Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Bauran Pemasaran RSU Aro Pekalongan (Marketing Mix 7P) Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Umum Rawat Jalan Tahun 2020


Pengarang : Thalita Devi Astrina, St. Rahmatullah, Nina Zuha


Kata Kunci   :Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7P), Tingkat Kunjungan Pasien

ABSTRAK Thalita Devi Astrina Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7P) RSU Aro Pekalongan Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Umum Rawat Jalan Tahun 2020 Konsep pemasaran yang dikenal luas dan dikembangkan adalah bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran jasa terdiri dari product, promotion, place, price, physical evidence, people, dan process. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah 6.255 dengan sampel penelitian sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Digunakan analisis univariat dan bivariat yaitu correlation rank spearman. Didapatkan hasil penelitian; (1) bauran pemasaran price lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 67.7% nilai Rho=0.773 menunjukkan hubungan kuat; (2) bauran pemasaran product lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 71.7% nilai Rho=0.860 menunjukkan hubungan sangat kuat; (3) bauran pemasaran promotion lebih dari sebagian persepsi kurang baik yaitu 70.7% nilai Rho=0.761 menunjukkan hubungan kuat; (4) bauran pemasaran place lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 74.7% nilai Rho=0.813 menunjukkan hubungan sangat kuat; (5) bauran pemasaran people lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 70,7% nilai Rho=0.760 menunjukkan hubungan kuat; (6) bauran pemasaran physical evidence lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 68.7% nilai Rho=0.858 menunjukkan hubungan sangat kuat; (7) bauran pemasaran process lebih dari sebagian pesepsi kurang baik yaitu 68.7% nilai Rho=0.780 menunjukkan hubungan kuat. Pada tingkat kunjungan pasien lebih dari sebagian peserpsi kurang baik yaitu 65.7%. Terdapat hasil yang menunjukkan persepsi kurang baik yaitu pada promotion, process dan tingkat kunjungan pasien. Sehingga diharapkan RSU Aro Pekalongan lebih memperhatikan dan menerapkan dengan baik marketing mix 7P agar tingkat kunjungan pasien dapat meningkat. Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7P), tingkat kunjungan pasien

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2021
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia