HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN RESPONS TIME TERHADAP KELUHAN PASIEN DI RUANG INAP RSUD KRATON KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Ratri Ayu Lestari, Nur Izzah Priyogo
Kata Kunci   :motivasi kerja, respons time
Respons time (waktu tanggap) terhadap keluhan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit. Semakin cepat respons time perawat maka semakin bagus mutu pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja perawat pelaksana dengan respons time terhadap keluhan pasien di ruang rawat inap RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling yaitu seluruh perawat pelaksana yang bekerja diruang rawat inap RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan tahun 2017 yang berjumlah 69 responden. Alat ukur menggunakan kuesioner dan lembar observasi, analisa data menggunakan Mann Whitney.Hasil penelitan didapatkan nilai p value sebesar 0,1000 yang berarti Ho gagal ditolak atau tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja perawat pelaksana dengan respons time terhadap keluhan pasien di ruang rawat inap RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.Saran bagi manajer atau pihak rumah sakit yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dalam mengevaluasi kinerja perawat dalam menentukan kebijakan yang terkait dengan motivasi kerja dengan respons time terhadap keluhan pasien di ruang rawat inap RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2018 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |