PENERAPAN EDUKASI PADA IBU DENGAN ANAK KEJANG DEMAM YANG MENGALAMI MASALAH KURANG PENGETAHUAN DI RUANG FLAMBOYAN RSUD BATANG
Pengarang : Sabrina Nikmal Abda, Neti Mustikawati, Siti Rofiq
Kata Kunci   :edukasi kesehatan, pengetahuan, kejang demam
ABSTRAK
Penerapan Edukasi Pada Ibu Dengan Anak Kejang Demam Yang Mengalami Masalah Kurang Pengetahuan Di Ruang Flamboyan RSUD Batang
Sabrina Nikmal Abda1, Neti Mustikawati2
Program Studi Diploma Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Anak yang mengalami kejang demam yang diberikan penanganan yang salah akan mengakibatkan efek yang buruk bagi anak. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penanganan yang salah saat anak mengalami kejang demam adalah dengan memberikan edukasi kesehatan pada ibu. Pemberian edukasi kesehatan dapat meningkatkan tingkat pengetahuan ibu, sehingga ibu dapat memberikan penanganan yang benar saat anak mengalami kejang demam. Tujuan studi kasus ini menggambarkan penerapan edukasi kesehatan dengan menggunakan media audiovisual menonton video. Metode penyusunan yang digunakan adalah studi kasus. Subyek studi kasus ini 2 ibu yang mengalami masalah kurang pengetahuan dan dilakukan selama 3 hari. Hasil studi kasus menunjukkan peningkatan pengetahuan, pada kasus I tingkat pengetahuan dari hasil nilai kuesioner pengetahuan 52 menjadi 76 dan kasus II tingkat pengetahuan dari hasil nilai kuesioner pengetahuan dari 48 menjadi 72. Kesimpulan studi kasus ini bahwa edukasi kesehatan menggunakan media audiovisual menonton video dapat meningkatkan tingkat pengetahuan bagi ibu. Saran bagi perawat dapat menerapkan edukasi kesehatan menggunakan media audiovisual menonton video sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan tingkat pengetahuan.
Kata Kunci : edukasi kesehatan, pengetahuan, kejang demam
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Bolon, C. M. T. (2021). Pendidikan & promosi kesehatan. Kecamatan Medan Timur, Indonesia : kode pos. 20239 CP 082363041647
Hikmawati, F.( 2020). Metodologi penelitian. Depok, Indonesia : PT rajagrafindo persada
Indrayati, Novi, & Dwi Haryanti. 2019. “Gambaran Kemampuan Orangtua Dalam Penanganan Pertama Kejang Demam Pada Anak Usia Toddler.” Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal 9(2): 149–54.
Ismael, S. (2016). Rekomendasi penatalaksanaan kejang demam : Badan Penerbit Ikatan Dokter Indonesia.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman nasional pelayanan kedokteran tata laksana epilepsy pada anak 2017. 1-79
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. 2017. 147-178 p.
Lestari, T. (2016). Asuhan keperawatan anak. Yogyakarta, Indonesia : Nuha Medika.
Nursalam, (2020). Metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Nuryani, Nasriati, R., Verawati, M. (2020). Hubungan pengetahuankeluarga tentang kejang demam sebelum dibawah ke rumah sakit. Universitas Muhammadiyah Ponorogo Health Sciences Journal, 4(1), 44-59. Diambil dari http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/HSJ
Patel, N., Ram, D., Swiderska, N., Mewasingh, L. D., Newton, R. W., & Offringa, M. (2015). Febrile seizures. BMJ: British Medical Journal (Online), 351. http://dx.doi. org/10.1136/bmj.h42
Puspitasari, J.W., Nurhaeni, N., Allenidekania (2019). Edukasi meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu dalam pencegahan kejang demam berulang : Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 4(1),125-137. doi: http://dx.doi.org/10.32419/jppni.v4i3.186
Polopadang,V., Hidayah, N (2019). Proses keperawatan pendekatan teori dan praktik. Gowa, Indonesia : Yayasan pemberdayaan masyarakat indonesia cerdas
Rosmiati, Pratikwo, S., Hartino, M., Anonim, T. 2021. Pengaruh Pemberian Edukasi Kesehatan Dengan Media audiovisual terhadap pengetahuan keluarga dalam penanganan kejadian kejang demam pada anak. Jurnal Lintas Keperawatan The Journal of Crass-Nursing, 3(1) : 1-7 doi : doi: https://doi.org/10.31983/jlk.v3i1.8514
Sigh, A., Avula, A., Zahn, E. (2024). Acute bronchitis. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448067/
Jakarta : Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Tim Pokja. Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia Definisi dan Diagnostik. 2017.
Jakarta : Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Tim Pokja. Standar Intervensi Keperawatan Indonesia Definisi dan Implementasi Keperawatan. 2018.
Jakarta : Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Tim Pokja. Standar Luaran Keperawatan Indonesia Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (Edisi 1). 2019.
Widayanti, F., A., Sari., K., C, Ma’iyyah., H. (2023). Peran SDGs Dalam Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Bantul, Indonesia : CV.Mitra Eduksi Negeri
Widyawati (2020). Buku Ajar Promosi Kesehatan Untuk Mahasiswa Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita sudama Medan.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |