PENGARUH STAR SELLER, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE DENGAN ONLINE CUSTOMER REVIEW SEBAGAI VARIABEL MODERASI. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Yang Menggunakan Aplikasi Shopee)
Pengarang : Mujibburohman, Sobrotul Imtikhanah, Leni Susan
Kata Kunci   :celebrity endorser, keputusan pembelian, online customer rating, online customer review, star seller.
Abstrak
Antusias masyarakat dalam berbelanja online mengalami peningkatan pada tahun 2022, salah satunya pada e-commerce Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh star seller, online customer rating dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Shopee dengan online customer review sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik analisis menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 110 mahasiswa, lokasi di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, alat analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa star seller dan online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, star seller berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan online customer review sebagai variabel moderasi, online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan online customer review sebagai variabel moderasi, celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan online customer review sebagai variabel moderasi.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |