Hubungan Bauran Pemasaran RSU Aro Pekalongan (Marketing Mix 7P) Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Umum Rawat Jalan Tahun 2020
Pengarang : Thalita Devi Astrina, St. Rahmatullah, Nina Zuha
Kata Kunci   :Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7P), Tingkat Kunjungan Pasien
ABSTRAK
Thalita Devi Astrina
Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7P) RSU Aro Pekalongan Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Umum Rawat Jalan Tahun 2020
Konsep pemasaran yang dikenal luas dan dikembangkan adalah bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran jasa terdiri dari product, promotion, place, price, physical evidence, people, dan process. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah 6.255 dengan sampel penelitian sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Digunakan analisis univariat dan bivariat yaitu correlation rank spearman. Didapatkan hasil penelitian; (1) bauran pemasaran price lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 67.7% nilai Rho=0.773 menunjukkan hubungan kuat; (2) bauran pemasaran product lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 71.7% nilai Rho=0.860 menunjukkan hubungan sangat kuat; (3) bauran pemasaran promotion lebih dari sebagian persepsi kurang baik yaitu 70.7% nilai Rho=0.761 menunjukkan hubungan kuat; (4) bauran pemasaran place lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 74.7% nilai Rho=0.813 menunjukkan hubungan sangat kuat; (5) bauran pemasaran people lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 70,7% nilai Rho=0.760 menunjukkan hubungan kuat; (6) bauran pemasaran physical evidence lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 68.7% nilai Rho=0.858 menunjukkan hubungan sangat kuat; (7) bauran pemasaran process lebih dari sebagian pesepsi kurang baik yaitu 68.7% nilai Rho=0.780 menunjukkan hubungan kuat. Pada tingkat kunjungan pasien lebih dari sebagian peserpsi kurang baik yaitu 65.7%. Terdapat hasil yang menunjukkan persepsi kurang baik yaitu pada promotion, process dan tingkat kunjungan pasien. Sehingga diharapkan RSU Aro Pekalongan lebih memperhatikan dan menerapkan dengan baik marketing mix 7P agar tingkat kunjungan pasien dapat meningkat.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7P), tingkat kunjungan pasien
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2021 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |