ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN OBAT GENERIK DAN OBAT PATEN DALAM BERSWAMEDIKASI OLEH MASYARAKAT DI APOTEK SE-KABUPATEN PEKALONGAN
Kata Kunci   :Keputusan Penggunaan, Obat Generik, Obat Paten, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas
Keputusan penggunaan adalah proses yang melibatkan pertimbangan konsumen
untuk memilih dan menggunakan suatu produk atau layanan berdasarkan faktor-
faktor yang ada. Dalam berswamedikasi, keputusan penggunaan merujuk pada
proses pengambilan keputusan oleh masyarakat dalam memilih antara obat generik
dan obat paten. Menurut data DINKES tahun 2025 data Apotek di Kabupaten
Pekalongan sebanyak 127 Apotek. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis faktor-
faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan obat generik dan paten dalam berswamedikasi oleh masyarakat di Apotek Se-Kabupaten Pekalongan. Faktor-
faktor yang diteliti meliputi persepsi harga, persepsi kualitas, dan karakteristik
sosiodemografi seperti tingkat pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif observasional dengan teknik pengambilan
sampel secara purposive sampling dengan membagikan kuesioner kepada
responden. Hasil penelitian ditemukan bahwa Persepsi Harga berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan penggunaan obat pada indikator keterjangkauan
harga dan daya saing harga dengan perolehan Sig. sebesar 0,020 dan 0,037 (<0,05). Sedangkan pada Persepsi Kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan penggunaan obat pada indikator Kesan kualitas obat dengan perolehan
Sig. 0,000 (<0,05). Adapun pada variabel tingkat pendidikan tidak memiliki
hubungan signifikan terhadap keputusan penggunaan obat dengan perolehan Sig.
0,850 (>0,05). Hasil temuan persepsi harga mempengaruhi keputusan penggunaan
obat generik konsisten dengan konsep Perceived Benefit dan Perceived Barrier
dalam Theory Health Belief Model, yang menyatakan bahwa masyarakat melihat
harga murah sebagai manfaat, namun ragu terhadap kualitas sebagai hambatan
Keputusan penggunaan adalah proses yang melibatkan pertimbangan konsumen
untuk memilih dan menggunakan suatu produk atau layanan berdasarkan faktor-
faktor yang ada. Dalam berswamedikasi, keputusan penggunaan merujuk pada
proses pengambilan keputusan oleh masyarakat dalam memilih antara obat generik
dan obat paten. Menurut data DINKES tahun 2025 data Apotek di Kabupaten
Pekalongan sebanyak 127 Apotek. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis faktor-
faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan obat generik dan paten dalam berswamedikasi oleh masyarakat di Apotek Se-Kabupaten Pekalongan. Faktor-
faktor yang diteliti meliputi persepsi harga, persepsi kualitas, dan karakteristik
sosiodemografi seperti tingkat pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif observasional dengan teknik pengambilan
sampel secara purposive sampling dengan membagikan kuesioner kepada
responden. Hasil penelitian ditemukan bahwa Persepsi Harga berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan penggunaan obat pada indikator keterjangkauan
harga dan daya saing harga dengan perolehan Sig. sebesar 0,020 dan 0,037 (<0,05). Sedangkan pada Persepsi Kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan penggunaan obat pada indikator Kesan kualitas obat dengan perolehan
Sig. 0,000 (<0,05). Adapun pada variabel tingkat pendidikan tidak memiliki
hubungan signifikan terhadap keputusan penggunaan obat dengan perolehan Sig.
0,850 (>0,05). Hasil temuan persepsi harga mempengaruhi keputusan penggunaan
obat generik konsisten dengan konsep Perceived Benefit dan Perceived Barrier
dalam Theory Health Belief Model, yang menyatakan bahwa masyarakat melihat
harga murah sebagai manfaat, namun ragu terhadap kualitas sebagai hambatan
Referensi
- Abdullah, D., Anissa, M., & Dewi, N. P. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Generik di Kecamatan Sepuluh Koto, Nagari Singgalang, Kabupaten Tanah Datar. Health & Medical Journal, 1(2), 39–43. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.239
- Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.
- Aivalli, P. K., Elias, M. A., Pati, M. K., Bhanuprakash, S., Munegowda, C., Shroff, Z. C., & Srinivas, P. N. (2017). Perceptions of the quality of generic medicines: Implications for trust in public services within the local health system in Tumkur, India. BMJ Global Health, 2. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2017-000644
- Albari, & Kartikasari, A. (2020). The Influence of Service Quality and Price on Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 3(3), 647–654. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.3.08
- Alini, T. (2021). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Pemanfaatan Buku KIA. Jurnal Ilmiah Maksitek, 6 No.3(2655–4399), 18–19. https://doi.org/10.33867/c2byzp04
- Almohammed, O. A., Aldwihi, L. A., & Alhifany, A. A. (2020). Public knowledge, perception, and experience with generic medications in Saudi Arabia. Saudi Medical Journal, 41(4), 413–420. https://doi.org/10.15537/SMJ.2020.4.24992
- Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121
- Aufegger, L., Yanar, C., Darzi, A., & Bicknell, C. (2021). The risk-value trade-off: price and brand information impact consumers’ intentions to purchase OTC drugs. Journal of Pharmaceutical Policy and Practice, 14(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s40545-020-00293-5
- BPOM. (2022). Berita Negara Republik Indonesia Peraturan BPOM Nomor 14 Tahun 2022. Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia, 647, 1–31.
- BPS Kabupaten Pekalongan. (2024). Kabupaten Pekalongan Dalam Angka (Pekalongan Regency in Figures). In A. Faroh (Ed.), BPS Kabupaten Pekalongan. BPS-Statistics Pekalongan Regency.
- Buhalis, D. (2022). Encyclopedia of Tourism Management and Marketing. Edward Elgar Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.4337/9781800377486
- Dwijayanti, A., & Fatkhiyah, M. F. (2025). Analisis Pengetahuan Penggunaan Obat Paten dan Obat Generik di Desa Sukorejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang memberikan berbagai alat tes atau kuesioner yang berfokus pada materi yang akan diukur dari. Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 3, Nomor 1, 1–18.
- Guttier, M. C., Silveira, M. P. T., Luiza, V. L., & Bertoldi, A. D. (2017). Factors influencing the preference for purchasing generic drugs in a Southern Brazilian city. Revista de Saude Publica, 51:59, 1–11. https://doi.org/10.1590/S1518-8787.2017051006786 Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A.,
- Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In CV. Pustaka Ilmu (Vol. 5, Issue 1).
- Hassali, M. A., Alrasheedy, A. A., McLachlan, A., Nguyen, T. A., AL-Tamimi, S. K., Ibrahim, M. I. M., & Aljadhey, H. (2016). The experiences of implementing generic medicine policy in eight countries: A review and recommendations for a successful promotion of generic medicine use. Saudi Pharmaceutical Journal, 22(6), 491–503. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2013.12.017
- Hastono, S. P. (2017). Analisa Data Pada Bidang Kesehatan. Patent No. C00201701415.
- Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan. Cv. Absolute Media.
- Jagadeesan, C. T., & Wirtz, V. J. (2021). Geographical accessibility of medicines: a systematic literature review of pharmacy mapping. Journal of Pharmaceutical Policy and Practice, 14(1). https://doi.org/10.1186/s40545- 020-00291-7
- Jurnaiti, Lubis, A. R., & Hafasnudin. (2017). Pengaruh Consumer Involment, Kreadibilitas, Sumber Informasi dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Obat Pada Apotek Di Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Manajemen Dan Perbankan, 8, No. 3, 135–157. https://doi.org/10.1300/j026v19n01_05
- Kirana, E. K. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ekspedisi (Studi Pada Konsumen Jalur Nugraha Ekakurir). Manajemen Bisnis, 8(1), 37–46. https://doi.org/10.22219/jmb.v8i1.7052
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). United States?: Person Education.
- Kumar, G., Garg, A., Dhillon, J. K., Eranhikkal, A., & Smitha, M. (2019). Knowledge, attitude and practice regarding generic drugs and branded drugs: a cross sectional study. International Journal of Basic & Clinical Pharmacology, 8(9), 2069. https://doi.org/10.18203/2319-
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |