STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIKURNIA DENGAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAH (Studi Kasus KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Kesesi)
Pengarang : Aliza Utanti, Usamah, Fadli Huda
Kata Kunci   :KSPPS, produk, strategi pemasaran, pemasaran syariah, simpanan
KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Kesesi, sebagai lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) pertama di KSPPS SM NU Pekalongan, menawarkan produk simpanan kurban sunah idul adha (SIKURNIA) yang mengalami pertumbuhan lebih lambat dibandingkan produk simpanan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk SIKURNIA berdasarkan bauran pemasaran umum dan perspektif pemasaran syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap tiga elemen informan: kunci (kepala cabang), utama (senior marketing dan teller), dan pendukung (anggota produk). Untuk memeriksa dan menetapkan validitas dengan menganalisis berbagai perspektif, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sebagai penguji keabsahan data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukan hasil: pertama, bahwa penerapan strategi pemasaran produk SIKURNIA pada KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Kesesi secara umum yang dilakukan pada semua elemen bauran pemasaran yakni: place, product, promotion, price, people, process dan physical evidence telah sesuai diterapkan dengan optimal. Kedua, penerapan strategi pemasaran dalam persektif pemasaran syariah pada produk SIKURNIA di KSPPS SM NU Pekalongan Cabang Kesesi yang menggunakan bauran pemasaran telah dijalankan sesuai pemasaran syariah.
Referensi
Al Arif, N. R. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Al Jauziyah, I. Q. (2000). I’lamul Muwaqi’in Panduan Hukum Islam. PUSTAKA AZZAM.
al-Jaziri, A. (1990). Al-Fiqh 'Ala Mazahib al-'Arabah. Dar al-kutub al-Ilmiyyah.
Ascarya. (2015). Akad & Produk Bank Syariah (1 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Assauri, S. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajawali.
Baihaqi, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Sukarela (Sirela) Di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil (Kspps-Bmt) Makmur Mandiri Sukoharjo Tahun (2019-2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1255- 1260.
Batubara, D. A. (2019). Mekanisme Penggunaan Akad Wadi'ah Yad Dhamanah dalam Produk Tabungan iB Hijrah pada PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Padangsidimpuan. Sumatera Utara.
Bayanuloh, I. (2019). Marketing Syariah. Yogyakarta: Deepublish.
Booms, B. H., & Bitner, M. J. (1982). Marketing Services by Managing the Environment. Sage Journals, 23(1). doi:https://doi.org/10.1177/001088048202300107
Borden, N. H. (1964). The Concept of the Marketing Mix. Journal of Advertising Research, 2, 7-12.
Culliton, & James, W. (1948). The Management of Marketinng Cost. Boston: Harvard Uneversity, Division of Research, Graduate School of Business Administation. Retrieved from https://babel.hathitrust.org/cgi/pt?id=uc1.b4277712&seq=9
Djamil, F. (2012). Penerapan Hukum Perjanjian dalam Transakti di Lembaga Keuangan Syariah (1 ed.). jakarta: Sinar Grafika.
Dwiyanti, U., Aravik, H., & Choiriyah. (2023). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara Ib Dengan Akad Wadi’ah Yad Dhamanah Pada Bank 104 Tabungan Negara Syariah Kapten A Rivai Palembang. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2. doi:https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.62
Dwiyanti, U., Aravik, H., & Coiriyah. (2023). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara IB dengan Akad Wadi'ah Yad Dhamanah pada Bank Tabungan Negara Syariah . Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK), 91-106.
Endaryono, B. T., Ar Rasyid, L., & Setiawati, Y. H. (2020). Peranan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Masyarakat. Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal, 76-87. doi:10.47467/reslaj.v1i1.70
Entrasmen, R. A. (2016). Strategi Pemasaran terhadap Penjualan Produk Tabungan iB Hasanah di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang X. Jurnal Manajemen dan Pemasaran.
Febriani, E. E. (2017). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah Yad Dhammanah dengan Mudharabah Mutlaqoh pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kota Bengkulu. Bengkulu.
Frey, A. W. (1961). Advertising. Ronald Press Company.
Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Harianja, E. B. (2018). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara IB Syariah dengan Akad Wadiah Yad Dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Syariah Medan. Medan.
Hartati, I. S. (2021). Manajemen Pemasaran Syariah. Bandung.
Idrus, M. (2002). Metode Penelitian Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif). Yogyakarta: Erlangga.
Kartajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan Pustaka. Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Kasmir. (2005). Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
KEMEN-KUKM. (2023). Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecill dan Menengah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi. KEMEN-KUKM.
Kertajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
Kotler, P. (2000). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: CV. Intermedia.
Kotler, P. (2000). Marketing Management, The Millennium Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Susanto, A. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
KSPPSSMNU. (2022). RAT KE-18. Pekalongan.
Maylia, S. (2017). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan IB Baitullah Hasanah. Bandar Jaya.
McCarthy, E. J. (1960). Basic Marketing, a Managerial Approach. Universitas Indiana.
McCarthy, E. J. (1968). Basic Marketing: A Managerial Approach. Homewood: Irwin.
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaeni, S. N., Apsari, P. I., Yusron, M., & Setiyowati, A. (2022). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadiah. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 29-42.
MUI, D. (2000). Fatwa DSN MUI No 2 Tentang Tabungan.
MUI, D. (2021). FATWA DSN MUI No. 141 Tentang Pedoman Pendirian dan Operasional Koperasi Syariah.
Muliani, S. (2018). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah di Koperasi Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid Desa Badrian Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Mataram.
Nasuka, M. (2021). Etika Pemasaran dalam Perspektif Islam. Jepara: UNISNU Press. Peter, J. P., &
Olson, J. C. (2017). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Ramadhan, N. (2022). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadi’ah PT Bank Syariah TBK KCP Medan Pulo Brayan.
Rivai, V., & Usman, A. N. (2012). Islamic Economics & Finance (1 ed.). Jakarta: Gramedia.
Rodiyah, L., & Hadi, A. (2020). "Implementasi Akad Wadiah Dalam Produk Tabungan Di Bank Syariah Mandiri Dan Tinjauannya Menurut Hukum Ekonomi Syariah". Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 4. doi:https://doi.org/10.30651/justeko.v4i1.5224
Sudarsono, H. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi (4 ed.). Yogyakarta: EKONISIA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manjemen. Bandung: Alfabeta.
Suryani. (2012). 'Sistem Perbankan Islam di Indonesia: Sejarah dan Prospek Pengembangan'. Muqtasid, 3, 111-131. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/155163/sistem-perbankan-islam-diindonesia-sejarah-dan-prospek-pengembangan Syihabudin. (2020). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadiah di Bank Syariah Mandiri KK UII Yogyakarta. Yogyakarta.
UKM, K. (2004). Permenkop UKM No.91 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Usaha Koperasi Jasa Keuangan Syariah. Jakarta: Pemerintah Pusat.
Wijayanti, I. D. (2008). Manajemen. Kota Makassar: Mitra Cendikia Press. Retrieved from https://onesearch.id/Record/IOS3420.slims-18387/Details
Yusanto, M. I., & Widjajakusuma, M. K. (2008). Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Isnani.L
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |