Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh E-WOM, E-Trust dan E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Barang pada E-commerce Shopee e-commerce di Kota Pekalongan
Pengarang : Hanif Ridho Muttaqin, Muhammad Arifiyanto
Kata Kunci   :E-WOM, E-Trust, E-Service Quality, Keputusan Pembelian

Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana E-WOM, E-Trust, dan Kualitas Layanan E-Service memengaruhi keputusan pengguna untuk membeli barang pada Shopee e-commerce di Kota Pekalongan. Metode kuantitatif digunakan untuk penelitian ini, di mana populasi adalah penduduk Kota Pekalongan, dengan sampel 100 responden. Untuk data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari kuesioner yang diberikan kepada responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara bersamaan. Secara parsial, E-WOM tidak memengaruhi keputusan pembelian secara keseluruhan. Keputusan yang dibuat tentang pembelian dipengaruhi oleh E-trust dan kualitas layanan E-Service Quality. Diharapkan penelitian ini akan membantu pengelola pasar meningkatkan strategi pemasaran mereka untuk meningkatkan kepercayaan pengguna di pasar e-commerce.
Kata Kunci: E-WOM, E-Trust, E-Service Quality, Keputusan Pembelian
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA 

Abadi, T. W., & Hawa, E. F. (2024). Pengaruh E-WOM, Citra Merek, E-Commerce, dan Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 21(1), 19–38. https://doi.org/10.24002/jik.v21i1.6406

Agustina, R., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, E-WOM, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO. JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBA, 2(1), 433–443. https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/851

Alamin, Z., Missouri, R., Sutriawan, S., Fathir, F., & Khairunnas, K. (2023). Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia. Ejournal.Iaimbima.Ac.IdZ Alamin, R Missouri, S Sutriawan, F Fathir, K KhairunnasJ-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 2023•ejournal.Iaimbima.Ac.Id, 6(2), 120–131. https://doi.org/10.52266/JESA.V6I2.2484+

Amira, N., & Afrianti, D. (2024). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Electronic Security, Electronic Trust Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee:(Studi Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Qomaruddin Gresik). Surplus: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 182–194.

Amira, N., Suwaldiyana, & Afrianti, D. (2024). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Electronic Security, Electronic Trust Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee: (Studi Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Qomaruddin Gresik). Surplus: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 182–194. https://doi.org/10.71456/SUR

Antartika, E. A.-J. E. B., & 2024, undefined. (2024). Analisis pada Shopee sebagai e-commerce terpopuler di Indonesia. Ejournal.Mediaantartika.IdEM AsihJurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 2024•ejournal.Mediaantartika.Id, 2, 2024–2073. https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jeba/article/view/299

Barkhoya, M. A., & Vania, A. (2024). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Merek, dan Ewom Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna di Shopee. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(12), 13–24.

Bogdan, A., Dospinescu, N., & Dospinescu, O. (2025). Beyond Credibility: Understanding the Mediators Between Electronic Word-of-Mouth and Purchase Intention. https://arxiv.org/pdf/2504.05359

Darmawan, A. D. (2024). Data 2024: Jumlah Penduduk Kota Pekalongan 318,18 Ribu Jiwa. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/ef91f26eecaa898/data-2024-jumlah-penduduk-kota-pekalongan-318-18-ribu-jiwa

Deandra, M., Putri, P., & Sharif, O. O. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth (E-WoM) On Tiktok’s Social Media Platform On Starbucks Indonesia’s Purchase Intention. Malva Deandra Perkasa Putri, et.al THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) ON TIKTOK’S SOCIAL MEDIA PLATFORM ON STARBUCKS INDONESIA’S PURCHASE INTENTION under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). Jurnal Ekonomi, 12(03), 2023. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Devi, S., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Peran E-WoM e-Service Quality dan e-Trust dalam Menentukan Keputusan Pembelian. Jesya, 6(2), 1888–1898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1187

Forester, B. J., Idris, A., Khater, A., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Penelitian Kuantitatif: Uji Reliabilitas. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(3), 1812–1820. https://doi.org/10.56832/EDU.V4I3.577

Haris, M., & Azhar, A. (2025). Meningkatkan Minat Beli Pengguna Di Tiktok Shop: Peran E-Trust dan E-Service Quality Pada Produk Fashion Dalam Era Pemasaran Digital. Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 170–183.

Hayani, N. (2023). E-WoM, E-Trust dan Keluarga serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Online Generasi Z Di Kota Pekanbaru. JAAMTER: Jurnal Audit Akuntansi Manajemen Terintegrasi, 1(4), 247–253.

Herdiyani, Y., & Suyanto, A. M. A. (2023). Pengaruh Harga Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Netflix. EProceedings of Management, 10(2).

Himmah, A., Bisnis, A. P.-J. I. A., & 2021, undefined. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth (E-WoM) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Pixy Di Kota Semarang). Ejournal3.Undip.Ac.IdAR Himmah, AE PrihatiniJurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2021•ejournal3.Undip.Ac.Id, X. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/31359

Hiola, R. (2022). Peran Brand Image Memoderasi Electronic Word of Mouth (E- Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Online di Gorontalo. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(3), 389–398. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.562

Ifah, N., Djaelani, A. K., & Millaningtyas, R. (2024). Pengaruh E-service Quality, E-trust Dan E-WoM Terhadap Keputusan Pembelian Pada Onlineshop (Studi Pada Pengguna Onlineshop di Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 979–986.

Ighomereho, S. O., Ojo, A. A., Omoyele, S. O., & Olabode, S. O. (2022). From Service Quality to E-Service Quality: Measurement, Dimensions and Model. 2022 1 Journal of Management Information and Decision Sciences, 25(1), 1–15. https://arxiv.org/pdf/2205.00055

Indriani, D. A., & Lestari, W. D. (2024). THE INFLUENCE OF ONLINE CUSTOMER REVIEWS, E-SERVICE QUALITY AND PRICE ON PURCHASING DECISIONS WITH E-TRUST AS A MEDIATION VARIABLE (STUDY ON LAZADA USERS IN SURAKARTA) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, E-SERVICE QUALITY DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PENGGUNA LAZADA DI SURAKARTA). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting.

Komala Sari, D., Sugiono, A., & Nugeraha Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, P. (2021). DAMPAK DIGITALISASI TERHADAP INDUSTRI SKINCARE. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(1), 64–71.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Mitalia. (2023). PENGARUH HARGA DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAYANAN APLIKASI VIDIO. Jurnal DIALOGIKA, 4, 94–102. https://doi.org/10.31949/dialogika

Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. At-Tadbir?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/ATD.V5I1.3384

Nurniati, N., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2023). Electronic word of mouth (E-WoM) and influencer marketing strategy on purchase decision of skincare products in marketplace. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 4(1), 207–221.

Pradana, M. A. (2023). Dampak E-WOM terhadap Pembeli Shopee Jombang. Business and Economic Publication, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.32764/bep.v1i1.971

Prasetyo, B. P. W. (2020). Pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian online pada platform Shopee dimoderasi oleh price discount: Studi pada pengguna Shopee.

Pratiwi, W. J., & Kunci, K. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE DI KOTA JAMBI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu, 12(01).

Rahmadani, D., Febriansah, R. E., Yulianto, M. R., & Pebrianggara, A. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE  (STUDI  PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO). Jurnal Darma Agung, 32(3), 77–91. https://doi.org/10.46930/OJSUDA.V32I3.4402

Rahmawati, H., & Pradana, W. D. (2024). Perilaku pembelian online pengguna produk kosmetik: Pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) dan celebrity endorsements di DIY. Jurnal Pijar, 2(04), 366–380.

Saputra, R. G., Santoso, A., & Sugianto, L. O. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, E-SERVICE QUALITY, DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Bussman Journal?: Indonesian Journal of Business and Management, 2(3), 541–551. https://doi.org/10.53363/BUSS.V2I3.78

Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI E-TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna Situs BukaLapak di Kota Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 251–260. https://doi.org/10.14710/JIAB.2020.26331

Sualang, G., Mandey, S. L., & Ogi, Imelda. W. J. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.MANDALA FINANCE TBK. CABANG RATAHAN. Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 335–344. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/48194

Susilowati, I. H., & Tukiran, M. (2024). The Electronic Word-of-Mouth (E-WoM) Research:  A Scope of Literature Review. International Journal of Social and Management Studies, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.5555/IJOSMAS.V5I2.386

Syafira, *, Nurinda, A., Aisya, S., Politeknik, N., Malang, N., Hadi, M., & Malang, P. N. (2024). Pengaruh e-Trust, e-Service Quality, dan Minat Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopeepaylater di Platform e-Commerce Shopee. JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI, 1(1), 207–212. https://doi.org/10.61722/JRME.V1I1.1156

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh E-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55–69. https://doi.org/10.47700/JIEFES.V3I1.4293

Zainal, N. A., Mardjuni, S., & Abubakar, H. (2024). Pengaruh E-Trust, E-Service Quality Dan Online Customer Rewiew Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Journal of Economy Business  Development, 2(3), 384–390. https://doi.org/10.56326/jebd.v2i3.2792


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia