Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Ijarah di KSPPS Baitut Tamwil Tazakka
Pengarang : Alfi Risqiani, Nur Kholidah
Kata Kunci   :Strategi pengembangan, pembiayaan ijarah, keunggulan bersaing, tantangan pemasaran, KSPPS, pendekatan kualitatif.

S1 Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Juli, 2025


ABSTRAK

Alfi Risqiani
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN IJARAH DI KSPPS BAITUT TAMWIL TAZAKKA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk pembiayaan ijarah, strategi dalam mempertahankan keunggulan bersaing, serta tantangan yang dihadapi dalam pemasaran produk ijarah di KSPPS Baitut Tamwil Tazakka. Produk pembiayaan ijarah merupakan salah satu bentuk pembiayaan berbasis akad sewa menyewa yang ditawarkan oleh lembaga keuangan syariah. Namun dalam praktiknya, produk ini masih memiliki tingkat pemanfaatan yang rendah dibandingkan produk pembiayaan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk dilakukan melalui pendekatan bauran pemasaran (marketing mix) 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Dalam mempertahankan keunggulan bersaing, KSPPS Baitut Tamwil Tazakka menerapkan strategi inovasi, efisiensi biaya, dan peningkatan kualitas layanan berbasis nilai-nilai syariah. Sementara itu, tantangan yang dihadapi meliputi rendahnya pemahaman masyarakat terhadap akad ijarah, persaingan dengan lembaga konvensional, keterbatasan SDM syariah, serta minimnya dukungan teknologi dan lembaga keagamaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan perlu terus diperkuat dengan pendekatan edukatif dan digitalisasi layanan, guna meningkatkan daya saing dan pemahaman masyarakat terhadap produk ijarah.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA

 

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Afrianty, N., & , desi isnaini,  aminah oktarina. (2020). Lembaga Keuangan Syariah,.

Alges,  saputra wayuhni. (2021). MANAJEMEN PEMBIAYAAN IJARAH PADA BMT AL FATAYA PAYAKUMBUH Alges. 2(4), 1147–1152.

Amalia, N., Amelia, N., Putri, B., & Winario, M. (2023). Pengembangan Produk Ijarah Sebagai Alternatif Pembiayaan di Lembaga Keuangan Syariah?: Tinjauan Terhadap Implementasi di Indonesia. 2(2).

Asmita, N. (2020). Peran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi pada BMT Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Jurnal An-Nahl, 7(2), 171–176. https://doi.org/10.54576/annahl.v6i2.49

Aurellia, A. L. N., & Nisa, F. L. (2024). Analisis Pembiayaan Ijarah Pada. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(3), 97–107.

ayu dewi, H. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN IJARAH PADA KSPPS BMT DAMAR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Bello Ai Betti Ralahallo. (2021). Pengaruh Strategi Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Plywood Pada PT. Waenibe Wood Industri Kabupaten Buru. Hipotesa, 15(2), 72–83.

budi utami, T. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA DI BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Choirunnisak, A. A. J. (2020). IJARAH DALAM KEUANGAN ISLAM Choirunnisak,. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Dian Sudiantini, Naomi, N. N. (2023). MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Dian. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 3(2).

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

dwi aprilia, E. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BPRS METRO MADANI KP METRO.

Emylia, O. (2022). IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN DENGAN MENGGUNAKAN AKAD IJARAH MULTIJASA DI BPRS KOTABUMI LAMPUNG UTARA.

Firdausi, N. I. (2020). PERAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA KSU BMT SAKINAH MANDALA PERKASA PRAYA LOMBOK TENGAH TERHADAP KEGIATAN USAHA ANGGOTA. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Ghony & Almanshur, F. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. In Ar-Ruz Media.

Ilman, A. N., & Amalia, M. (2022). J?nis dan Analisis Strat?gi Makalah Ini Disusun untuk M?m?nuhi Tugas pada Mata Kuliah Manaj?m?n Strat?gi. 90500120056.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing.

Maulana, D. F., & Rozak, A. (2021). Analisis Fatwa DSN MUI Mengenai Pembiayaan Multijasa dengan Akad Ijarah pada BMT. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 13(1). https://doi.org/10.14421/azzarqa.v13i1.2179

Miftahul Huda, M. (2020). Analisis Strategi Pengelolaan Zakat untuk Pemberdayaan Masyarakat di Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta. Journal of Islamic Economics and Philanthrophy (JIEP), 3(2), 815.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, cetakan XXIX. In Bandung: PT. Remaja, Rosdakarya.

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukhlisin, A., & Suhendri, A. (2018). Strategi Pengembangan Produk Bank Syariah Di Indonesia. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 3(1), 60–70. https://doi.org/10.30736/jes.v3i1.51

Nabila Azzahra et all. (2024). Analisis Koperasi Syariah Di Indonesia. 10(11), 487–491.

Nafisah, N. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PT. BANK ACEH KEPADA PELAKU USAHA UMKM KOTA BANDA ACEH DI MASA PANDEMI. 9, 356–363.

Neng Frida. (2023). Peran Koperasi Syariah BMT El-Mizan Annafii dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12901

Nur Fajarriah Indah, Nilam Permata Sari, Riska Suainur Sona, & Aurelia Agatha. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Perpajakan, 1(3), 152–162. https://doi.org/10.61132/jeap.v1i3.251

Permenkopukm. (2023). Permenkopukm Nomor 8 Tahun 2023. Peraturan.Go.Id, 464, 6. https://peraturan.go.id/files/permenkop-kukm-no-8-tahun-2023.pdf

Porter, M. E. (1993). Changing patterns of international competition. Readings in International Business: A Decision Approach, 49–84.

Rafsanjani, H. (2019). Koperasi Syariah dan Keuangan Inklusif. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 187–205. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/14501

Ramadhanty, N. S., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Dalam Upaya Peningkatan Kapasitas UMKM Pada BPRS UMMU di Bangil Pasuruan. Islamic Banking?: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(2), 199–214. https://doi.org/10.36908/isbank.v6i2.173

Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. In No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rodoni, A., Hamid, A., Sopyan, & Yansyah, L. (2008). Lembaga keuangan syariah. Zikrul Hakim.

Romdonih, M. (2023). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN IJARAH BMT BERKAH MADANI DEPOK Skripsi. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sukmaningrum, D. A. S., & Yazid, M. (2022). Analisis Akad Ijarah Dalam Praktik Produk Pembiayaan Lembaga Keuangan Di Indonesia. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 3(2), 81–97. https://doi.org/10.32939/fdh.v3i2.1421

Tiwi sulistya rini,  tiwi sulistya. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT LESTARI PUTRI SEJATI RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR.

Zuhro, I. (2010). Mungkinkah Bank Bebas Bunga. Gerakan Ekonomi Muhammadiyah Kajian Dan Pengalaman Empiris. Malang: UMM Pres.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia