Pesatnya Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi signifikan dalam pola konsumsi masyarakat, khususnya dikalangan dewasa awal. Kemudahan akses terhadap platform belanja online dan pembayaran e-wallet berpotensi meningkatkan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh E-wallet, Gaya Hidup dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Dewasa Awal di Era Digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik snowball sampling, melibatkan 180 responden dewasa awal yang aktif bertransaksi menggunakan e-wallet. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji Normalitas, Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Simultan (Uji F), Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Wallet berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Dewasa Awal, Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Dewasa Awal dan Pengendalian Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Dewasa Awal.
Aditya, A. R. (2023). Efektivitas Media Sosial dan Teknologi Informasi terhadap Perilaku Masyarakat dalam Operasional Transaksi Jual Beli Online. Journal of Information Systems and Management …, 02(03), 65–70. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/385%0Ahttps://jisma.org/index.php/jisma/article/download/385/85
Akuntansi, J., & Syariah, P. (2024). Jamasy?: Jamasy?: 4, 119–128.
Alfitriyani, D. (n.d.). The Influence of Social Media on Student Consumptive Behavior Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. 1–9.
Anggraini, S. D. A., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023. Jurnal Economina, 2(8), 2019–2035. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.715
Asia, M., Darwis, P., Misi, H. L., & Sabil, M. (2024). Vifada Management and Digital Business Pengaruh Aplikasi Belanja Online Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa STIE AMKOP Makassar ( Studi Kasus Pada Penggunaan Aplikasi Shopee ). 1(1), 8–17.
Astuti, H., Alfiyana, S., & Kartika, K. D. (2024). Peran E-commerce Dan Gaya Hidup Dalam Menentukan Perilaku Konsumen. 15(01).
Damanik, M. A. A., Fauzi, A., & Situmorang, S. H. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment dan Kepercayaan Terhadap Continuance Intention Melalui Kepuasan Pada Generasi Millenial Pengguna E-Wallet di Kota Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 827–834. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i4.1475
Dan, K., Hidup, G., Hidayatullah, M. A., Amin, M., Jipri, N., Hartono, R., Santoso, U., & Nanda, M. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Uang Digital Terhadap Perilaku Pendahuluan. 9(2).
Darmajaya, B. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z.
Darwis, M. A. P., Misi, H. L., & Sabil, M. (2024). Pengaruh Aplikasi Belanja Online Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa STIE AMKOP Makassar (Studi Kasus Pada Penggunaan Aplikasi Shopee). Vifada Management and Digital Business, 1(1), 8–17.
Empiris, S., Mahasiswa, P., Nusantara, I. A. I., Dinamika, U., & Jambi, B. (2020). Pengaruh Pengendalian Diri , Motivasi , Perilaku dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. 2(4), 232–241.
Firayanti, Y., & Suchmawan, E. (2024). Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi Pengaruh Pembayaran Non-Tunai ( E-Wallet ) dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat Angkatan 2020. 1(9), 800–819.
Fitriyani, L. R., Nurhajati, L., & Wijayanto, X. A. (2021). Cara bijak menggunakan dompet elektronik (Issue April).
Gunawan, A. A. L., & Winarti, A. (2022). Pengaruh Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Dimasa Kini. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 352–356.
Hariyani, R., & Prasetio, T. (2024). Consumer Behavior Generasi Z?: Aspek E-wallet dan Financial Literacy. 4(November), 34–41.
Khairulanam, R. S., & Surjanti, J. (2024). Pengaruh Literasi Ekonomi Gaya Hidup dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(2), 154–160. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p154-160
Khoirunnisa, D. A. & R. N. (2021). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE Riza Noviana Khoirunnisa Abstrak. Jurnal Penelitian Psikologi Per
ilaku, 8(9), 95.
Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Penggunaan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.19-29
Lestari, S. D., & Haris, H. (2024). Pengaruh Sosial, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Melalui Shopee Paylater Pada Mahasiswa Febi Uin Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Masharif Al- Syariah?: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 389–404.
Lutfiah, L., Basri, M., & Kuswanti, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ppapk Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53456
Mahasiswa, K. (2024). Pengaruh penggunaan dompet digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 10(September), 62–69. https://doi.org/10.55933/jpd.v10i2.639
Nurmalia, G., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Wulan, M. N., Lampung, U., Utamie, Z. R., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2024). Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam Gaya Hidup Berbasis Digital Dan Perilaku Konsumtif Pada Gen Z Di Bandar Lampung?: Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. 3(01), 22–32.
Patrisia, P., Ellyawati, N., Piar, C. S., Reza, R., & Astuti, R. F. (2023). Pengaruh Pembayaran Non Tunai (E-wallet) Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial FKIP Universitas Mulawarman. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (e-Journal), 11(1), 1–8.
Paya, M., Nurhidayanti, S., Hasibuan, S. W., & Sakdiah, K. (2024). JEKSya Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah. 3(3), 147–160.
Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., Mandiri, U. B., & Gorontalo, K. (2023). Karakteristik Perkembangan Masa Dewasa Awal Developmental Characteristics of Early Adulthood dan mengharuskan dirinya untuk berkecimpung dengan masyarakat bersama dengan tahapan kehidupan selanjutnya , karena telah mampu menyelesaikan tugas untuk mencipta. 3(1).
Penggunaan, P., Gaya, E. D. A. N., & Khadijah, S. N. (2022). Pengaruh penggunaan e-wallet dan gaya hidup terhadap spending behavior pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas gresik. 1(1), 8–16.
Pramesti, G., Azizah, A., Purnamasari, E., Sulistiyani, E., & Widyanti, D. V. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet Shopeepay Dan Promosi Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Bangun Rekaprima, 9(1), 35. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i1.4425
Prasinta, F. I., Wiyono, G., & Maulida, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Al-Kharaj?: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3028–3038. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2703
Putri, A. V., Nola Jaya Sasi Kirana, & Peny Cahaya Azwari. (2023). Pengaruh Efektivitas Pengetahuan, Gaya Hidup, Dan Kemudahan Penggunaan Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Fatah Palembang. ADL ISLAMIC ECONOMIC?: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1), 19–32. https://doi.org/10.56644/adl.v4i1.54
Putri, K. Z., Zahara, N., & Mulyeni, S. (2025). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif. 1–10.
R.K, I. ayu kade. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Money, Gaya Hidup, Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Stie Surakarta. Journal Transformation of Mandalika, 4(5), 160–169. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/
issue/archive
Ramadhana, T., Ilhamy, M. L., & Rahma, T. I. F. (2022). Pengaruh E-Money Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Journal Of Manangement, Economic And Accounting (JMEA), 1(1), 33–48.
Sari, N. N., & Irmayanti, N. (2021). HUBUNGAN SELF CONTROL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ABSTRAK Pendahuluan. 2(2), 32–38.
Sheldy, Y. P., Sidanti, H., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 5, September 2023, 1–14.
Sinaga, K., Sianturi, C. M., & Waruwu, P. E. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 4(1), 79–101.
Tripambudi, B., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 7(2), 597–603. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21683
Valencia, Ratnaningtyas, A., & Prastyani, D. (2023). Kaitan Intensitas Penggunaan Tiktok Shop Dengan Perilaku Konsumtif Pada Dewasa Awal. Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul, 35–45. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASPSIKOLOGI/article/view/300
Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Zulfah. (2021). Karakter: Pengembangan Diri. IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 2
8–33.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |