Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

EVALUASI HUBUNGAN PELAYANAN KEFARMASIAN DI DEPO RAWAT JALAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RSUD KAJEN TAHUN 2021


Pengarang : Novita Sari, Wulan Agustin Ningrum


Kata Kunci   :Pelayanan Kesehatan, Kepuasaan, Pasien Rawat Jalan, Rumah Sakit.

Program Sudi Sarjana Farmasi Fakultasi Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Agustus, 2021 ABSTRAK Novita Sari Evaluasi Hubungan Pelayanan Kefarmasian di Depo Rawat Jalan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien RSUD Kajen Tahun 2021 Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakaian jasa pelayanan kesehatan. Kepuasan akan terjadi apabila harapan dari pasien dapat dipenuhi oleh pelayanan yang di berikan Rumah Sakit sehingga perlu diperhatikan secara terus menerus kepuasan dan harapan dari pasien. Hasil studi pendahuluan di Depo Rawat Jalan RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan bahwa setiap bulan resep yang dilayani oleh Apoteker cukup banyak, sehingga membuat petugas Apotek kewalahan dan lama memberikan obat. Hal ini membuat pasien mengeluh karena menunggu terlalu lama, kemudian hanya terdapat satu Apoteker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan kefarmasian di Apotek Rawat Jalan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kajen. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional pengambilan sampel digunakan metode Non- Probability dengan cara Random Sampling yaitu dengan mencari sampel yang memenuhi kriteria inklusi, dari 6.502 sampel menjadi 98 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di Depo Rawat Jalan di RSUD Kajen Tahun 2021, Karena hasil yang didapat dalam penelitian ini nilai sig < 0,05. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Chi-Square, uji stastistik yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, Kepuasaan, Pasien Rawat Jalan, Rumah Sakit.

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2021
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia