Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Penerimaan QRIS Sebagai Solusi Pembayaran Digital Bagi Pelaku UMKM di Pekalongan
Pengarang : Yuni Setyowati, Panca Kurniati, Panca Kurnia
Kata Kunci   :QRIS, UMKM, Pekalongan, Technology Acceptance Model

ABSTRAKSI
Kemajuan teknologi sudah memasuki ranah keuangan dan sistem
pembayara, kemajuan teknologi di era digital ini telah membawa perubahan pada
sistem pembayaran di Indonesia secara signifikan. Bank Indonesia dan Asosiasi
Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 1 Januari 2020, meluncurkan QRIS
sebuah sistem pembayaran, yang pembayarannya bisa melalui apa saja, contohnya
Mobile Banking dan Dompet Digital. Peluncuran QRIS digadang-gadang menjadi
sarana pembayaran wajib berbasis QR dari seluruh aplikasi pembayaran QR di
Indonesia. Adanya angka adopsi teknologi yang tinggi dan adanya ekosistem
cashless bagi masyarakat Indonesia membuat UMKM diwajibkan untuk
beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan
menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan QRIS pada pelaku UMKM
di Pekalongan, analisis dengan pendekatan Technology Acceptance Model.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik Snowball Sampling. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah software SmartPLS 4.0. Analisis data
dalam penelitian ini yaitu dengan pengujian model pengukuran (outer model),
pengujian model struktural (inner model) dan pengujian hipotesis (Bootstrapping).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use berpengaruh positif
signifikan terhadap Perceived Usefulness, Perceived Usefulness berpengaruh
positif signifikan terhadap Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use tidak
berpengaruh terhadap Attitude Toward Using, Attitude Toward Using berpengaruh
positif signifikan terhadap Behaioral Intention, Perceived Usefulness berpengaruh
positif signifkan terhadap Behavioral Intention dan Behavioral Intention
berpengaruh positif signifikan terhadap Actual Use.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ady Wahyono, Muhammad Arya Wirawan, & Abdul Yusuf. (2024). Analisis

Penerimaan Aplikasi Ajaib dengan Menggunakan Technology Acceptance

Model 3 (TAM 3). Economic Reviews Journal, 3(3), 2425–2436.

https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.404

Andriani, J., Wahyuningsih, A., & Indani, F. T. (2024). Bagaimana QRIS Menarik

Minat UMKM?? Keputusan Menggunakan QRIS Sebagai Teknologi

Pembayaran Studi Kasus?: UMKM Di Yogyakarta. 3(1).

Antaranews.com. (2024). No Title. Pengguna QRIS Di Indonesia Di Dominasi

UMKM. https://jogja.antaranews.com/berita/706943/pengguna-qris-d iindonesia-didominasi-umkm#:~:text=Menurut data Bank Indonesia%2C

transaksi,dari perbankan maupun lembaga keuangan

Bachtiar, A., & Juliansyah, A. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi

Penerimaan Mahasiswa Terhadap QRIS Menggunakan Technology

Acceptance Model (TAM). Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 7(2),

533–543.

Databoks. (2023). No Title. Ini Pertumbuhan Jumlah Pengguna QRIS Sampai Akhir

2022. https://databoks.katadata.co.id/ekonomimakro/statistik/7e4bedb48ac9cfc/ini-pertumbuhan-jumlah-pengguna-qrissampai-akhir-2022

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use,. DMIS

Quarterly, 13(3), 319–340.

Endang, Tarmizi, A., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Reward, Punishment dan

Motivasi Kerja Terhadap Kinerja (Studi Kasus pada Bank Mayapada Jakarta

Barat). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 219–241.

Fatmawati M, I. (2021). Determinasi Sikap Penggunaan Dan Minat Beli (Literature

Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 801–

814. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.646

Febriani, N. K. D., Utami, N. W., & Putri, I. G. A. P. D. (2023). Analisis Behavioral

Intention dan Use Behavior Quick Response Code Indonesian Standard

(QRIS) Pada UMKM Dengan Metode UTAUT 2 di Kota Denpasar. Jurnal

Ilmiah Teknologi Informasi Asia,

17(1), 67.

https://doi.org/10.32815/jitika.v17i1.890

Joesah, N. (2023). Keputusan Menggunakan QRIS pada UMKM Kulinier di

Margonda Kota Depok Ditinjau dari Persepsi Kemudahan dan Persepsi

Kegunaan dengan Minat Sebagai Variabel Intervening Otoritas Jasa

Keuangan ( OJK ) mendorong digitalisasi perbankan dengan di Indonesia ,

Ban. 4(1), 274–287.

Kamalia, N. F. N. M., & Fazizah, A. (2024). PENGARUH PERCEIVED 

USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED RISK

TERHADAP CONTINUE INTENTION TO USE MELALUI KEPUASAN

PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING BCA:(Studi Kasus Pada

Pengguna Mobile Banking BCA di Kota Malang). Musytari: Neraca

Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 8(6), 121–130.

Kresna, R. B., & SBM, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan, dan

Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Penggunaan Quick

Response Indonesia Standar (QRIS) Pada Pelaku UMKM di Kecamatan

Temanggung.

Diponegoro Journal of Economics, 11, 146–162.

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jme

Linggi, M., Atawarman, R., & Risakotta, K. A. (2024). PENGARUH PERSEPSI

KEMUDAHAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, KEAMANAN DAN SIKAP

PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN

PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD

(QRIS) PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM).

Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 5(1), 49–59.

Mentari Septynaputri Widodo. (2024). Pengaruh Impulse Buying Dan Sales

Promotion Terhadap Impulse Buying Dengan Gender Sebagai Variabel

Moderasi.

Jurnal Bisnis Terapan,

8(1), 36–44.

https://doi.org/10.24123/jbt.v8i1.6395

Nafisatur, M. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metode Pengumpulan

Data Penelitian, 3(5), 5423–5443.

Ndraha, A. B., Zebua, D., Zega, A., & Zebua, M. K. (2024). Dampak ekonomi

digital terhadap pertumbuhan UMKM di era industri 4.0. Jurnal Ilmu Ekonomi

Dan Bisnis, 1(1), 27–32.

Nisa, M., Sudarno, S., & Sugito, S. (2021). Moderating Structural Equation

Modeling Dengan Partial Least Square Pada Pemodelan Penerimaan Dan

Penggunaan Dompet Digital Di Kota Semarang. Jurnal Gaussian, 10(1), 66–

75. https://doi.org/10.14710/j.gauss.v10i1.30044

Nugraha, M. P. (2011). Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code

Reader dari Data Berbentuk Image.

Nugroho, R. H., & Andarini, S. (2020). Strategi pemberdayaan UMKM di pedesaan

berbasis kearifan lokal di era industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Bisnis

Indonesia, 1(01).

Paramitha, D. A., & Kusumaningtyas, D. (2020). No Title. 90.

Rohman, A. N., Mukhsin, M., & Ganika, G. (2023). Technology Acceptance Model

in Analyzing Actual Use of E - Commerce Tokopedia Indonesia. Jurnal

Ekonomi Manajemen Akuntansi Keuangan Bisnis Digital, 2(1), 25–36.

Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian

Metode Kuantitatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10.

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem

Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara

(1)(2)(3).

Jurnal Managemen Bisnis,

17(2), 287–297.

http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna

Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model ( TAM

). 3(1), 172–184.

Tri, H., Sihotang, M., Islam, U., Sumatera, N., Irwan, M., Nasution, P., Ekonomi,

F., Islam, B., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). PERBANDINGAN EFISIENSI

TRANSAKSI UANG DIGITAL DAN. 3(1), 245–252.

Triatmaja, M. F., Kuriniati, P., & Taufik, T. (2022). Analysis of Technology

Acceptance Model on Open Learning Acceptance (Case Study: Universitas

Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan).

Urecol Journal. Part G:

Multidisciplinary Research, 2(1), 17–25.

Usman, O., Alianti, M., & Fadillah, F. N. (2024). Factors affecting the intention to

use QRIS on MSME customers. International Journal of Applied Economics,

Finance and Accounting,

18(1), 77–87.

https://doi.org/10.33094/ijaefa.v18i1.1323

Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research

Agenda on Interventions Subject Areas: Design Characteristics, Interventions.

Decision Sciences, 39(2), 273–315. http://www.vvenkatesh.com/wpcontent/uploads/2015/11/Venkatesh_Bala_DS_2008.pdf

Wibisono, D., Ulum, F., & Megawaty, D. A. (2022). Pengukuran Kualitas Sistem

Informasi Kasir Terhadap Layanan Konsumen Menggunakan Metode CrispDm Variabel Servqual (Studi Kasus: Studio Foto Archa). Jurnal Teknologi

Dan Sistem Informasi (JTSI),

3(4), page-page.

http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Wicaksono, S. R. (2023).

ACCEPTANCE

(Issue March).

https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254

Widayati, Y. T., Komputer, F. I., & Code, B. (2015). Penggunaan barcode tidak

asing lagi di industri di seluruh dunia . Hal ini untuk memudahkan pelaku

industri dalam menjalankan usaha yang dimilikinya , barcode ini menyimpan

data spesifikasi seperti kode produksi , nomor identitas , dll sehingga sistem

kom. 1(1), 85–100.

Widyayanti, E. R., & Insiatiningsih, I. (2024). Pengaruh Digitalisasi Terhadap

Adopsi Teknologi UMKM Dalam Menggunakan Alat Pembayaran QRIS

(Quick Response Code Indonesia Standard).

JURNAL EKOBIS

DEWANTARA, 7(1), 785–803.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia