PENERAPAN BERMAIN TERAPEUTIK LEGO PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG FLAMBOYAN RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
Kata Kunci   :Terapi bermain Lego, Kecemasan, Hospitalisasi
Penerapan Bermain Terapeutik Lego Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di ruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Salis Sabitul Azmi, Siti Rofiqoh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan ABSTRAK Hospitalisasi pada anak merupakan keadaan yang direncanakan ataupun darurat sehingga mengharuskan untuk menjalani perawatan dan terapi sampai dapat dipulangkan ke rumah. Dampak dari hospitalisasi menimbulkan perasaan takut, gelisah serta perasaan khawatir yang menjadikan anak mengalami kecemasan. Tujuan karya tulis ini yaitu untuk menggambarkan penerapan terapi bermain lego dalam menurukan kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Metode penulisan karya tulis ini adalah studi kasus dengan subjek studi dua pasien anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Fokus intervensi berupa penerapan terapi bermain lego setiap hari selama tiga hari perawatan. Alat ukur yang kecemasan menggunakan skala Face Anxiety Scale (FAS). Hasil dari studi kasus ini menunjukkan bahwa kedua pasien mengalami penurunan skala kecemasan setelah dilakukan rindakan keperawatan. Kesimpulan dari studi kasus ini menunjukkan bahwa tindakan keperawatan terapi bermain lego dapat menurunkan kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Diharapkan perawat maupun keluarga dapat menerapkan terapi bermain lego sebagai salah satu intervensi untuk mengurangi kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Kata kunci : Terapi bermain lego, Kecemasan, Hospitalisasi
Penerapan Bermain Terapeutik Lego Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di ruang Flamboyan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Salis Sabitul Azmi, Siti Rofiqoh Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan ABSTRAK Hospitalisasi pada anak merupakan keadaan yang direncanakan ataupun darurat sehingga mengharuskan untuk menjalani perawatan dan terapi sampai dapat dipulangkan ke rumah. Dampak dari hospitalisasi menimbulkan perasaan takut, gelisah serta perasaan khawatir yang menjadikan anak mengalami kecemasan. Tujuan karya tulis ini yaitu untuk menggambarkan penerapan terapi bermain lego dalam menurukan kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Metode penulisan karya tulis ini adalah studi kasus dengan subjek studi dua pasien anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Fokus intervensi berupa penerapan terapi bermain lego setiap hari selama tiga hari perawatan. Alat ukur yang kecemasan menggunakan skala Face Anxiety Scale (FAS). Hasil dari studi kasus ini menunjukkan bahwa kedua pasien mengalami penurunan skala kecemasan setelah dilakukan rindakan keperawatan. Kesimpulan dari studi kasus ini menunjukkan bahwa tindakan keperawatan terapi bermain lego dapat menurunkan kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Diharapkan perawat maupun keluarga dapat menerapkan terapi bermain lego sebagai salah satu intervensi untuk mengurangi kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Kata kunci : Terapi bermain lego, Kecemasan, Hospitalisasi
Referensi
-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2020 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |