Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH KETIDAKPUASAN PELANGGAN, ATRIBUT PRODUK, DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING PRODUK SABUN PEMBERSIH WAJAH WARDAH
Pengarang : Muhamad Badar, Muhammad Arifiyanto
Kata Kunci   :Ketidakpuasan pelanggan, atribut produk, variety seeking dan brand switching

Perkembangan industri di Indonesia terus menunjukkan kemajuan yang signifikan, salah satunya adalah industri produk perawatan kulit (skincare). Produk skincare merupakan salah satu jenis barang dengan tingkat substitusi yang cukup tinggi, dengan demikian konsumen memiliki berbagai pilihan produk yang serupa di pasaran. Akibatnya, fenomena brand switching atau perpindahan merek menjadi hal yang umum terjadi dalam industri skincare, di mana konsumen dengan mudah berpindah dari satu merek ke merek lainnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi brandswitching antara lain ketidakpuasan pelanggan, atribut produk, dan variety seeking. Artikel ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui, menganalisis, dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh ketidakpuasan pelanggan, atribut produk, dan variety seeking terhadap brand switching, baik secara parsial maupun simultan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketidakpuasan pelanggan, atribut produk, dan variety seeking terhadap brand switching. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan sabun pembersih wajah merek wardah di Kota Pekalongan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 120 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup yang sebarkan kepada 120 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.29. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketidakpuasan pelanggan, atribut produk, dan variety seeking berpengaruh terhadap brand switching baik secara parsial maupun secara simultan. Besar pengaruh ketidakpuasan pelanggan, atribut produk, dan variety seeking terhadap brand switching sebesar 24%.
Kata Kunci : Ketidakpuasan pelanggan, atribut produk, variety seeking dan brand switching
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Abdullah, D., Hernita, N., & Herlina Jasunka, F. (2023). Kualitas Produk Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Peralihan Merek Kosmetik Lain Beralih Ke Kosmetik Wardah. J-Aksi?: Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 4(2), 191–202. https://doi.org/10.31949/jaksi.v4i2.5157

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Alimbudiono, L. S. (2020). Konsep Pengetahuan Akuntansi Manajemen Lingkungan. Surabaya?: CV. Jakad Media Publishing.

Ardhi, S. (2021). Mengenal Sisi Positif dan Negatif dalam Penggunaan Skin Care. Https://Ugm.Ac.Id/. https://ugm.ac.id/id/berita/21564-mengenal-sisi-positif-dan-negatif-dalam-penggunaan-skin-care/

Auliya, Z., Meidea, I., Dewi, R. S., & Prabawani, B. (2024). Brand Switching Melalui Ketidakpuasan Konsumen Sebagai (Studi Pada Brand Switching Laptop Merek Asus Ke Merek Lain Di Kota Semarang). 13(1), 186–198.

Efendi, A., & Jusmiati. (2017). Pengaruh Atribut Produk Dan Perilaku Pencarian Variasi Terhadap Perilaku Mahasiswa Berpindah Merek Ponsel Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UINAM. MIND?: Jurnal Manajemen Dan Inspirasi, 2(2), 63–75. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10

Fajar, A. M., & Yoestini. (2024). Pengaruh e-WOM Negatif, Ketidakpuasan, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek (Studi pada Pengguna MS Glow dalam Autobase Twitter @ohmybeautybank). Diponegoro Journal of Management, 13(6), 1–11.

Farida, Nurwanita, & Ferdiawan. (2020). Pengaruh Berbagai Faktor terhadap Brand Switching Handphone pada Mahasiswa Fakultas dan Ekonomi Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 89–109. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.13.89-109

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan?: CV. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares?: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang?: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hawkins, D., & Mothersbaugh, D. (2015). Consumer Behavior. 13th Edition. McGraw-Hill.

Huda, N., & Nurchayati. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Ke Yamaha NMAX Di Semarang Selatan. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 7 (1), 118–139.

Hutauruk, S. M. L., Hadi, P., & Handayani, T. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Terhadap Penggunaan E-Wallet. KORELASI: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 339–348.

Indarwati, Y., & Untarini, N. (2017). Pengaruh Ketidakpuasan Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dengan Kebutuhan Mencari Variasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengguna Smartphone Yang Pernah Melakukan Perpindahan Merek Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–11.

Irena, F. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan TV Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching Behaviour Smartphone Samsung. Agora, 6(2), 1–5.

Jatmiko, M. R. (2017). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Atribut Produk Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Seluler. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 8(11), 77. jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/download/133/130

Khasanah, U., & Cahya, B. T. (2018). Brand Switching Produk Kosmetik Halal: Ditinjau dari Aspek Daya Tarik Iklan dan Variety Seeking. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(2), 199. https://doi.org/10.21043/aktsar.v1i2.5098

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). anajemen Pemasaran Edisi ke. Tigabelas Jilid 1. Jakarta?: Erlangga.

Mardianto, Stiadi, M., & Kurniadi, H. (2025). Pengaruh Atribut Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Pengguna Smartphone Oppo Ke Iphone. Scientific Journal of Mandalika, 6(9), 3489–3499. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla

Maylina, W. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan terhadap Merek pada Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Surabaya. Jurnal Ventura Volume 6,.

Montolalu, I. T., Mandey, S. L., & Poluan, J. G. (2018). Influence Analysis of Consumer Dissatisfaction, Need for Finding Product Variation and Competitor Product Advertisement on Brand Exchanging Decition From Facial Cleanser Cleaner At the Supermarket Grand Central Tomohon. Analisis Pengaruh…… 2178 Jurnal EMBA, 6(4), 2178–2187.

Orlando, J., & Harjati, L. (2022). Pengaruh Atribut Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Aa Raffi Fried Chicken Sindangbarang Bogor. Journal of Accounting & Management Innovation, 6(1), 49–66. https://ejournal-medan.uph.edu/index.php/jam/article/view/525

Oscar, B., Hilman, M. M., & Megantara, C. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Politeknik Pos Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–12. www.kompas.com

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2018). Perilaku Konsumen dan Marketing. Strategy. Jakarta?: Salemba Empat.

Pinontoan, Y. M. C. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Ketidakpuasan Konsumen Dan Iklan Produk Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Sabun Pembersih Wajah Pada Supermarket Cool Tomohon. Jurnal EMBA, 7(4), 5753–5762.

Purnama, N. I., Siswadi, Y., & Mujiatun, S. (2021). Model Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Otomotif di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 151–163. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7305

Purwaningsih, M. D., & Fauzi, R. U. A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Variety Seeking Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain Ke Produk Kosmetik Wardah. SIMBA (Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 6, September 2024.

Putri, M. S., & Budiadi, S. (2015). Pengaruh Atribut Produk Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching Produk Indomie (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2), 1–12.

Rahmania, S., Setiawan, R., & Cupiadi, H. (2023). Pengaruh Product Attribute dan Variety Seeking terhadap Perilaku Brand Switching Kartu Internet pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Garut. Journal of Knowledge Management, 17(1), 33. https://doi.org/10.52434/jkm.v17i1.3140

Rahmawati, E. F., & Nurhadi. (2023). Pengaruh Atribut Produk, Harga dan Iklan Terhadap Perpindahan Merek pada Konsumen Viva Cosmetics di Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.35797/jab.13.1.1-8

Safitri, A., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Dissatisfaction , Variety Seeking , Electronic Word of Mouth , dan Religiosity terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain ke Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(1), 26–35.

Salvariza, M., & Indriani, F. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Brand Switching (Studi Pada Konsumen Produk Smartphone Samsung Di DKI Jakarta Yang Berpindah Merek). Diponegoro Journal of Management, 12(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Santi, R. P., & Purwanto, D. (2021). Analisis pengaruh Norma subyekltif , kepuasan , daya tarik alternatif , dan kebutuhan mencari variasi terhadap niat beralih ke rokok elektrik. Jurnal Studi Manajemen Indonesia, 6(3), 38–57.

Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2015). Consumer Behavior.11th Edition. Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung?: Alphabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi 2, C). Alfabeta.

Sulistyo, B. A., & Maftukhah, I. (2016). Analisis Pengaruh Perpindahan Merek Melalui Harga, Iklan, Dan Ketidakpuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 5(2), 97.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor?: Ghalia Indonesia.

Suryani, A. N. (2018). Pengaruh Iklan Smartphone Terhadap Perilaku Brand Switching Konsumen Bayung Lencir Musi Banyuasin. JURNAL MANAJEMEN KOMPETEN, 1(2), 36–48.

Tafiprios, & Astini, R. (2019). Perilaku Brand Switching Pengguna Telepon Seluler Smartfren. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 240. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i1.015

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta?: Penerbit Andy.

Utama, K. T. M., & Sudiksa, I. B. (2017). Peran Respon Emosi Memediasi Pengaruh Atribut Produk Terhadap Brand Switching. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2756–2788.

Velavan, C., Naveen Kumar, S., & Varadha Raj, S. (2015). A Study on Brand Preference and Brand Switching Behaviour of Bt Cotton Farmers in Andhra Pradesh. Indian Journal of Marketing, 45(11), 17. https://doi.org/10.17010/ijom/2015/v45/i11/81876

Wibowo, M. G. M. (2020). Peran Ketidakpuasan Konsumen Dan Pencarian Variasi: Sebuah Studi Perpindahan Merek. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), Volume 8 N(2011), 80–86.

Wulandari, H. I., & Widiartanto. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek (Studi pada Pelanggan IM3 Ooredoo di FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 488–495. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28773

Yazlisa, T., & Basiya, R. (2023). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Persepsi Harga, Kebutuhan Mencari Variasi Dan Word of Mouth Terhadap Perpindahan Merek Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Semarang. YUME?: Journal of Management, 6(2), 676–687. www.Topbrand-award.com

Yuda, L. A., & Nasikah, D. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Ketidak Puasan Konsumen, Dan Mencari Variasi Terhadap Perilaku Perpindahan Merk Smartphone Di Kota Metro (Studi Pada Mahasiswa Manajemen FEB UM Metro Angkatan 2017). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(3), 636–644. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i3.1261

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia