Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan


Pengarang : Tri Susanti Dewi, Nur Izzah, Nur Izz


Kata Kunci   :Kepuasan pasien, Mutu pelayanan keperawatan

Latar Belakang : Perawat sebagai salah satu faktor tercapainya pelayanan kesehatan yang optimal
dengan asuhan keperawatan yang bermutu. Mutu pelayanan perawat adalah standar pelayanan
yang ditetapkan sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien. Kepuasan pasien muncul dari
kesan pertama pasien masuk rumah sakit, pelayanan yang cepat, tanggap dan keramahan dalam
memberikan pelayanan keperawatan akan mampu menciptakan kesan yang baik bagi pasien.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif
korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik
Accidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 7.160 dan diperoleh 100 responden
selama 5 hari dilakukan pada tanggal 07-11 November 2023. Kuesioner mutu pelayanan
keperawatan menggunakan pelayanan perawat diadopsi Murtiana dkk (2016) dan kepuasan pasien
menggunakan metode SERVQUAL. Peneliti menggunakan perhitungan korelasi rank spearman
untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien.
Hasil : Sebagian besar responden menyatakan mutu pelayanan keperawatan baik sebanyak 85
responden (85%), hampir semua responden menyatakan tingkat kepuasan pasien sangat puas
sebanyak 87 responden (87%). P < 0, 001 terdapat hubungan yang signifikan antara mutu
pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Kajen Kabupaten
Pekalongan. Namun nilai R=0,361 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang rendah.
Simpulan : Ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat
kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan.
Kata kunci : Kepuasan pasien, Mutu pelayanan keperawatan
Daftar pustaka : 46 (2014-2024)

Referensi

Agustina et al. (2023). “Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit” vol. 1, no. 3, pp. 64–70.

Alamri dkk. (2015). “Hubungan antara Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pendidikan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap RSI Sitti Maryam Kota Manado” Jurnal Ilmiah Farmasi vol.4,no.4, pp.241-251.

Anggraini et al. (2022). Penelitian Ilmu Kesehatan, 1st ed. Kecamatan Koto Tangah Padang Sumatera Barat: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Batmomolin et al. (2024). “Ilmu Keperawatan Dasar” Jawa Tengah: PT. Media Pustaka Indo

Butar-butar & R. H. Simamora, (2016) “Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah," Jurnal Ners Indonesia vol. 6, no. 1,pp. 51–64.

Darus, Susi, & Neni. (2018). "Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang" Nursing Ners, vol 3, no.1, pp. 612-619.

Darwin et al. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung, Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia

Fachrurrozi, dkk. (2023). “Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit?: Systematic Literature Review” vol. 2, no. 1, pp. 123-134.

Febriana. (2017). “Konsep Dasar Keperawatan” hal.20

Hanief & Wasis. (2017). Statistik Pendidikan, 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Harahap et al, . (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Tahta Media Grup.

Hastuti, dkk. (2017). “Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien  Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta,” vol. 11, p. 16.

Hidayah. (2014). “Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) dalam Peningkatan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit,” Jurnal Kesehatan,vol. VII.

Hulu & Taruli. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan STATCAL. Yayasan Kita Menulis.

Iriani et al. (2022). Metodologi Penelitian. Rizmedia Pustaka Indonesia

Kartikasari. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. di Rumah Sakit, vol. 6.

Khairani, dkk. (2021). Kepuasan Pasien ditinjau dari Komunikasi Perawat-Pasien.Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 12.

Krisnawati, Ngesti & Lasri. (2017). “Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang”Nursing Ners vol. 2, no. 2, pp. 314-320.

Kustriyani, dkk. (2017). "Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ruang Rawat Inap Kelas III.” Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIK) vol. X, pp 210-215.

Mangindara, Suci, & Sri. (2022). “Manajemen Jaminan Mutu Kesehatan”Sulawesi Tengah: CV. Feniks Muda Sejahtera.

Mendrofa, Yupiter, & Gulo. (2022). “Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap MinatKunjungan Ulang Pasien Rawat Inap,” J. Akutansi Manajemen. dan Ekonomi., vol. 1, no. 2, p. 64.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan 2016.

Mu’ah. (2014). Kualitas Layanan Rumah Sakit. 1st ed. Sidoarjo: Zifatama Publisher

Murtiana, Majid, & Jufri. (2016). “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Kepada Kepuasan Pasien Bpjs Di Rsud Kota Kendari Tahun 2016,” Jurnal Ilmu Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah, vol. 1, no. 4.

Nababan, dkk. (2021). Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum, 1st ed. Yogyakarta.

Nasir,Abdul, I. (2018). Buku Ajar?: Metodologi Penelitian Kesehatan, 2nd ed.Yogyakarta: Nuha Medika

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nugraheni. (2022). Manajemen Pelayanan Kesehatan, 1st ed. Perumahan Gardena Maisa, Blok F03, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, kabupaten Solok Provinsi Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Nursalam. (2014). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis, 4rd ed. Jln. Raya Lenteng Agung No.101 Jagakarsa, Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis,4th ed. Jln. Raya Lenteng Agung No.101 Jagakarsa, Jakarta Selatan:Salemba Medika.

Nursalam. (2018). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis,5th ed. Jln. Raya Lenteng Agung No.101 Jagakarsa, Jakarta Selatan:Salemba Medika.

Pakpahan et al. (2022). Metodologi Penelitian, 1st ed. Yayasan Kita Menulis.

Pangerapan, dkk. (2018). "Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado". Jurnal Kedokteran Klinik (JKK) vol. 2, no. 1, pp. 9–18.

Pieter. (2017). “Dasar-dasar Komunikasi bagi Perawat” Jakarta: Prenadamedia Group.

Pohan & Chairil. (2017). "Jaminan Mutu Layanan Kesehatan". Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Purwanto. (2022). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif?: Teori dan contoh praktis. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian diIndonesia.

Rahmiaty, dkk. (2022). Buku Ajar Instrumen Penelitian?: Panduan Penelitian di Bidang Pendidikan, 1st ed. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Ristiani. (2017). “Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien” vol. VIII, pp. 155–159.

Setyawati. (2018). “Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Minat Memanfaatkan Kembali Pelayanan Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Tk. Iv Madiun,”Jurnal Ilmu Kesehatan Keperawatan, vol. 14, no. 2, 2018, doi:10.26753/jikk.v14i2.279.

Siyoto, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, 1st ed. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sriyanti. (2016). Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Pusdik SDM Kesehatan.

Susanti. (2023). “Supervisi dan Kinerja Perawat” Jakarta

Triwijayanti & Annisa. (2022). Mutu Pelayanan Puskesmas dalam Persepsi Pasien.

Vita. (2021). Komunikasi Terapeutik Dialogis, 1st ed. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Wardani et al. (2022). Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan, 1st ed. Sumatera Barat: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Wulandari, dkk. (2021)“Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan

Keperawatan di Instalasi Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Gombong,”Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIK) Vol X pp. 39–44.

Zuhroidah et al. (2024). “Komunikasi Terapeutik Keperawatan” Jambi: CV. PT.Sonpedia Publishing Indonesia


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia