Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur shopee paylater, manfaat
dan risiko terhadap perilaku konsumtif Generasi Z dengan digital savvy sebagai
variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z pengguna
Shopee Paylater dari tahun kelahiran 1997 – 2012 di wilayah Pekalongan. Dalam
penelitian ini jumlah sampel sebanyak 220 responden dengan menggunakan rumus
Hair. Metode pengambilan analisis data menggunakan metode Snowball Sampling.
Metode analisis yang digunakan adalah SEM PLS 4.0. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan menunjukan bahwa variabel Fitur Shopee Paylater, Manfaat dan Risiko berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif. Sedangkan variable yang dimoderasi oleh variabel Digital Savvy menunjukan bahwa Manfaat berpengaruh
terhadap Perilaku Konsumtif dan variabel Fitur Shopee Paylater serta Risiko tidak
berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif. Sementara itu R Square sebesar 0,565.
Hal ini menunjukkan bahwa variabel Fitur Shopee Paylater, Manfaat dan Risiko
secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 56,5%. Sementara sisanya
(43,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Aftika, S., Hanif, H., & Devi, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopeepaylater “Bayar Nanti” Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 81-100.
Amaniyah, E., & Sholeha, S. E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Risiko Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dengan Penggunaan Fintech Payment (Paylater) pada Shopee sebagai Variabel Intervening. Competence: Journal of Management Studies, 18(1), 79-98.
Astuti, M. D., & Dasman, S. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Lifestyle Sebagai Variabel Moderasi. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(5), 2893-2899.
Deni Rahmatsyah. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru (studi kasus: E-money kartu Flazz BCA) tahun 2011. Universitas Indonesia.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Univertas Diponegoro.
Islami, F., & Lubis, P. A. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Money Dan Sistem Pembayaran Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Febi Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Dalam Pespektif Syari’ah. INFOTECH journal, 9(2), 339-344.
Julita, E., Idwal, B., & Yustati, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2953-2957.
Kusumawati Anggraeni, D. K., Zakariah, M., Rizal, A., & Suwarna, A. P. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI KABUPATEN KOLAKA. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah, 7(1), 23-32.
Ningsih, M. C., Woestho, C., & Kurniawan, D. (2023). Pengaruh literasi keuangan, manfaat paylater dan pendapatan generasi z terhadap minat penggunaan paylater di platfrom shopee pada Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Economina, 2(11), 3218-3231.
Putri, D. A., & Pradananta, G. (2023). Analisis Pengaruh Penggunaan Fitur Spaylater Pada Aplikasi Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(3), 1461-1468.
Putu, N., Anggraeni, N., & Darma, G. S. (2023). Pengaruh Kemudahan, Risiko, Gaya Hidup, dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna
Shopee Paylater di Indonesia. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 7 (2), 625–639.
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39-50.
Safira, R., Sugianto, S., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Manfaat Digital Payment Sebagai Alat Pembayaran Terhadap Perilaku Konsumtif Individu Dengan Digital Savvy Sebagai Variabel Moderating. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2859-2878.
Sanoesi, R. N. W. O., & Setiawan, H. (2022, October). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).
Saputra, H. A., & Susanti, E. D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Dan Intensitas Pengguna Pay Later Terhadap Gaya Konsumtif Masyarakat (Studi Pada Pengguna Shopee PayLater Usia Produktif Kota Surabaya). SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 52-61.
Sari, I. Y. (2023). Pengaruh sikap keuangan dan kontrol diri terhadap perilaku manajemen keuangan mahasiswa Universitas Merdeka Pasuruan dalam pengguna layanan Shopee Paylater (Doctoral dissertation, Universitas Merdeka Pasuruan).
Utami, M. R., Meriyati, M., & Aravik, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Serta Pandangan Perspektif Ekonomi Islam Terhadapnya.
Utami, M. R., Meriyati, M., & Aravik, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Serta Pandangan Perspektif Ekonomi Islam Terhadapnya.
Zahara, T., Kurniawan, B., & Dewi, M. C. (2023). Perilaku Konsumtif Belanja Online Melalui Fitur Shopee Paylater Pada Mahasiswa Universitas Yuppentek Indonesia. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(4), 48-56.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |