Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

PENGARUH FITUR PAYLATER, PROMOSI PENJUALAN, DAN LIFESTYLE TERHADAP PERILAKU E-IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE
Pengarang : Mitra Silfana, Sobrotul Imtikhanah, Teguh Purwan
Kata Kunci   :fitur paylater, promosi penjualan, lifestyle, positive emotion, e impulse buying

Keberadaan e-commerce dan belanja online mendukung adanya perilaku e
impulse buying. Mudahnya mengakses dan menggunakan sistem belanja online
melalui e-commerce, memberikan pengaruh besar terhadap gaya belanja dalam
kehidupan sehari-sehari. Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang
menawarkan berbagai fitur menarik kepada konsumennya. Penelitian ini dilakukan
pada pengguna Shopee yang berdomisili Pekalongan dan Batang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fitur paylater, promosi penjualan
dan lifestyle terhadap e-impulse buying serta peran variabel intervening yaitu
positive emotion dalam memediasi pengaruh secara tidak langsung. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan
melalui teknik purposive sampling, menggunakan 100 responden sebagai sampel
yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Menggunakan alat analisis SPSS
versi 26 dengan analysis path dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
fitur paylater, lifestyle berpengaruh terhadap e-impulse buying, positive emotion
berpengaruh terhadap e-impulse buying, positive emotion memediasi hubungan
antara fitur paylater, promosi penjualan, dan lifestyle terhadap e-impulse buying.
Adapun promosi penjualan tidak berpengaruh terhadap e-impulse buying.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Ahdiat, A. (2022). Rata-rata Jumlah Pengunjung Situs Shopee per Bulan (Kuartal I 2019-Kuartal II 2022). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan pengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022

Ahdiat, A. (2023). Jumlah Kunjungan ke 5 Situs E-Commerce Terbesar di Indonesia (Januari-September https://databoks.katadata.co.id/teknologi 2023). Databoks. telekomunikasi/statistik/1fac6f15645c8fb/pengunjung-shopee-makin banyak-bagaimana-e-commerce-lain

Altena, D. M. (2024). Pengaruh Shopeepay Later Dan Literasi Digital Terhadap Impulse Buying Pelanggan Shopee Kosmetik Melalui Mediasi Positive Emotion, Universitas Widya Dharma Klaten, 2024.

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis?: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132

Anggraini, N. A., & Anisa, F. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen Shopee Fashion Magelang dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 317–327.

Annur, C. M. (2022). Layanan Paylater Paling Sering Digunakan pada 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/12/shopee paylater-layanan-paylater-paling-banyak-digunakan-pada-2021

Annur, C. M. (2023). Jumlah pengguna Internet di Indonesia (Januari 2013 Januari 2023). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Armstrong, K. &. (2017). Manajemen Pemasaran, Strategi pemasaran dan Analisis strategi pemasaran, Perencanaan strategi pemasaran, Implementasi (Jilid 2). PT. Prenhallindo.

Arti, N. L. Y., Hartati, P. S., & Asrama, I. M. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen E-Commerce Shoppe. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Pariwisata, 3(2), 336–342.

Barokah, S., Asriandhini, B., & Putera, M. M. (2021). Emotional Shopping Sebagai Variabel Mediasi Gaya Hidup Dan Motivasi Belanja Hedonis Pada Keputusan Pembelian Impulsif Produk 3Second. Maker: Jurnal Manajemen, 7(2), 156–167. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.360

Batubara, Y. (2021). Fitur Transaksi Platform Gojek: Paylater Dalam Tinjauan Hukum Islam Dan Fatwa No. 116/Dsn-Mui/Iix/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah. El-Mashlahah, https://doi.org/10.23971/elma.v11i1.2626 11(1), 60–77. 

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Kencana.

Chan, G. F., Akhmad, I., & Hinggo, H. T. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Pekanbaru. Accounting and Business Journal, 2(1), 151–159. https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/400%0Ahttps://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/download/400/46

Chandra, F. T. dan G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Andi Offset.

Choirul, A., & Artanti, Y. (2019). Millennials’s Impulse Buying Behaviour: Why Positive Emotion Does not Mediate? Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, https://doi.org/10.14414/jebav.v22i2.1738 22(2), 223–236.

Chung, K. H., Yu, J. E., & Shin, J. (2015). The relationship among perceived value, brand image, customer satisfaction, and customer loyalty: The moderating effect of gender. Paper presented at the Proceedings of the 3rd International Congress on Interdisciplinary Behavior and Social Sciences. (1st ed.).

Denny Kurniawan, & Yohanes Sondang Kunto. (2013). Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1 8.

Devi, N. W. C., & Jatra, I. M. (2020). Positive Emotion Memediasi Sales Promotion Dan Store Environment Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p15 9(5), 1942.

Dhanty, W. R., Cahyati, A. V., Tiara, E., Sekolah, A., Ilmu, T., & Jayakarta, E. (2022). Analisis Pengaruh Kemudahan Paylater Pada Aplikasi Shopee Dan Promo Diskon Produk Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi pada Pengguna Shopee di DKI Jakarta). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Jayakarta, 04(01), 1–13.

Dhurup, M. (2014). Impulsive fashion apparel consumption: The role of hedonism, fashion involvement and emotional gratification in fashion apparel impulsive buying behaviour in a developing country. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 168–177. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n8p168

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk 126 penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish.

Engel, James F., et al. (1994). Perilaku Konsumen (jilid 1 ed). Binarupa Aksara.

Fahd, F. (2015). Analisis Pengaruh Promosi Dan Atmosfer Gerai Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Toko Busana Muslim Kharisma Banyumanik Semarang). Skripsi Mahasiswa Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, 1–65. http://eprints.undip.ac.id/45737/

Fauzi L.U et al. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis journal.umy.ac.id/index.php/bti Indonesia, 3(1), 1–12.

Fazrin, P. D., & Siregar, S. (2021). The Influence of Store Atmosphere Mediated by Positive Emotion on Impulse Buying. Almana?: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(3), 365–373. https://doi.org/10.36555/almana.v5i3.1640

Febria, M., & Oktavio, A. (2020). Peran Positive Emotion Sebagai Intervening Variable Antara Sales Promotion Dan Impulsive Buying Behaviour Pada Pengguna E-Wallet Pengunjung Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14 No (2).

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Qiara Media.

Gatot Wijayanto, Arwinence Pramadewi, Jushermi, Aulya Anindita Pratiwi, & Muhammad Syafi’i. (2023). The Effect of Sales Promotion and Shopping Lifestyle on Impulse Buying with Positive Emotion as a Mediating Variable for Shopee Customers in Pekanbaru City. Jurnal Multidisiplin Madani, 3(2), 425–432. https://doi.org/10.55927/mudima.v3i2.2389

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). UNDIP. Gilbert, David. (2003). Retailing Marketing Management (2th Edition). Endinburgh Gate: Pearson Educated Limited.

Gilbert, D. (2003). Retail Marketing Management. PrenticeHall.

Hadi Wiyono, S., Kusumaningtyas, D., Bian Raharjo, I., Nusantara PGRI Kediri, U., Ahmad Dahlan No, J. K., Kediri, K., Timur, J., & Artikel, I. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale, Dan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsif Pada Shopee. Simposium Manajemen Dan Bisnis II, 2, 497–505.

Hardyansah, Wolor C. W., R. (2024). Analisis Impulsive Buying E-Commerce (Studi pada Pengguna Shopee). Journal of Business Application | Mei, 3, 1-18.

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behavior: building marketing strategy. McGraw-Hill/Irwin.

Hawkins, del I., Mothersbaugh, David L., and Best, Roger J. (2007). Consumer Behavior (10th Edition McGraw Hill Australia.

Hernidatiatin, L. T., & Susijawati, N. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Intervening. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 75. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.493

Hoyer et al. (2013). Consumer Behavior (6th ed.). Cengage Learning.

Hude, M. Darwis. (2006). Emosi: Penjelajahan Religio-Psikologis tentang Emosi Manusia di dalam Al-Qur’an. PT. Erlangga.

Hulten, P., & Vanyushyn, V. (2011). Impulse purchases of groceries in France and Sweden. Journal of Consumer Marketing, 28(5), 376-384. http://dx.doi.org/10.1108/07363761111150026%0AIyer,

Indriantoro,N. dan B. Supomo. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen (Edisi Pert). BPFE.

Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The effects of mobile marketing, discount, and lifestyle on consumers’ impulse buying behavior in online marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1569–1577.

Iyer, G. R., Blut, M., Xiao, S. H., & Grewal, D. (2020). Impulse buying: a meta analytic review. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(3), 384 404. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00670-w

Jauhari, M. (2017). “Pengaruh Promosi, Diskon, Merek, Store Atmosphere, Dan Shopping Emotion Terhadap Impulse Buying Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta”. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 003(Mi), 5–24.

King, L. A. (2010). Psikologi Umum Buku 2. Salemba Humanika. Konsumen Online Indonesia Ternyata Tidak Impulsif. (2016). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi telekomunikasi/statistik/0636da801dc0204/konsumen-online-indonesia ternyata-tidak-impulsif

Kotler, P., & Keller, K.L. (2006). Marketing Management (12th ed.). Pearson Education, Inc.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Pearson 128 Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip; Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1). Erlangga.

Kotler P., Keller K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kumala, A. A. W., & Wardana, I. M. (2021). The Role of Positive Emotion in Mediating the Effect of Sales Promotion towards Impulse Buying. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 176–181. www.ajhssr.com

Kurniawan A., Fradani A. C., I. A. (2023). Pengaruh Fitur Pay Later dalam Aplikasi Shopee terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). 489–494.

Larasati, K. L. D., & Yasa, N. N. K. (2021). the Role of Positive Emotion in Mediating the Effect of Price Discount on Impulse Buying Indomaret Customers in Denpasar City, Indonesia. European Journal of Management and Marketing Studies, https://doi.org/10.46827/ejmms.v6i2.1009 6(2), 81–95.

Listriyani, L., & Wahyono. (2019). The Role of Positive Emotion in Increasing Impulse Buying. Management Analysis Journal, 8(3), 312–320. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/34265

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Mahdi, m ivan. (2021). 8 paylater dengan pengguna terbanyak, siapa memimpin? Data Indonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/8-paylater-dengan %0Apengguna-terbanyak-siapa-memimpin

Maley, N. M. S., Fanggidae, R. P. C., & Kurniawati, M. (2020). The Effect of Promotions, Prices, and Hedonic Shopping motives on the Implusive Buying Behavior of Shopee Users ( Study on Student FEB Udana). Ekonomi & Ilmu Sosial, 3(2), 124–126.

Marcelino, et. al. (2023). The Role of Positive Emotion in Mediating Sales Promotion towards Impulse Buying In E-Commerce Shopee (Study on Shopee Consumers in Denpasar City). International Journal of Multidisciplinary Research and https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i6-63 Analysis, 06(06), 2629–2640.

Mehrabian A, Russel, JA. (1974). An Approach to Environmental psychology. Mass: MIT press.

Melati, E. R., Heridiansyah, J., & Budiyono, R. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee. Jurnal Stie Semarang (Edisi 129 Elektronik), 15(2), 190–206. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.629

Melati, R., Yusnita, R. T., & Rahwana, K. A. (2022). Purchasing Decision Analysis Is Reviewed From Lifestyle, Price Perception And Product Quality. Journal of Indonesian Management https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.947 (JIM), 2(3), 905–918.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen (10th ed.). Erlangga.

Nastiti, Ninies Khairunisa, Treggana, Arlin Ferlina Mochamad, S.E., M. M. (2020). Pengaruh Utilitarian Browsing Dan Hedonic Browsing Terhadap E- Impulse Buying (Studi Pada Pengguna Blibli.Com Di Indonesia) The Effect of Utilitarian Browsing And Hedonic Browsing on E- Impulse Buying ( Study of Blibli.Com Users In Indonesia). 7(2), 6881–6888.

Natasia Pakpahan, R., & Budiman, J. (2022). Pengaruh Penggunaan Paylater Dalam E-Marketing Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Untan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(9), 1321–1330. https://doi.org/10.26418/jpkk.v11i9.57906

Negara, A. A. B. J., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Pengaruh Atmosfer Ritel Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif. E Jurnal Manajemen Universitas Udayana, https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i07.p18 7(7), 3944.

Noerviana, V., & Widyastuti. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Media. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 796–808. Nugroho, B., & Idris. (2018). Pengaruh Dimensi Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif. Diponegoro Journal Of Management, 7(4), 1 9.

Nugroho, S. J. (2010). Perilaku konsumen. Alfabeta.

Park, Eun Joo., Eun Young Kim., J. C. F. (2005). A Structural Model of Fashion Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management,Vol.10,No 4, Pp.433-446.

Park, J., & Lennon, S. J. (2006). Psychological And Environmental Antecedents Of Impulse Buying Tendency In The Multichannel Shopping Context. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 56-66.

Peranginangin, J., & Wahyu Romadlon, T. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Quality Of Website, Dan Discount Terhadap Perilaku E-Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee). Journal of Management and Social Sciences, 2(1), 130 142–160. www.liputan6.com Permatasari, Intan Mazidah, Arifin, Z., & Sunarti. (2017). Pengaruh Hedonic Consumption Dan Mediator Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif. Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, 43(2).

Peter, J. P. & J. C. O. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Jilid 1 E9). Salemba Empat.

Pipih Sopiyan, & Neny Kusumadewi. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.115

Pramesti, A. D., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Perilaku Impulse Buying pada Pengguna Shopee di Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 945–962. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1182

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458

Pratnyawati, G. D. T., & Mardiana. (2023). Pengaruh Shopee Paylater Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Uin Malang Jurusan Manajemen 2018-2020. Jurnal EKBIS?: Analisis, Prediksi, Dan Informasi, 24(1), 72–83.

Primadhyta, S. (2015). Generasi Millenial RI Paling Impulsif Belanja Barang Mewah. CNN Indonesia. https://cnnindonesia.com/ekonomi/2015110282452-92-88-999/generasi millenial-ri-paling-impulsif-belanja-barang-mewah

Putri, P. I. W., & Andani, I. G. A. K. S. (2023). Peran Positive Emotion Memediasi Pengaruh Sales Promotion Dan Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(01), 1558. https://doi.org/10.24843/eeb.2023.v12.i01.p03

Putro W R A, et Al. (2023). Mampukah Positive Emotion memediasi Shopping Life Style dan Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying generasi Z? 9(1), 356–363.

Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target?: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016 Rahmawati, N. T. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3(1), 1–12. 131

Reddyson, R., Franky, F., Leonardy, L., Yeng, H., & Leonardo, V. (2022). Pengaruh Fitur Paylater terhadap Sifat Belanja yang Konsumtif pada Remaja di Kota Batam. Jurnal Ecodemica?: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/eco.v6i2.13092

Renaldi, A., & Nurlinda, R. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion. Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship, 2(1), 46–61.

Risnandini, H. K., K. (2024). Pengaruh Hedonic Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Saleh, Adnan Achiruddin. (2018). Pengantar Psikologi. Penerbit Angkasa Timur.

Saleh, F. T. I. A., Syam, A., Jufri, M., Rakib, M., Asmayanti, Nurhikmah, A. R., & Sudarmi. (2023). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Journal of Management & Business, 6(1), 347–357. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4165

Sanoesi R.N.W.O, & Setiawan H. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 4, 1–25.

Saputra, I., Kuswardani, D. ., & Rusdianti, E. (2021). Peran Konsumsi Hedonis Dan Emosi Positif Belanja Dalam Meningkatkan Pembelian Impulsif. Jurnal Riset Ekonomi Dan https://doi.org/10.26623/jreb.v14i2.4227 Bisnis, 14(2), 108.

Saputro, I. B. (2019). Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(1), 35–47. Sari, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Consumer Behavior ((11th ed)). Pearson. Septiane, P. D. A., & Purmono, B. B. (2023). The Influence of Website Quality and Pay-Later Payment on Online Impulse Buying With Shopping Enjoyment As a Mediation Variable (Case on Generation Z Indonesian Shopee Customers). JEMBA: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(3), 44–65. https://doi.org/10.54783/jemba.v1i3.17 132

Setiawan, A. J., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Sale Sociolla. Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis, 10, 1. Solomon, M. R. (2007). Consumer Behaviour: Buying, Having, and Being. (Seventh Ed). Pearson Prentice Hall Sugiyono.

Sosianika, A., & Juliani, N. (2017). Studi Tentang Perbedaan Perilaku Pembelian Impulsif Berdasarkan Karakteristik Konsumen. Sigma-Mu, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.35313/sigmamu.v9i1.965 Sucidha, I. (2019). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. At-Tadbir?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31602/atd.v3i1.1705

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV. Sugiyono. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi (Yogyakarta). Pustaka Baru Press. Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Penerbit Ghalia. Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era internet (Implikasinya pada Strategi Pemasaran). Graha Ilmu.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Syamsuriana, N., Anggerwati, A. I., & Hikma, N. (2022). Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME?: Journal of Management, https://doi.org/10.2568/yum.v5i3.3067 5(3), 452–462. Trifiyanto, K. (2019). Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying. Jurnal Hummansi, 2(September), 29–37.

Utami, Christina Whidya. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat. Venia, M., Marzuki, F., & Yuliniar. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna E 133 commerce ). Korelasi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 929–941. Wardah, N. A., & Harti, H. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i2.2090 Manajemen), 8(2), 145–166.

Welsa, H., Cahyani, P. D., & Siahaan, S. N. (2021). Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan Outlet Biru Yogyakarta). Journal of Management & Business, 4(1), 1–14. http://journal.upgris.ac.id/index.php/stability

Wilujeng, S. (2017). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret di Kecamatan Sukun Kota Malang. Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang, 457–469. Wulandari, N. T., Prihatini, A. E., & Farida, N. (2023). Pengaruh Emosi Positif dan Promosi Penjualan terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi https://doi.org/10.14710/jiab.2023.37107 Bisnis, 12(1), 81–91.

Yusliyanti, D. Y. R. (2016). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pengunjung Roxy Square Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80280


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia