PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PROSEDUR INVASIF PEMASANGAN INFUS PADA ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) TERHADAP TINGKAT KECEMASAN KELUARGA DI RUAN DAHLIA RSUD dr. H. SOEWONDO KENDAL
Pengarang : Isticharoh, Teguh Anindito, M.kep
Kata Kunci   :Cemas, Pendidikan kesehatan, Prosedur invasif pemasangan infuse
Ibu melambangkan perlindungan, keamanan dan kenyamanan bagi anak. Kehadiran ibu saat anak mendapat tindakan invasif, dapat memberi pengaruh negatif atau positif tergantung pada peran ibu atau orang tua. Memberikan informasi merupakan bagian dari persiapan psikologis bagi orangtua dan anak sebelum dilakukan tindakan pemasangan infus. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan tentang prosedur invasif pemasangan infus pada anak usia sekolah (6-12 tahun) terhadap tingkat kecemasan keluarga. Desain penelitian adalah quasi eksperimen design menggunakan bentuk non equivalent control group design dimana menggunakan pre test – post test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acidental sampling. Hasil analisis dengan menggunakan uji wilcoxon didapatkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pengaruh pendidikan kesehatan tentang prosedur invasif pemasangan infus pada anak usia sekolah (6-12 tahun) terhadap tingkat kecemasan keluarga (p value = 0,002). Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan media pendidikan kesehatan bagi pasien dan keluarga sehingga dapat membantu menambah pengetahuan pasien khususnya tentang prosedur terapi infus secara umum.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2018 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |