Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

LITERATURE REVIEW : GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP


Pengarang : Ratna Tri Cahyani, Irnawati


Kata Kunci   :Kepuasan Pasien, Pelayanan Perawat

Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan 20 juli, 2020 ABSTRAK Ratna Tri Cahyani1, Irnawati2 Literature Review Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Perawat di Ruang Rawat Inap Latar Belakang:Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor yang dijadikan acuan dalam meningkatkan berkualitas dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan yang baik merupakan indikator terbentuknya kepuasan yang dirasakan oleh pasien sebagai pengguna jasa pelayanan, serta meningkatkan kualitas dan etos kerja perawat, disiplin, cepat, tepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan sehingga timbul kepuasan dalam diri pasien. Tujuan: Tujuan dalam penelitian ini adalah literature review untuk mengetahui secara spesifik tentang gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat pasien rawat inap. Metode & Sampel: Literature review dengan pencarian artikel menggunakan database google schoolar dari rentang waktu 2010-2020 kata kunci “Tingkat Kepuasan Pasien dan Pelayanan Perawat” dan “Kepuasan Pasien Rawat Inap dan Pelayanan Keperawatan”. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif. Sampel penelitian ini menggunakan lima atrikel yang sudah di publikasi. Hasil: Berdasarkan 5 artikel yang dianalisa didapatkan hasil bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat pasien rawat inap 46,2% sangat puas. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari lima artikel yang telah dianalisa maka dapat disimpulkan bahwa, berdasarkan dari total responden lima artikel menilai bahwa perawat dalam memberikan pelayanan memuaskan berdasarkan lima dimensi kepuasan yaitu reliability, tangible, assurance, responsivness, dan empathy. Simpulan: Kepuasan pasien perlu ditingkatkan lagi agar pelayanan keperawatan lebih bermutu dan berkualitas, diharapkan pasien mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari perawat sehingga kualitas pelayanan kesehatan akan lebih meningkat dan kepuasan pasien lebih meningkat. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Perawat Daftar Pustaka : 21 (2010-2020)

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2020
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia