Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH PROMOSI DARING, FACEBOOK ADVERTISING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI FACEBOOK “AGAN COLLECTION BATIK PEKALONGAN”
Pengarang : Mochamad Dimas Arfian Syah, Panca Kurniati
Kata Kunci   :Promosi Daring, Facebook Advertising, e-WOM, Keputusan Pembelian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi Daring, Facebook Advertising, dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian konsumen pada akun Facebook Agan Collection Batik Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik survei melalui kuesioner kepada 135 responden yang telah melakukan pembelian.
Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Facebook Advertising memiliki pengaruh paling dominan, diikuti oleh e-WOM dan Promosi Daring. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,801 menunjukkan bahwa 80,1% keputusan pembelian dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut.
Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya strategi digital marketing, khususnya melalui Facebook, dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama untuk sektor UMKM batik di Pekalongan.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Adityanto, H. Y., & Handaruwati, I. (2023). Pengaruh Promosi Online Melalui Facebook Ads Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Batik Cristo. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 41–51. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1263

Apriliani, C. (2022). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Braille Pada Siswa Tunanetra Di Sdlb Slb Negeri a Pajajaran Kota Bandung Skripsi. Skripsi, 28–50.

Aries Kasman, & Aminar Sutra Dewi. (2024). Pengaruh Penilaian Produk, Harga dan Promosi Online terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Lazada Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 2(2), 160–173. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i2.1527

Arumugam, V., & Omar, A. (2016). Electronic Word-of-Mouth Information Adoption by Online Consumers. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN, 5(12), 1865–1869. https://doi.org/10.21275/ART20163762

Ary, H., & Suyono. (2021). Pengaruh Iklan Onlinemelalui Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Journal Informatika Dan Bisnis, 1(1), 60–77.

Asiva Noor Rachmayani. (2015). No "Analisis struktur kovarians terhadap indikator-indikator terkait kesehatan pada lansia yang tinggal di rumah, dengan penekanan pada persepsi subjektif terhadap kesehatan."Title. 6.

Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23

Di Gangi, P. M., & Wasko, M. (2016). Social media engagement theory: Exploring the infuence of user engagement on social media usage. Journal of Organizational and End User Computing, 28(2), 53–73. https://doi.org/10.4018/JOEUC.2016040104

Dibra, M. (2015). Rogers Theory on Diffusion of Innovation-The Most Appropriate Theoretical Model in the Study of Factors Influencing the Integration of Sustainability in Tourism Businesses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1453–1462. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.443

Febi Kurniawan, Ega Trisna Rahayu, L. W. (2021). Analisis Identifikasi Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Aktivitas Ritmik Melalui Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.5820830

Ferry, & Tanjung Prasetyo. (2023). Pengaruh Jejaring Sosial (Facebook Ads) Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Obat Herbal Jhp Nabawi Cv. Suplemen Sehat Indonesia). Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 433–441. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.150

Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Harliyana, D. A., Moonti, U., Bahsoan, A., Hafid, R., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Yunita Meubel. Journal of Economic and Business Education, 1(1), 107–114. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i1.18686

Hartono, L. T. F. (2017). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Mengidentifikasi Kemampuan Transfer Learning Siswa SMA pada Konsep Ekologi Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Husnawati, H., Tentama, F., & Situmorang, N. Z. (2019). Pengujian validitas dan reliabilitas konstruk hope. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 128. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15136

Marchna, Y., Purba, S., Dalam, D., Untuk, J., Kompetensi, M., & Paud, P. (2021). Implementasi Program Diklat Berjenjang Tingkat.

Mubarok, A. Z., & Santoso, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Foto Kayu Lukis Pada Bmrsign Wallgallery Lamongan. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1356–1364. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.164

Nuraidah, & Megawati, L. (2023). Pengaruh Digital Merketing dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow (Survei pada Pelanggan Store Ms Glow Sukabumi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 386–400.

Nurhaliza, V., & Malik, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Bunga Anggrek Di Cv. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 163–174. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i2.363

Nuril Huda, S. A. (2018). Model Green Purchase Behavior Berbasis Theory Of Planned Behavior. Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 51–60.

Nyoko, A. E. L., & Semuel, A. D. D. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Journal of Management?: Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(1), 63–76. https://doi.org/10.35508/jom.v14i1.3857

Pariwisata, J., Digital, B., & Mandiri, U. N. (2024). Analisis pengaruh iklan promosi terhadap keputusan pembelian pada produk air mineral. 03(2), 60–65.

Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(3), 27–41. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.83

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Rindiani Restu Nurrizqa. (2023). PENGARUH KOMPETENSI KOMITE AUDIT DAN FINANCIAL STABILITY TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD?: Studi Pada Perusahaan Sektor Real Estate dan Properti Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021. Jurnal Ilmiah UPI, 2019, 51–52.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Rusmawati, S., & Wardani, D. K. (2016). Pengaruh Pemahaman Pajak, Sanksi Pajak, Dan Sensus Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi Yang Memiliki Usaha. Jurnal Akuntansi, 3(2), 75–91. https://doi.org/10.24964/ja.v3i2.53

Saebani, S., Purwanto, T., & Wirawan, B. (2020). Batik Sebagai Media Dakwah pada Asosiasi Aksi Muda Bina Griya Kota Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.30591/japhb.v3i1.1659

 

Sijabat, B. (2021). Analisis Keputusan Membeli Berbasis Brand Awareness sebagai Impak Google Ads dan Facebook Ads (Kajian Pelanggan Lazada). Syntax Idea, 3(3), 444–464. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i3.1060

Sindiah, S., & Rustam, T. A. (2023). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Facebook. ECo-Buss, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.624

Sudarta. (2022). ??No Title No Title No Title. 16(1), 1–23.

Sugiono, Apriliani, C., Rindiani Restu Nurrizqa, Kualitas, M., Kepuasan, P., Febi Kurniawan, Ega Trisna Rahayu, L. W., Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 10(1), 391–402. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950

Supriyadi, E., Mariani, S., & Sugiman. (2017). Perbandingan Metode Partial Least Square (PLS) dan Principal Component Regression (PCR) untuk Mengatasi Multikolinearitas pada Model Regresi Linear Berganda. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 117–128.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Tanjung, M. S., Khairuna, W. R., Angelica, M., Khaira, I., & Siregar, Z. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di Shopee. Neraca Manajemen, Ekonomi, 5(7), 55–65.

Umah, C. R., & Mala, I. K. (2024). Model Online Marketing Facebook Ads Dalam Peningkatan Penjualan UMKM Kediri. 17(1), 13–22.

Unud, E. M. (2018). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Kemajuan teknologi di era global ini membuat konsumen memperoleh kemudahan dalam berbagai hal , misalnya dengan menggunakan handphone konsumen tidak hanya sekedar berkomunikasi tet. 7(9), 5168–5196.

Wijaya, G., Simarmata, M. M., Supandi, H., & Hermawan, R. A. (2024). Pengaruh Tingkat Pengetahuan terhadap Perilaku Pengguna Lensa Kontak Lunak di BONBON SOFTLENS. Jurnal Mata Optik, 5(2), 7–14. https://doi.org/10.54363/jmo.v5i2.234

Zulfarida, A. L., Wardana, M. S., Del, A. S., & Yudiantoro, D. (2024). Pengaruh Promosi Online , Nilai Pelanggan dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Frozen Food Mbak Bakul. 4, 212–230.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia