Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Employer Branding, Media Sosial, dan Persepsi Terhadap Niat Melamar Kerja Pada Industri Startup


Pengarang : Nailis Salamah, Muhammad Yusuf, Teguh Purwan


Kata Kunci   :Employer Branding, Media Sosial, Persepsi, Niat Melamar Kerja, Startup

Sumber daya manusia adalah unsur pendukung dan penunjang
pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan perusahaan. Industri yang berbasis
teknologi seperti industri startup membutuhkan sumber daya manusia yang
berkualitas. Saat ini perusahaan startup di Indonesia sudah banyak yang
berkembang, namun banyak juga yang melakukan pemutusan hubungan kerja
(PHK) massal pada karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh employer branding, media sosial, dan persepsi terhadap niat melamar
kerja pada industri startup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kuantitatif dengan sampel yang berasal dari mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan sebanyak 94 responden. Teknik
sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan analisis yang
digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program
SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji validitas, variabel employer branding, media
sosial, persepsi, dan niat melamar kerja menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan memiliki nilai valid, dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0.2028 serta
pada hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel memiliki nilai
Cronbach Alpha lebih besar dari 0.60. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
employer branding tidak berpengaruh signifikan terhadap niat melamar kerja
dengan nilai signifikansi 0.259 > 0.05. Media sosial berpengaruh signifikan
terhadap niat melamar kerja dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Persepsi
berpengaruh signifikan terhadap niat melamar kerja dengan nilai signifikansi
0.000 < 0.05. Employer branding, media sosial, dan persepsi secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap niat melamar kerja dengan nilai signifikansi
0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan startup dapat
memaksimalkan strateginya untuk menarik para pencari kerja dengan
memperhatikan employer branding, media sosial, dan persepsi.
Kata Kunci : Employer Branding, Media Sosial, Persepsi, Niat Melamar Kerja

Human resources are supporting elements of implementing activities to
achieve company goals. Technology-based industries, such as startup industries,
require quality human resources. Many startup companies in Indonesia have
grown, but many have also carried out mass layoffs (layoffs) of their employees.
This study aims to determine the influence of employer branding, social media,
and perceptions of job application intentions in the startup industry. The research
method used was quantitative, with samples from students of the University of
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, as many as 94 respondents. The
sampling technique used is purposive sampling, and the analysis used is multiple
linear regression analysis using SPSS program version 22. Based on the results of
the validity test, employer branding variables, social media, perception, and
intention to apply for a job showed that all question items had valid values, with a
calculated value of > r table, which was 0.2028, and the reliability test results
showed that all variables had a Cronbach Alpha value greater than 0.60. The
results showed that employer branding did not significantly affect the intention to
apply for work, with a significance value of 0.259 > 0.05. Social media
significantly affects the intention to apply for a job, with a significance value of
0.000 < 0.05. Perception significantly affects the intention to apply for a job with
a significance value of 0.000 < 0.05. Employer branding, social media, and
perception simultaneously significantly affect job application intentions, with a
significance value of 0.000 < 0.05. Based on these results, startup companies can
maximize their strategies to attract job seekers by paying attention to employer
branding, social media, and perception.
Keywords: employer branding, social media, perception, intention to apply for a
job

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2023
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia