Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Gambaran Resiliensi Psikologis Remaja Di Wilayah Rawan Bencana Gempa Bumi Di Kabupaten Batang
Pengarang : Astriana, Eka Budiarto
Kata Kunci   :Resiliensi, Remaja, Bencana, Gempa Bumi

Program Studi Sarjana Keperawatan, dan Pendidikan Profesi Ners
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Januari, 2025

ABSTRAK
GAMBARAN RESILIENSI PSIKOLOGIS REMAJA DI WILAYAH RAWAN BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN BATANG
Astriana¹ , Eka Budiarto²

Pendahuluan:
Indonesia merupakan negara dengan tingkat risiko bencana gempa bumi yang tinggi akibat kondisi geologisnya. Remaja menjadi salah satu kelompok rentan yang terdampak secara psikologis, seperti mengalami kecemasan, ketakutan, dan trauma pasca bencana. Resiliensi berperan penting dalam membantu remaja pulih dari dampak psikologis yang ditimbulkan oleh bencana.Tujuan penelitian ini yaitu mengambarkan resiliensi psikologis remaja di wilayah rawan bencana gempa bumi di Kabupaten Batang.
Metode:
Penelitian yang dilakukan ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah remaja di wilayah rawan bencana gempa bumi sebanyak 552. pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 232 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner BRS (Brief Resilience Scale).
Hasil:
Hasil penelitian untuk karakteristik usia remaja rata-rata 13,55 tahun, jenis kelamin terbanyak laki-laki 54,7%. Pola asuh paling banyak adalah demokratis 68,5% responden. Resiliensi remaja yang tinggal di wilayah rawan bencana diketahui paling banyak memiliki resiliensi normal 120 responden (51,7%), sedangkan resiliensi rendah 106 responden (45,7%), resiliensi tinggi 6 responden (2,5%).
Simpulan:
penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar remaja memiliki resiliensi normal, terdapat pula persentase yang signifikan mengalami resiliensi rendah. Faktor usia dan pola asuh turut memengaruhi tingkat resiliensi yang dialami remaja yang tinggal di wilayah rawan bencana gempa bumi.

Kata Kunci : Resiliensi, Remaja, Bencana, Gempa Bumi

NASKAH PUBLIKASI
Referensi

(NOAA), N. O. and A. A. (2024). National Centers for Environmental Information. https://www.ncei.noaa.gov/access/billions/state-summary/US

 

Akbar, N. A., Aulia, N. F., Ratna, R., Kusnanda, B., & Halida, A. N. (2024). Pengaruh Social Support terhadap Resiliensi Emosional pada Siswa SMP Negeri 26 Surabaya. 6(2), 112–121.

 

Amelia, N., Aziz, A. R., & Huda, N. (2023). Hubungan Resiliensi Dengan Kesehatan Mental Emosional Pada Remaja. 2(2), 124–132.

 

Anggaini, N. L. V., Widiyawati, A. T., Romula, A., Amalia, F., & Islami, N. N. (2023). MITIGASI BENCANA dan EMERGENCY MANAGEMENT ARSIP pada organisasi. Akademia Pustaka.

 

Annur, C. M. (2024). Data Jumlah Bencana Alam di Indonesia pada 1 Januari-2 Juli 2024. https://dataindonesia.id/varia/detail/data-jumlah-bencana-alam-di-indonesia-pada-1-januari2-juli-2024

 

ANTARA. (2024). Ini jumlah rata-rata banyaknya gempa di Indonesia dalam setahun. https://www.antaranews.com/berita/4191750/ini-jumlah-rata-rata-banyaknya-gempa-di-indonesia-dalam-setahun

 

Apriliyani, R., Fahlevi, R., Nurlina, Wulandari, R., Nurhidayatullah, & Pranajaya,  syatria adymas. (2023). Psikologi perkembangan peserta didik. In Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Get Press Indonesia.

 

Ariyadi, H., Maryam, S., Nessa , Anggun Permata Rahmah, A., Fikri, M., & Raudah, S. P. (2023).

 

BMKG. (2024). Ulasan Guncangan Tanah Akibat Gempabumi Batang Jawa Tengah 7 Juli 2024. https://www.bmkg.go.id/berita/?p=ulasan-guncangan-tanah-akibat-gempabumi-batang-jawa-tengah-7-juli-2024&lang=ID&tag=ulasan-guncangan-tanah

 

BPBD-ACEH. (2024). Pengertian Gempa Bumi, Jenis-Jenis, Penyebab, Akibat, dan Cara Menghadapi Gempa Bumi. BPBD KOTA BANDA ACEH. https://bpbd.bandaacehkota.go.id/2018/08/05/pengertian-gempa-bumi-jenis-jenis-penyebab-akibat-dan-cara-menghadapi-gempa-bumi/

 

BPBD-NTB. (2024). Gempa bumi. https://bpbd.ntbprov.go.id/pages/gempa-https://bpbd.ntbprov.go.id/pages/gempa-bumi#:~:text=Kebanyakan gempa Bumi disebabkan dari,ditahan lagi oleh pinggiran lempengan

 

BPBD. (2018). BPBD KABUPATEN GROBOGAN. https://bpbd.grobogan.go.id/Defenisi-Bencana/

 

BPBD. (2024). BPBD Kabupaten Kapuas. https://bpbd.kapuaskab.go.id/definisi-bencana/?__im-KWbIBwhM=11666465933118369461

 

Cahyani et al. (2025). Gambaran Resiliensi Akademik Siswa SMA dan Implikasinya Terhadap Intervensi Bimbingan dan Konseling. 9(2), 729–739. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7006

 

Dewinda, H. R., Fitria, L., & Wijaya, I. (2024). Resiliensi Remaja. Scopindo.

 

Ensiklopedia. (2024a). Daftar gempa bumi di Indonesia. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Daftar_gempa_bumi_di_Indonesia

 

Ensiklopedia. (2024b). Daftar gempa bumi tahun 2024. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Daftar_gempa_bumi_tahun_2024

 

Fatmasari et al. (2020). Dinamika Keluarga & Komunitas Dalam Menyambut Society 5.0. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

 

Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., & Abdillah, F. (2022). Metodologi Penelitian. Pena Persada.

 

Fauziah, A. D., Hidayati, N. O., & Mardhiyah, A. (2017). Volume 4 | Nomor 1 | Juni 2017. 4(6).

 

Febriawati, H., Pratiwi, B. agus, & Angraini, W. (2020). Modul MANAJEMEN BENCANA RUMAH SAKIT (dalam menghadapi gempa bumi). Gosyen Publishing.

 

Handayani,  arri. (2021). Psikologi parenting. Bintang Semesta Media Yogyakarta.

 

Hasanudin, H., Arief, Y. S., Dwi, I., Dan, K., Kusumaningrum, T., & Keperawatan, F. (2019). Gambaran Resiliensi Anak Usia Sekolah Pasca Bencana Gunung Kelud (Resilience Description of School-Age Children after the Mount Kelud Disaster). 5(1), 43–48.

 

Hasibuan, R. T., & Fitriana, D. (2024). Dampak Pola Asuh Strict Parents terhadap Perkembangan Psikologis Anak. 07(01), 3903–3916.

 

Hafizi, Khairulyadi, & Nusuary, F, M. (2021). Resiliensi masyarakat pasca bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya. Agustus, 211.

 

Hidayat, T. (2023). TANYA JAWAB SAINS?: FENOMENA ALAM. CV ANDI OFFSET.

 

 

Irfani, A. N., & Mulyana, A. (2025). Dinamika Resiliensi Orang Tua Dalam Menghadapi Kasus Kekerasan Terhadap Anak Oleh Asisten Rumah Tangga. 2, 1–17.

Kannis-Dymand, L., Colhoun, H., Huntley, M., Woolcock, C., Chambers, R., le Compte, D., Macleod, J., Gilbert., C., Statham D., Jones, M., Sullivan, C. (2022). Does a disaster worsen anxiety when you are already anxious? Psicologicalconsequences following exposure to a M7.1 earthquake in a outpatient anxiety disorder population. Australians Jurnal of Disaster and Trauma Studies, 26(1), 313

 

Jufrizal, Nurpilinda, M., Mertha, I. M., Nurhayati, Ceria Suardana, K. I. M., & Priyo, S. (2023). BUKU AJAR KEPERAWATAN BENCANA. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

 

Kotijah, S., Yusuf, A., Sumiatin, T., & Putri, V. S. (2021). MASALAH PSIKOSOSIAL Konsep dan Aplikasi dalam Asuhan Keperawatan (Issue December). Mitra Wacana Media.

 

Luh, N., Purnama, A., Widayanti, M. R., Yuliati, I., Keperawatan, P. S., & Timur, J. (2021). The Influence of Coping Mechanisms on Adolescent Stres. 16(1), 10–20.

 

Mailani dan Yolanda. (2022). Resiliensi Remaja yang Tinggal di Daerah Rawan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami di Kota Padang Fitri Mailani. 13(November), 208–211.

 

Mailani, F., Mahathir, & Yolanda, S. (2022). Resiliensi Remaja yang Tinggal di Daerah Rawan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami di Kota Padang Fitri Mailani. 13(November), 208–211. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf13nk338

 

Mamik. (2015). Metodologi kualitatif. Zitafama publishing.

 

Mangna, N. K. K., & Valentina, T. D. (2024). Adolescent Resilience in Orphanages. Humanitas, 8(1), 78–92.

 

Masriadi, H., Baharuddin, A., & Samsualam. (2021). Metodologi Penelitian (Kesehatan, Kedokteran, Dan Keperawatan). CV. Trans Info Media.

 

Miswarti, Maidawilis, Gusni, J., Eni, R., & Hasmita. (2023). Penanganan Kesehatan Jiwa pada Korban Bencana. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia ( JPMI ), 2(2), 212–222. https://doi.org/DOI?: https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i2.2403

 

Muhamad Andiyaman et al. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Milenial Dengan Resiliensi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 33 Semarang. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 130–136. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4384

 

Mujianti. (2023). Buku Ajar Penanggulangan Bencana Alam. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian.

 

Muslim et al. (2023). Pola Asuh Demokratis Oleh Orangtua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. 51–57.

 

Nada, S. Q., Shifa, R. N., & Hikmah, S. (2024). Strategi Meningkatkan Resiliensi Melalui Afirmasi Positif Pada Remaja Panti Asuhan Al-Hikmah Strategies To Increase Resilience Through Positive Affirmations On Adolescents Of Al-Hikmah Orphanage Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang , Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 152–160.

 

Nashori, F. (2021). Psikologi Resiliensi. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.

 

Neherta, M., & Sari, I. M. (2023). Terapi Bermain Intervensi Keperawatan Pemulihan Psikologi Anak Pasca Gempa. CV. Adanu Abimata.

 

Nuraini, & Mutawarudin. (2024). Pencegahan Perilaku Menyimpang Remaja Melalui Seminar Parenting Pendekatan Emosi Anak oleh Orangtua bagi Wali Murid MTs Mazro’atussibyan Cengal Karacak. Jurnal Trimas, 4(2), 6–15.

 

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

 

Octoviany et al. (2024). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Pada Ketahanan Anak Sekolah Dasar Mengatasi Perundungan Di Denpasar. 1, 49–61.

 

Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen. Staia Pres.

 

Putri, A. E., & Laeli, S. (2024). Membangun Resiliensi Sepanjang Rentang Kehidupan?: Strategi Menghadapi Tantangan dan Tekanan. 3, 6846–6854.

 

Rahmad et al. (2024). Gizi dan Penanggulangan Bencana (Issue May). Get Press Indonesia.

 

Rahmadian, A. A. (2016). PREVALENSI PTSD DAN KARAKTERISTIK GEJALA STRES. Jurnal Ilmu Pendidikan Pengajaran, 1–17.

 

Rohmah Ulfa Nur et al. (2023). GAMBARAN POST TRAUMATIC STRESS DISORDER, GANGGUAN TIDUR, KECEMASAN, DAN GEJALA DEPRESI KORBAN GEMPA BUMI CIANJUR. Jurnal of nursing and midwifery science, 3645

 

Saputra, A., Urbayatun, S., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2023). Resiliensi pada penyintas pasca gempa bumi lombok. 5(2), 203–234.

 

Septiana, N. Z., Istiqomah, N., Rahayu, D. S., Islam, U., Blitar, B., Katolik, U., Mandala, W., Kampus, S., & Madiun, K. (2024). LITERASI KESEHATAN MENTAL?: DAMPAK PERILAKU DAN RESILIENSI. 11(1), 81–91.

 

Smith, B. W., Dalen, J., Wiggins, K., Tooley, E., Christopher, P., & Bernard, J. (2008). The brief resilience scale: Assessing the ability to bounce back. International Journal of Behavioral Medicine, 15(3), 194–200. https://doi.org/10.1080/10705500802222972

 

Soekidjo, & Notoatmojo. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN. Rineka Cipta.

 

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D. Alfabeta.

 

Suiraoka, I. putu. (2022). Monograf model promosi kesehatan untuk meningkatkan resiliensi remaja terhadap paparan iklan makanan tidak sehat.

 

Supriyadi, & Kartini, M. (2022). Intervensi untuk Meningkatkan Resiliensi pada Remaja. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 8(1), 16–25. https://doi.org/10.56186/jkkb.99

 

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

 

Sylvia, C. (2020). Pengelompokkan Data Bencana Alam Berdasarkan Wilayah , Waktu , Jumlah Korban dan Kerusakan Fasilitas Dengan Algoritma K-Means. 4, 744–752. https://doi.org/10.30865/mib.v4i3.2213

 

Tang, W., Lu, Y., & Xu, J. (2018). Post-traumatic stress disorder, anxiety and depression symptoms among adolescent earthquake victims: comorbidity and associated sleep-distrbing factors. Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology. 53(11), 12411251. https://doi.org/10.1007/s00127-018-1576-0

 

Teja, M. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Kelompok Rentan Dalam Menghadapi Bencana Alam Di Lombok. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 151(1), 43–70.

 

Umadiyan, S., & Kalifia, A. D. (2024). Perbedaan Respon Emosional Antara Remaja Perempuan Dan Laki- Laki Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Depresi. 2, 293–296.

 

Usiono, Utami, T., Nasution, F., & Nanda, M. (2018). DISASTER MANAGEMENT Perspektif Kesehatan dan Kemanusiaan. Perdana Publishing.

 

Wahyuni, E. (2021). Resiliensi Remaja Dan Implikasinya Terhadap Kebutuhan Pengembangan Buku Bantuan Diri. 10(1), 79–88.

 

Wibowo, Y. A., Safriani, E. W., Ronggowulan, L., Dewi, Ratih Puspita Widiayatmoko, W., & Wardhani, P. I. (2023). ADAPTIVE CAPACITY AND RESILIENCE TO THE EARTHQUAKE AMONG STUDENTS IN KLATEN REGENCY. Jurnal UNS, 223–241.

 

Winasih, A. J., Niaga, J., & Juntak, S. (2024). Peranan Pola Asuh Orang Tua Dalam Melaksanakan Pendidikan Kristiani Terhadap Remaja Menurut Amsal 1:8-9 Di Gereja Kristen Jawa Bahtera Kasih. 4(2), 8–9.

 

Wulandari, F., & Rahmat, H. K. (2024). Tingkat Resiliensi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Pasca Bencana Erupsi Gunung Semeru Tahun 2021. 20(2), 10–19. https://doi.org/10.37817/jurnalcontiguity.v20i2

 

Yuwanto, L., Hartanti, Tjiong, Y. W., Eunik, P., Widyakristi, K. V., & Halim, V. (2018). Intervensi Psikologi Bagi Penyitas Bencana. Cerdas Pustaka Publisher.

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia