Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

IMPLEMENTASI KONSEP PENGELOLAAN HOTEL BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH DAN AKAD IJARAH DALAM SEWA KAMAR HOTEL PADA REDDOORZ PLUS SYARIAH HOTEL INDONESIA KAJEN 3


Pengarang : Dian Safitri, Sobrotul Imtikhanah, Saeba


Kata Kunci   :Akad Ijarah, Fatwa DSN-MUI, Hotel Syariah

Fokus dalam penelitian ini untuk mengkaji permasalahan terkait dengan aktivitas pengelolaan hotel, khususnya dalam konteks konsep pengelolaan hotel berdasarkan prinsip syariah dan implementasi akad ijarah dalam sewa kamar hotel pada RedDoorz Plus Syariah Hotel Indonesia Kajen 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam sistem pengelolaan hotel RedDoorz Plus Syariah Hotel Indonesia Kajen 3 sesuai dengan pedoman penyelenggaraan pariwisata berdasarkan prinsip syariah dan untuk mengetahui implementasi akad Ijarah dalam sewa kamar hotel sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa RedDoorz Plus Syariah Hotel Indonesia Kajen 3 telah mengimplementasikan konsep pengelolaan hotel sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Hal ini terbukti dengan tidak adanya fasilitas ataupun praktik yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. Kemudian dalam pelaksanaan akad ijarah dalam sewa kamar di RedDoorz Plus Syariah Hotel Indonesia Kajen 3 dilakukan setelah tercapainya kesepakatan antara pihak resepsionis dan penyewa. Ketika pelaksanaan akad pihak resepsionis akan memberikan penjelasan menyeluruh terkait syarat-syarat sewa, fasilitas, masa sewa dan biaya yang harus dikeluarkan oleh penyewa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep pengelolaan hotel dan implementasi akad ijarah dalam sewa kamar di RedDoorz Plus Syariah Hotel Indonesia Kajen 3 sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam Fatwa DSN-MUI.

Referensi

Al Aziz, M. S. (2005). Fiqih Islam Lengkap. Surabaya: Terbit Terang.

Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Alwi, M., & Sugianto. (2023). Pelaksanaan Akad Ijarah Dalam Sewa Menyewa Kamar Hotel Pada Hotel Syariah Al-Jayri Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3, 298-310.

Burhan, B. (2007). Penelitian Kualitatif Edisi II. Jakarta: Prenada Media.

DSN-MUI. (2016). Diambil kembali dari FATWA DSN-MUI NO: 108/DSN-MUI/X/2016: https://dsnmui.or.id/kategori/fatwa/page/5/

DSN-MUI. (2017). Diambil kembali dari FATWA DSN-MUI NO: 112/DSN-MUI/IX/2017: https://dsnmui.or.id/kategori/fatwa/page/5/

Febrian, A. (2023, September 6). Wisata Halal Berkembang, Hotel Konsep Syariah RedDoorz Tumbuh 500% di Tahun 2023. Diambil kembali dari Kontan.co.id.

Furbaya, E. S. (2023). Penentuan Sewa Kamar Penginapan Dalam Tinjauan Islam.

Gelama, D. (2005). Hukum Perikatan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hendriyani, I. A. (2023, Juni 2). Siaran Pers: Indonesia Raih Peringkat Pertama Global Muslim Travel Index. Diambil kembali dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-indonesia-raih-peringkat-pertama-global-muslim-travel-index

Huda, Q. (2011). Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Teras.

Indrawan, I. (2018). Praktik Sewa Menyewa Kamar Hotel Di Kopeng Dalam Perspektif Hukum Islam. Skripsi.

Khairunnisa, & Pradesyah, R. (2018). Analisis Penerapan Fatwa MUI Wisata Halal (Studi Kasus Hotel Syariah Medan). Jurnal Umsu.

Lubis, M., & Asrofi, Y. (2022). Konsep Pengelolaan Hotel Zam-Zam Syariah Ditinjau Dari Fatwa MUI Nomor 108/DSN-MUI/IX/2016 (Studi Kasus Hotel Zam-Zam Syariah Pura Baru Kec. Lembah Sorik Marapi). Jurnal Ekonomi Syariah.

Mardani. (2019). Fiqih Muamalah. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Mustafa, & Imam. (2016). Fiqih Muamalah Kontemporer. Depok: Rajawali Pers.

Nuke. (2022, Desember 25). KFM Pekalongan. Diambil kembali dari Ada Hotel Indonesia di Kajen Pekalongan: https://www.kfmpekalongan.id/2022/12/ada-hotel-indonesia-di-kajen-pekalongan.html

Rozalinda. (2005). Fiqih Muamalah dan Aplikasinya pada Perbankan Syari'ah. Jakarta: Djambatan.

Sabiq, S. (2006). Fiqh Sunnah. Jakarta: Cempaka Putih.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (1 ed.). Bandung: Pustaka Ramadhan.

Shihab, M. Q. (2000). Tafsir Al Misbah (Vol. I). Jakarta: Lentera Hati.

Sofyan, R. (2011). Bisnis Syariah Mengapa Tidak? Pengalaman Penerapan Pada Bisnis Hotel. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugeng, R. (2020). Konsep dan Penerapan Hotel Syariah Pada Hotel Al-Badar Makasar. Manajemen dan Organisasi Review, 76-85.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, H. (2016). Fiqh Muamalah (1 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Syafe'i, R. (2010). Ilmu Ushul Fiqih. Pustaka Setia.

 

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia