Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengetahuan, Fitur Layanan, dan Perceived Usefulness terhadap Minat Menggunakan melalui Trust Sebagai variabel intervening ( studi kasus pada pengguna Dana Di Pekalongan). Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebar secara online dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat bantu SPSS versi 25. Analisis ini meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikoliniearitas), regresi linear berganda, uji hipotesis (uji T, uji F dan uji determinasi R2), analisis jalur serta uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan e-wallet Dana, Fitur Layanan berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan e-wallet Dana, Perceived Usefulness berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan e-wallet Dana, Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan e-wallet Dana melalui Trust, Fitur Layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan e-wallet Dana melalui Trust, Perceived Usefulness berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan e-wallet Dana melalui Trust.
DAFTAR PUSTAKA
Aji, S., & Mawardi, I. (2019). Tingkat Bagi Hasil Deposito Melalui Variabel Intervening Dana Pihak Ketiga Terhadap Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan , 957-967.
Amalia, N. S. (2021, Juni Rabu). Semester I 2021, Jumlah Pengguna DANA Tembus 70 Juta Orang. Retrieved from detikFinance: https://finance.detik.com/fintech/d-5617292/semester-i-2021-jumlah-pengguna-dana-tembus-70-juta-orang
Ardianto, K., & Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya . Jurnal Pengembangan Wirasasta, 13-26.
Asdar, M. L. (2022). Manajemen Pemasaran Digital Kunci Sukses Masa Depan. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Asmawiyah. (2023). MENINGKATKAN KINERJA USAHA dalam PERSPEKTIF KEWIRAUSAHAAN. Pekalongan: Nasya Exponding Managament.
Asti, I. S., & et.all. (2021). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Bri). Jurnal Akuntansi Aktiva, 160-168.
Brilian, A. P. (2022, November Selasa). Survei: 71 % Orang RI Pakai Dompet Digital, Mana yang Paling Laris? Retrieved from detikfinance: https://finance.detik.com/fintech/d-6433675/survei-71-orang-ri-pakai-dompet-digital-mana-yang-paling-laris
Darista, S. M., & Mujilan. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI OVO SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN 3-MONEY. Riset Manajemen dan Akuntansi, 27-37.
Desita, W. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan,Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Jurnal Akuntansi Profesi, 115-124.
Endriyanto, R., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Promosi Dan FIitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-wallet LinkAja (StudiI Kasus Di Surabaya). Jurnal Ekonomika dan BisnisIslam, 67-80.
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh PersepsiManfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI, 27-37.
Fadhilah, N. A., & et.all. (2022). Pengaruh Brand Trust Terhadap EWOM Refferal Melalui Purchase Decision (Pada Industri Salon Kecantikan Di Kota Medan). Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 199-211.
Fitriyanti, E. D., Farida, E., & Primanto, A. B. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019). e – Jurnal Riset Manajemen, 1464 - 1473.
Ghozali. (2013). Analisis Multivariate SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Dipenogoro.
Hasya, R. (2022, Agustus Minggu). Ini10 E-Wallet yang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022. Retrieved from GoodStats: https://goodstats.id/article/ini-10-e-wallet-yang-paling-sering-dipakai-masyarakat-indonesia-M4TA4
Hikmah, A., & Nurlinda, R. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Dompet Digital DANA . Journal of Management and Creative Business , 181-202 .
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.
Kaukab, M. E., & Setiyanti, F. Y. (2022). PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR PADA MINAT PENGGUNAAN M-BANKING DI MASA PANDEMI COVID-19. Accounthink Journal of Accounting and Finance , 39-50.
Kesuma, P., & Nurbaiti. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 694-703.
Khoirunnisa, & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Kemudahan Pengguna, Fitur Produk, Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Aplikasi OVO Sebagai Alat TransaksiI Belanja. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 979-989.
Kurniawan, M. S., Riyadi, P. T., & et.all. (2022). TEKNOLOGI KEUANGAN ANAK MUDA. Semarang : SCU Knowledge Media.
Laraspati, A. (2022, Oktober Rabu). DANA Catatkan Rata-rata Jumlah Transaksi Harian Naik hingga 190%. Retrieved from detikfinance: https://finance.detik.com/fintech/d-6344328/dana-catatkan-rata-rata-jumlah-transaksi-harian-naik-hingga-190
Marra, S., & Mujilan. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi OVO sebagai Alat Pembayaran E-Money. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 27-37.
Moniaga, V., & et.all. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Produk Wardah Sebagai Kosmetik Halal Melalui Sikap Konsumen. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 67-80.
Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan Dan Religiusitas Terhadap Minat Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah Dalam Menambung Di Bank Syariah . Jurnal Ekonomi Islam, 14-37.
Nadhilah, A., & Hasanah, N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, dan Pengetahuan Produk terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital (Studi Kasus Produk Layanan Syariah LinkAja pada Generasi Z di Kota Bekasi). Jurnal akuntansi Politeknik Negeri Jakarta, 31-54.
Nugraha, J. T., Achmad, T., & et.all. (2023). E-GOVERNMENT DALAM PERSPEKTIF PENGGUNA: KONSEP, TEORI, DAN PERKEMBANGANNYA. Yogyakarta: Stilleto Book.
Nurdin, & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Pada Mahasiswa Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Perbankan dan Keuangan Syariah, 200 - 2022.
Okaviantari, K. R., Ekawati, N. W., & et.all. (2023). Persepsi Risiko & Pengetahuan Produk Untuk Membangun Sikap Positif Dan Niat Beli Konsep dan Aplikasi. Cilacap: MEDIA PUSTAKA INDO.
Parastika, Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Raden Fatah, 177-187.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: TheMcGraw-Hill Companies.
Populix. (2022, Maret Sabtu). Populix Survey Report. Retrieved from Populix: https://info.populix.co/report/
Pradita, K. Y. (2021). Determinan Faktor yang Mempengaruhi E-Trust dan Minat Menggunakan Aplikasi Alodokter. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 450-457.
Praja, Y. (2020). Pengaruh Experiental Marketing Fitur Dan Trust Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growht, 129-146.
Priskila, T. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Terpersepsi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Dengan Harga Terpersepsi Sebagai Variabel Pemoderasi(Studi Kasus Pada Shopee Indonesia). Business Manajement Journal, 75-153.
Rofiudin, M., Shabry, M., & Juniarsa, N. (2020). Pengaruh Harga Dan Fitur Layanan Terhadap Minat BeliI Konsumen Tokopedia Pasca Covid 19 Di Malang Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 721-730.
Rosidi, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi, 444-450.
Sugiyono. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfa Beta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suhendry, W. (2021). Minat Penggunaan E-wallet Dana Di kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Manajemen, 46-56.
Suprapto, R., & Azizi, M. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.
Tri Putra, B. W., & et.al. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan E-Money "DANA" Bagi Mahasiswa "UMSIDA". Jurnal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1-13.
Ulurrosyad, M. F., & Jayanto, P. Y. (2020). Faktor-Faktor Dalam Menggunakan E-Money (Gopay) pada Masyarakat Muslim di Kota Semarang. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 105-112.
Wardhana, A., & et.all. (2020). Fintech Innovation Essense,Position & Strategy. Bandung: Media Sains Indonesia.
Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Araska.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |