ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BOJONG 1, KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Amelia Septiani, St Rahmatullah
Kata Kunci   :Puskesmas, Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan
Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan pertama pasien, sehingga perlu dilakukan upaya untuk memastikan pasien merasa puas. Pelayanan kesehatan BPJS fokus pada pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti di Puskesmas. Kepuasan pasien merupakan evaluasi setelah memakai suatu pelayanan, bahwa pelayanan yang dipilih setidaknya memenuhi harapan. Tujuan penelitian adalah mengetahui kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian serta mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas maka dibutuhkan kuesioner dengan metode servqual atau service quality. Metode servqual terdiri dari lima dimensi yaitu tangible (sarana fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati). Dalam penelitian ini jenis data yang dikumpulkan adalah data primer yang bersifat kuantitatif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling serta kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan perhitungan rumus slovin di dapatkan jumlah pasien sebanyak 100 responden. Analisis data dengan SPSS 24.0 untuk uji validitas, reliabilitas, dan korelasi sedangkan analisis GAP menggunakan Microsoft Excel. Pada uji validitas dari 30 responden didapatkan 4 pertanyaan yang valid pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan nilai r tabel yaitu 0,361. Kemudian pada uji reliabilitas dari lima dimensi tersebut didapatkan hasil yang reliabel dengan rentang nilai Cronbach alpha antara 0,70 - 0,90 pada harapan maupun kenyataan pasien. Uji korelasi menunjukkan nilai signifikansi yang rendah yaitu 0,00 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,730. Dari hasil disimpulkan pasien sangat puas karena analisis GAP menunjukkan tidak terdapat kesenjangan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 730 maka kepuasan pasien berkorelasi kuat terhadap pelayanan kefarmasian.
Referensi
Alzahrani, A. M., Alzhrani, A. A., Felix, H. C., Alharbi, K. K., Shahzad, M. W., Arbaein, T. J., & Monshi, S. S. (2024). Patient Satisfaction with Private Community Pharmacies versus Pharmacies in Primary Health Care Centers in Saudi Arabia. Saudi pharmaceutical journal : SPJ : the official publication of the Saudi Pharmaceutical Society, 32(6), 102091.
Andana, D. S. P. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN OLEH APOTEKER DI PUSKESMAS MLATI II SLEMAN. Skripsi.
Anjayati, S. (n.d.). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Menggunakan Metode Servqual.
Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.
Chusna, N., Fetriana, T., Adawiyah, R., Palangkaraya, U. M., Raya, P.,Kefarmasian, P., & Pahandut, P. (2018). PUSKESMAS PAHANDUT KOTA PALANGKA RAYA Level of Patient Satisfaction on Pharmaceutical Services in Community Health Centers of Pahandut Palangka Raya. 2016–2019.
Citraningtyas, G., Jayanto, I., Nangaro, J., Nangaro, A., Ratulangi, U. S., Sakit,R., Liun, D., & Tahuna, K. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna.10(1), 14–25.
City, K., Yuliani, N. N., Rae, A., Hilaria, M., & Takubessi, M. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oebobo Kota Kupang Tahun 2018. Jurnal Inovasi Kebijakan, V, 41–52.
Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. 5(2), 535–544.
Di, K., & Sepatan, P. (2021). Epuasan Pasien Merupakan Salah Satu Indikator Penting Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan, Karena Pasien Sebagai Makhluk Bio-Psiko- Sosial Memerlukan Terpenuhinya Harapan Dari Aspek Kesehatan (Biologis), Aspek Kepuasan (Psikologis), Serta Aspek Budaya. 01(02), 169–180.
Dianita, P. S., Kusuma, T. M., Made, N., & Nila, A. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kabupaten Magelang Berdasarkan Permenkes RI. 74, 125–134.
Dianita, P. S., & Latifah, E. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.Jurnal Farmasi Sains Dan Praktis, 3(2), 19–23. https://doi.org/10.31603/pharmacy.v3i2.1727
Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2),82–90. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127
Fadhilah, G., Rita Wahidi, K., & Ruswanti, E. (2022). Influence Of Workload And Job Satisfaction Of Pharmaceutical Workers On The Achievement Of Quality Indicators With Motivation As Intervening Variables In Jakarta Dharmais Cancer Hospital. Jurnal Health Sains, 3(10), 1575–1585. https://doi.org/10.46799/jhs.v3i10.631
Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 4, 11–21. https://doi.org/10.36729/jam.v4i1.229
Greey Cendi Elsa Bunet Widya Astuty Lolo Erladys M. Rumondor. (2020). ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TANAWANGKO. PHARMACON– PROGRAM STUDI FARMASI, FMIPA, UNIVERSITAS SAM RATULANGI, Volume 9 Nomor 3 Agustus 2020 ANALISIS, 9.
Gusthawan, A. (2017). profil penerapan standar pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Mergangsan Yogyakarta.
Habibie Deswilyaz Ghiffari, Delladari Mayefis, & Reni Novianti. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sekupang Kota Batam. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 622–628. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.954
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, R. R. I. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).
Hendra Stevani, Ayu Nabila Putri, S. S. (2018). TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS DOI-DOI KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU. XIV(1), 1–7.
Inayah, A. N. (2020). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS DEPOK I.
Karima, L. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 di Puskesmas area Kabupaten Pekalongan Tahun 2019.
Kawahe, M., Mandagi, C. K. F., Kawatu, P. A. T., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2015). Hubungan antara Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. 4(4), 261–269.
Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327
Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. 7(2), 86–93. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17455
Maimunah, S., Utami, F. E., Dianti, M. R., & Inayatillah, F. R. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Dinoyo Malang. 7(1). https://doi.org/10.18860/jip.v7i1.14695
Murni, N. (2020). Jurnal Kesmas Prima Indonesia Jurnal Kesmas Prima Indonesia. 2(1), 17–24.
Musdalipah, M., Saehu, M. ., & Asmiati. (2017). Analisis pelayanan kefarmasian di puskesmas tosiba kabupaten kolaka. Warta Farmasi, 6(2).
Naser, A. Y., & Abu Sbeat, B. S. (2022). Satisfaction with community pharmacies services in Jordan: A cross-sectional study. Saudi pharmaceutical journal :SPJ : the official publication of the Saudi Pharmaceutical Society, 30(11),1646–1651.
Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Journal of Pharmacy, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.33084/bjop.v1i1.239
Nurul Hidayah, Nadroh Sitepu, H. M. M. K. (2023). TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS BROMO KECAMATAN MEDAN DENAI Nurul Hidayah * , Nadroh Sitepu, Hilda Hilda, Masniah Masniah, Kartika Ulina Jurusan Farmasi, Poltekkes Kemenkes Medan. 9(1), 27–35.
Oktaviani, N. (2021). Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Tanjung Karang. 1–4.
Pareta, H. M. J. M. R. R. P. D. N. (2023). Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. 6(1), 32–40. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.).
Pertiwi, D. I. (2017). Analisis tingkat kepuasan pasien JKN rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di puskesmas kotagede II dan puskesmas umbulharjo I Yogyakarta menggunakan metode servqual.
Pratiwi, A. I., Fudholi, A., Mahasiswa, S., Farmasi, I., Mada, U. G., Farmasi, F., & Mada, U. G. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pelayanan Kefarmasian Puskesmas di Kota Semarang Analysis of Factors Affecting the Implementations of Pharmacy Services at Health Center in Semarang City. 17(1), 1–8. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v17i1.46980
Prihandiwati, E., Muhajir, M., Alfian, R., Feteriyani, R., & Banjarmasin, P. P. (2018). TINGKAT KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS PEKAUMAN BANJARMASIN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN ( The Level of Patient Satisfaction In Pharmaceutical Care at Puskesmas Pekauman Banjarmasin ). 1(2), 63–68.
Prihartini, N., Yuniar, Y., & Susyanty, A. L. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia Outpatient Satisfaction with Pharmaceutical Sevices at Hospital and Primary Health Care in 11 Provinces in Indonesia Peraturan Pemerintah N. 10(1), 42–49.
Radito, T. A. (n.d.). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS.1–26.
Rahmatullah, S., Waznah, U., Permadi, Y. W., & Widyastuti, W. (2023). Analisis Manajemen Inventaris Obat Di Puskesmas Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Prosiding University Research Colloquium, 1577–1583.
Rahmi, A. (2021). TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DIPUSKESMAS KUMAI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT TAHUN 2021. Skripsi.
RIZQI, A. W. M. (2020). TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS SISIR KOTA BATU. Skripsi.
Saehu, M., & Akademi Farmasi Bina Husada Kendari, A. (2017). ANALISIS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TOSIBA KABUPATEN KOLAKA (Vol. 6, Issue 2).
Sari, G. P., Artini, K. S., & Wardani, T. S. (2023). EFEKTIVITAS ANTIBIOTIK PASIEN DEMAM TIFOID RAWAT INAP DI RSAU dr. SISWANTO
LANUD ADI SOEMARMO TAHUN 2022. Parapemikir?: Jurnal Ilmiah Farmasi, 12(3), 328. https://doi.org/10.30591/pjif.v12i3.5379
Sari, N. F., Warnida, H., Helmidanora, R., Tinggi, S., & Kesehatan, I. (n.d.). Evaluasi implementasi standar pelayanan kefarmasian di puskesmas loa ipuh tenggarong. 145–151.
Satibi, M. A. F. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Model Servqual di Puskesmas Kabupaten Garut. 17(3), 284–295. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.54017
Setiawan, D., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Nawangan Pacitan. 7(2), 79–85. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17439
Shinta, R., Hanggara, L., Gibran, N. C., & Kusuma, A. M. (2017). Pengaruh Keberadaan Apoteker terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Kabupaten Banyumas The Effect of Pharmacist ’ s Presence on Pharmacy Services Quality in Community Health Centers of Banyumas District dengan total apoteker di Puskesma. 363, 67–76.
Soeiro, O. M., Tavares, N. U. L., Nascimento, J. M. D., Júnior, Guerra, A. A., Junior, Costa, E. A., Acurcio, F. A., Guibu, I. A., Álvares, J., Karnikowski, M. G. O., Leite, S. N., & Costa, K. S. (2017). Patient satisfaction with pharmaceutical services in Brazilian primary health care. Revista de saude publica, 51(suppl 2), 21s
STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS. (2016).
Susetyaningdyah, R. I. W. A. D. (2021). ANALYSIS PHARMACY SERVICE STANDARD IN WAWONASA PUBLIC HEALTH CENTER MANADO CITY. Jurnal Sains Dan Kesehatan (JUSIKA), 5(2).
Zainiarsih, P. (2016). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta JKN terhadap pelayanan farmasi di puskesmas umbulharjo II kota Yogyakarta.
Zulkifli, A. L. M. A. M. A. (2015). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD MASOHI TAHUN 2014. JST Kesehatan, 5(1), 74–81.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |