Literature Review: Gambaran Pola Asuh Orang Tua dan Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah Dasar
Kata Kunci   :Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Bullying
Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Juli, 2020 ABSTRAK Sufi Nurkhairunisa1, Neti Mustikawati. M.kep.,Ns.,Sp.An2 Literatur Review : Gambaran Pola Asuh Orang Tua Dan Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Xiii + 53 halaman + 4 table + 1 skema + 4 lampiran Latar Belakang: Bullying merupakan salah satu fenomena yang sering menyita perhatian di dunia pendidikan. Perilaku ini paling sering terjadi pada anak usia Sekolah SD, SMP, Dan SMA. Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku bullying salah satunya pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua sangat bepengaruh terhadap perilaku kejadian bullying Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua dan perilaku bullying anak usia sekolah dasar Metode: Desain penelitian menggunakan literature review dengan metode PCC (Population, Contex, Consep) melalui database online yaitu google scholar dengan diberi batasan dari tahun 2010-2020. Hasil: Hasil review dari artikel jurnal didapatkan karakteristik responden dilihat dari jenis kelamin lebih banyak perempuan (195%). Sedangkan dari usia rata-rata pada usia 11-12 tahun (200,5%). Pola asuh orang tua lebih banyak pola asuh orang tua otoriter (347%) dan perilaku bullying lebih banyak perilaku bullying verbal (339%). Simpulan: Dari penelitian ini pola asuh orang tua memiliki peranan yang penting pada perilaku bullying anak usia sekolah dasar, dimana pola asuh orang tua merupakan tempat pendikan pertama bagi seorang anak dalam berperilaku dimasyarakat sehingga diperlukan pola asuh yang tepat dan baik untuk anak, supaya dapat mengurangi terjadinya perilaku bullying anak lebih banyak lagi. Kata kunci: Pola asuh orang tua, Perilaku bullying. Daftar Pustaka: 21 referensi
Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Juli, 2020 ABSTRAK Sufi Nurkhairunisa1, Neti Mustikawati. M.kep.,Ns.,Sp.An2 Literatur Review : Gambaran Pola Asuh Orang Tua Dan Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Xiii + 53 halaman + 4 table + 1 skema + 4 lampiran Latar Belakang: Bullying merupakan salah satu fenomena yang sering menyita perhatian di dunia pendidikan. Perilaku ini paling sering terjadi pada anak usia Sekolah SD, SMP, Dan SMA. Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku bullying salah satunya pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua sangat bepengaruh terhadap perilaku kejadian bullying Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua dan perilaku bullying anak usia sekolah dasar Metode: Desain penelitian menggunakan literature review dengan metode PCC (Population, Contex, Consep) melalui database online yaitu google scholar dengan diberi batasan dari tahun 2010-2020. Hasil: Hasil review dari artikel jurnal didapatkan karakteristik responden dilihat dari jenis kelamin lebih banyak perempuan (195%). Sedangkan dari usia rata-rata pada usia 11-12 tahun (200,5%). Pola asuh orang tua lebih banyak pola asuh orang tua otoriter (347%) dan perilaku bullying lebih banyak perilaku bullying verbal (339%). Simpulan: Dari penelitian ini pola asuh orang tua memiliki peranan yang penting pada perilaku bullying anak usia sekolah dasar, dimana pola asuh orang tua merupakan tempat pendikan pertama bagi seorang anak dalam berperilaku dimasyarakat sehingga diperlukan pola asuh yang tepat dan baik untuk anak, supaya dapat mengurangi terjadinya perilaku bullying anak lebih banyak lagi. Kata kunci: Pola asuh orang tua, Perilaku bullying. Daftar Pustaka: 21 referensi
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2020 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |