2020). Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Kimia Farma Rantauprapat. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 95–108. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1764
Chen, Tsai, M. Y., Wolynes, P. G., da Rosa, G., Grille, L., Calzada, V., Ahmad, K., Arcon, J. P., Battistini, F., Bayarri, G., Bishop, T., Carloni, P., Cheatham, T. E., Collepardo-Guevara, R., Czub, J., Espinosa, J. R., Galindo-Murillo, R., Harris, S. A., Hospital, A. Crothers, D. M. (2018). No Analisis struktur ko-dispersi indikator terkait kesehatan, pusat rasa kesehatan subjek, dan orang lanjut usia yang tinggal di rumah. Title. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7.
Dahbul, N. A., Yasin, N. M., & Lazuardi, L. (2021). Analisis Distribusi Apotek Berdasar Standar Pelayanan Kefarmasian Melalui Sistem Informasi Geografis. Majalah Farmaseutik, 17(1), 82.
Faruk Alrosyidi, A., & Kurniasari, S. (2020). Dalam melaksanakan praktik pelayanan kefarmasian, apoteker memiliki kewajiban untuk: (a) Memberikan pelayanan pemberian obat kepada pasien dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku (b) melindungi obat dari pengaruh cuaca, suhu, benc. Journal of Pharmacy and Science, 5(2), 55–59.
Hendrawati. (2017). No Analisis struktur ko-dispersi indikator terkait kesehatan, pusat rasa kesehatan subjek, dan orang lanjut usia yang tinggal di rumah, Title. Jurnal Akuntansi, 11.
Hidayah, N. (2023). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan resep dan pio di puskesmas kecamatan tersono kabupaten batang.
Indah, Y. (2022). Tingkat Kepuasan, Service Quality, Customer Satisfaction Index, Deskriptif Analitik. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 59–64.
Karimah, A., Pambudi, D. B., Fitriyani, & Ningrum, W. A. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Swamedikasi Pasien Apotek Di Kota Pekalongan Pada Tahun 2019. 1–6.
Kusbandini, Y. C., & Susilowati. (2024). Determinan Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Kefarmasian Di Apotek Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Permas , 14(3), 1215–1224.
Lestari, N. I. (2021). Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep di Apotek NH Farma Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat 2021. Thesis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pangkalan Bun, 75.
Lubis, H., & Yusnaini. (2023). Analisis Faktor-Faktor Terkait Akses Usia Produktif (15-64 Tahun) di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Kutacane Pulonas, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Anestesi: Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 139–153.
Megawati, F., & Antari, N. P. U. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Medicamento, 3(2), 115–119.
Muhammad, M. F., Lestari, Y. E., & Amanda, V. (2025). Profil Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Profile Of Consumer Satisfaction Level With Drug Information Services At Ibnu Sina Pringsewu Pharmacy. 8(1), 73–84.
Narendra, M. P., Skarayadi, O., Duda, M., & Adirestuti, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Apotek Kimia Farma Gatot Subroto Bandung. Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi, 5(1), 31–37.
Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61.
Pareraway, D. C., Tjitrosantoso, H., & Bodhi, W. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Pharmacon, 5(4), 273–279.
Prabowo, W. L. (2021). Teori Tentang Pengetahuan Peresepan Obat. Jurnal Medika Hutama, 02(04), 402–406.
Rahayuningtyas, W., Muthoharoh, A., Rahmatullah, S., & Ningrum, W. A. (2023). Kepuasaan Pelayanan Resep Konvensional dan Elektronik Pasien Rawat Jalan: Studi Perbandingan di Instalasi Farmasi RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Prosiding Seminar Kesehatan Masyarakat, 1(Oktober), 44–50.
Reihana, E., Saputri, G. A. R., & Nofita. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Rawat Jalan di RSUD Mayjend HM Ryacudu Lampung Utara. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, 7(2), 155–170.
Rika Widianita, D. (2023). No Analisis struktur ko-dispersi indikator terkait kesehatan, pusat rasa kesehatan subjek, dan orang lanjut usia yang tinggal di rumah, Title. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Ririn Siti Nurapriani, Eddy Suhardiana, & Kamiel Roesman Bachtiar. (2023). Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep di Apotek Nakula Tasikmalaya. FASKES?: Jurnal Farmasi, Kesehatan, Dan Sains, 1(2), 59–72.
Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Performa, 5(1), 63–71
Subariyanti, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Salah Satu Klinik Di Jakarta. Jurnal Ekonomi, 22(3), 273–289.
Suci Fitriani Sammulia, Desy Maniarti Gusmali, Henny Rachdiati, Iyan Jani, & Nurlia Oktaviyanti. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Kimia Farma Batam Center. OBAT: Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(4), 01–14.
Utami, R. N. (2025). Gambaran Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep di Apotek Jetis Sukoharjo An Overview of the Level of Consumer Satisfaction with the Quality of Non- Prescription Drug Services at Apotek Jetis Sukoharjo. 12(1).
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |