Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Promosi Special Event Day, Content Marketing, Live Shopping dan Flash Sale terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Marketplace Shopee


Pengarang : Zidny Salsabila, Usamah, Muhammad Arifiyan


Kata Kunci   :Promosi special event day, content marketing, live shopping, flash sale, impulse buying

Fenomena belanja online saat ini telah menjadi kebiasaan yang ada pada masyarakat Indonesia. Berbagai platform e-commerce memberikan pengenalan dan penawaran produk kepada para konsumen dengan cara yang berbeda. Inovasi yang muncul dalam bentuk pemasaran hingga promosi ini dilakukan bertujuan untuk menarik konsumen agar melakukan pembelian produk secara masif dan impulsif. Shopee yang merupakan salah satu platform e-commerce dengan jumlah pengunjung terbayak ini mampu menerapkan berbagai macam jenis promosi dalam menjalankan kegiatan berbelanja online, mulai dari pengenalan produknya melalui konten hingga ragam promosi dan fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi special event day, content marketing, live shopping dan flash sale terhadap impulse buying pada pengguna marketplace Shopee.Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Terdapat 100 responden yang berdomisili di wilayah Batang dan Pekalongan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM Amos 26. Temuan hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi special event day, content marketing, live shopping dan flash sale berpengaruh terhadap impulse buying. Dapat diartikan bahwa keempat variabel yang ada dalam penelitian ini berpengaruh pada impulse buying.

Referensi

Alfaini. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi, Kompensasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pendidik Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan kedungwuni.

Andriani, M. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming Terhadap Repurchase Intention Melalui Impulse Buying Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla Jakarta.

Ariyanti.L, & Iriani, S. S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day. Sibatik Jurnal , 1, 491-508.

Azis, L. A., Savitri, C., & Faddila. (2022). The Effect of Sales Promotion and Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying in Resso Applications. International Journal of Applied Finance and Business Studies , 113.

Banjamahor. (2023). Perilaku Belanja Konsumen di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Chairina. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @lcheesefactory terhadap Minat Beli Konsumen. JOM FISIP , 7, 4.

Chen, & Lin, Y. C. (2018). What Drives Live Stream Usage Intention ? The Perspective of Flow, Entertainment, Social Interaction and Endorsement. Telematics and Informatics , 1, 35.

Collier, J. (2020). Applied Structural Equation Modeling Using AMOS: Basic to Advance Techniques.

Dinova, S., & Suharyati. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping dan Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif Pengguna Shopee di Kecamatan Jatinegara. Journal of Young Entrepreneurs , 90.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Deepublish.

Geovanni, E. H., & Hartini, S. (2023). Effect of Twin Date on Online Impulse Buying of Shopee User in Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business , 328.

Ghozali, I. (2015). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hajar, d. S. (2023). The Influence of Shopaholic Behavior, Content Marketing and Self Reward on Impulse Buying in E-Commerce User Among Millennial Consumers in Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology , 1.

Hardyansah, & Christian. (2024). Analisis Impulsive Buying E-Commerce (Studi pada Pengguna Shopee). Journal of Business Application , 4.

Haryono. (2019). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS, LISREL, PLS. Badan Penerbit PT. Intermedia Personalia Utama , 450.

Hawkins, D. I., & L.Mothersbaugh, D. (2010). Consumer behavior: building marketing strategy. New York: McGraw-Hill.

Hesterrine. (2022). Pengaruh Sales Promotion Produk di Marketplace Shopee Terhadap Perilaku Membeli KOnsumen di Kelurahan Maradekaya Utara Kota Makasar. Makasar: Universitas Hasanuddin Makasar.

Hoyle, & C, S. (2022). Handbook of Structural Equation Modeling.

Indriawan, & Santoso. (2022). Pengaruh Sales Promotion, Content Marketing dan Shopping Lifestyle Content Creator TikTok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ekombis Review 11 (1) , 905-914. doi: https://doi.org.

Jefri Putri Nugraha, d. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Jihua, e. a. (2022). The Impact of Self-Efficacy and Perceived Value on Customer Engagement under Live Streaming Commerce Environment . Security and Communication Networks .

Kotler, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kusumastuti, e. a. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Lailiwati, & Nurul. (2022). Pengaruh Content Marketing, Frekuensi Penayangan Iklan dan Kualitas Pelayanan dalam Sosial Media (Instagram) Terhadap Impulse Buying(Studi Kasus Pada Toko Fashion qomeshop Kota Kediri). 906.

Lamis, Handayanii, & Fitriani. (2022). Impulse Buying During Flashing Sales in The Online Marketplace. Cogent Business & Manajemen , 1.

Lo, & dkk. (2016). Motivation for Online Impulse Buying: A Two Factor Theory Perspective. International Journal of Information Management , 795-799.

Maharani.T.R, Dartanala, Maharani.A.D, & Jallow. (2022). Keputusan Pembelian Pada Promo Tanggal Kembar Platform E- Commerce Shopee. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial , 675.

Mawarti, d. (2021). Pengantar Riset Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.

Melati. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Mertaningrum, N., & Gusti, I. (2023). Perilaku Belanja Impulsif Secara Online. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora , 606.

Milhinos, & Patricia. (2015). The Impact of Content Marketing On Attitudes and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case of Videos & Tutorials and User-Generated Content. Rio de Janeiro: Escola Brasileira Administracao Publica e de Empresas.

Mowen, & Minor. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET.

Nadeak, Herlambang, & Kariyoto. (2021). Pengaruh Tingkat Penjelajahan, Intensitas Penggunaan dan Advertisement Content Pada Instagram Terhadap Pembelian Impuls. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , 439.

Nurhaliza, & Kusumawardhani. (2023). Analisis Pengaruh Live Streaming Shopping, Price Discount dan Ease of Payment. Diponegoro Journal Management , 12 (3): 1-14.

Poluan, d. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Konsumen di Matahari Department Store Manado Town Square. jurnal Administrasi Bisnis , 113-120.

Rachman, d. F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Lakeisha.

Rahmawati. (2023). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Perilaku Impulsive Buying. 38.

Ratnawati. (2023). Pengaruh Discount, Live Streamer dan Customer Trust Terhadap Impulse Buying Pada Live Streaming Commerce. Technology, Business and Entrepreneurship) , 1.

Rosmala. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Hedonic Shopping terhadap Impulsive Buying pada Tokopedia oleh masyarakat Kota Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Septiana, R. (2020). Perilaku Impulse Buying di Toko Online Shopee dengan Faktor Hedonic Shopping Motivation, Price Discount dan Pembayaran Elektronik. Lampung: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Setiowati. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Promosi Penjualan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Live Streaming Tiktok. 73.

Siregar, & Sofyan. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Solimun. (2006). Structural Equation Modeling LISREL dan Amos. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, d. (2017). The effect of market orientation, entrepreneurship orientation, and imitation strategy on competitive advantage (Study on SME of leather bag and suitcase in East Java).

TR.Saputra. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonisme Dengan Kecenderungan Impulse Buying Terhadap Trend Fashion Pada Remaja. 7, 2.

Trihastuti A, E. (2020). Manajemen Pemasaran ++. Yogyakarta: Deepublish.

Wahidun. (2016). Analisis Atribut Produk Samsung dan Asus Menggunakan Metode Multidimensional Scaling (MDS). IIB Darmajaya Journal , 62-74.

Waluyo. (2010). Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools Amos dalam Aplikasi SEM.

Wangi, & Andarini. (2021). Pengaruh Flash Sale dan Cash back terhadap Perilaku Impulse Buying pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen .

Widhiarso. (2012). Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) pada Data yang Tidak Normal. 1-12.

Wijanto. (2008). Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yahmini, E. (2019). Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga. Journal of Research in Business and Economic , 41-56.

Yamin.S. (2021). SMARTPLS 3, AMOS & STATA: OLAH DATA STATISTIK( MUDAH & PRAKTIS). Dewangga Energi International Publishing.

Yenny, Y., & dkk. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Konsumen Saat Momen Hari Belanja Online Nasional. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan , 154.

Yuan, S. e. (2019). How Live Streaming Influences Purchase Intentions in Sosial Commerce: IT Affordance Perspective. Electronic Commerce Research and applications , 37.

Yulius, A. (2023). Pengaruh Live Streaming Terhadap Pembelian Impulsif Pada Platform Tiktok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen , 8, 814.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia