ABSTRAKSI
Kemajuan teknologi sudah memasuki ranah keuangan dan sistem
pembayara, kemajuan teknologi di era digital ini telah membawa perubahan pada
sistem pembayaran di Indonesia secara signifikan. Bank Indonesia dan Asosiasi
Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 1 Januari 2020, meluncurkan QRIS
sebuah sistem pembayaran, yang pembayarannya bisa melalui apa saja, contohnya
Mobile Banking dan Dompet Digital. Peluncuran QRIS digadang-gadang menjadi
sarana pembayaran wajib berbasis QR dari seluruh aplikasi pembayaran QR di
Indonesia. Adanya angka adopsi teknologi yang tinggi dan adanya ekosistem
cashless bagi masyarakat Indonesia membuat UMKM diwajibkan untuk
beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan
menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan QRIS pada pelaku UMKM
di Pekalongan, analisis dengan pendekatan Technology Acceptance Model.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik Snowball Sampling. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah software SmartPLS 4.0. Analisis data
dalam penelitian ini yaitu dengan pengujian model pengukuran (outer model),
pengujian model struktural (inner model) dan pengujian hipotesis (Bootstrapping).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use berpengaruh positif
signifikan terhadap Perceived Usefulness, Perceived Usefulness berpengaruh
positif signifikan terhadap Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use tidak
berpengaruh terhadap Attitude Toward Using, Attitude Toward Using berpengaruh
positif signifikan terhadap Behaioral Intention, Perceived Usefulness berpengaruh
positif signifkan terhadap Behavioral Intention dan Behavioral Intention
berpengaruh positif signifikan terhadap Actual Use.
DAFTAR PUSTAKA
Ady Wahyono, Muhammad Arya Wirawan, & Abdul Yusuf. (2024). Analisis
Penerimaan Aplikasi Ajaib dengan Menggunakan Technology Acceptance
Model 3 (TAM 3). Economic Reviews Journal, 3(3), 2425–2436.
https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.404
Andriani, J., Wahyuningsih, A., & Indani, F. T. (2024). Bagaimana QRIS Menarik
Minat UMKM?? Keputusan Menggunakan QRIS Sebagai Teknologi
Pembayaran Studi Kasus?: UMKM Di Yogyakarta. 3(1).
Antaranews.com. (2024). No Title. Pengguna QRIS Di Indonesia Di Dominasi
UMKM. https://jogja.antaranews.com/berita/706943/pengguna-qris-d iindonesia-didominasi-umkm#:~:text=Menurut data Bank Indonesia%2C
transaksi,dari perbankan maupun lembaga keuangan
Bachtiar, A., & Juliansyah, A. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi
Penerimaan Mahasiswa Terhadap QRIS Menggunakan Technology
Acceptance Model (TAM). Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 7(2),
533–543.
Databoks. (2023). No Title. Ini Pertumbuhan Jumlah Pengguna QRIS Sampai Akhir
2022. https://databoks.katadata.co.id/ekonomimakro/statistik/7e4bedb48ac9cfc/ini-pertumbuhan-jumlah-pengguna-qrissampai-akhir-2022
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use,. DMIS
Quarterly, 13(3), 319–340.
Endang, Tarmizi, A., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Reward, Punishment dan
Motivasi Kerja Terhadap Kinerja (Studi Kasus pada Bank Mayapada Jakarta
Barat). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 219–241.
Fatmawati M, I. (2021). Determinasi Sikap Penggunaan Dan Minat Beli (Literature
Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 801–
814. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.646
Febriani, N. K. D., Utami, N. W., & Putri, I. G. A. P. D. (2023). Analisis Behavioral
Intention dan Use Behavior Quick Response Code Indonesian Standard
(QRIS) Pada UMKM Dengan Metode UTAUT 2 di Kota Denpasar. Jurnal
Ilmiah Teknologi Informasi Asia,
17(1), 67.
https://doi.org/10.32815/jitika.v17i1.890
Joesah, N. (2023). Keputusan Menggunakan QRIS pada UMKM Kulinier di
Margonda Kota Depok Ditinjau dari Persepsi Kemudahan dan Persepsi
Kegunaan dengan Minat Sebagai Variabel Intervening Otoritas Jasa
Keuangan ( OJK ) mendorong digitalisasi perbankan dengan di Indonesia ,
Ban. 4(1), 274–287.
Kamalia, N. F. N. M., & Fazizah, A. (2024). PENGARUH PERCEIVED
USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED RISK
TERHADAP CONTINUE INTENTION TO USE MELALUI KEPUASAN
PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING BCA:(Studi Kasus Pada
Pengguna Mobile Banking BCA di Kota Malang). Musytari: Neraca
Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 8(6), 121–130.
Kresna, R. B., & SBM, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan, dan
Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Penggunaan Quick
Response Indonesia Standar (QRIS) Pada Pelaku UMKM di Kecamatan
Temanggung.
Diponegoro Journal of Economics, 11, 146–162.
http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jme
Linggi, M., Atawarman, R., & Risakotta, K. A. (2024). PENGARUH PERSEPSI
KEMUDAHAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, KEAMANAN DAN SIKAP
PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN
PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD
(QRIS) PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM).
Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 5(1), 49–59.
Mentari Septynaputri Widodo. (2024). Pengaruh Impulse Buying Dan Sales
Promotion Terhadap Impulse Buying Dengan Gender Sebagai Variabel
Moderasi.
Jurnal Bisnis Terapan,
8(1), 36–44.
https://doi.org/10.24123/jbt.v8i1.6395
Nafisatur, M. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metode Pengumpulan
Data Penelitian, 3(5), 5423–5443.
Ndraha, A. B., Zebua, D., Zega, A., & Zebua, M. K. (2024). Dampak ekonomi
digital terhadap pertumbuhan UMKM di era industri 4.0. Jurnal Ilmu Ekonomi
Dan Bisnis, 1(1), 27–32.
Nisa, M., Sudarno, S., & Sugito, S. (2021). Moderating Structural Equation
Modeling Dengan Partial Least Square Pada Pemodelan Penerimaan Dan
Penggunaan Dompet Digital Di Kota Semarang. Jurnal Gaussian, 10(1), 66–
75. https://doi.org/10.14710/j.gauss.v10i1.30044
Nugraha, M. P. (2011). Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code
Reader dari Data Berbentuk Image.
Nugroho, R. H., & Andarini, S. (2020). Strategi pemberdayaan UMKM di pedesaan
berbasis kearifan lokal di era industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Bisnis
Indonesia, 1(01).
Paramitha, D. A., & Kusumaningtyas, D. (2020). No Title. 90.
Rohman, A. N., Mukhsin, M., & Ganika, G. (2023). Technology Acceptance Model
in Analyzing Actual Use of E - Commerce Tokopedia Indonesia. Jurnal
Ekonomi Manajemen Akuntansi Keuangan Bisnis Digital, 2(1), 25–36.
Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian
Metode Kuantitatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10.
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem
Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara
(1)(2)(3).
Jurnal Managemen Bisnis,
17(2), 287–297.
http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna
Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model ( TAM
). 3(1), 172–184.
Tri, H., Sihotang, M., Islam, U., Sumatera, N., Irwan, M., Nasution, P., Ekonomi,
F., Islam, B., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). PERBANDINGAN EFISIENSI
TRANSAKSI UANG DIGITAL DAN. 3(1), 245–252.
Triatmaja, M. F., Kuriniati, P., & Taufik, T. (2022). Analysis of Technology
Acceptance Model on Open Learning Acceptance (Case Study: Universitas
Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan).
Urecol Journal. Part G:
Multidisciplinary Research, 2(1), 17–25.
Usman, O., Alianti, M., & Fadillah, F. N. (2024). Factors affecting the intention to
use QRIS on MSME customers. International Journal of Applied Economics,
Finance and Accounting,
18(1), 77–87.
https://doi.org/10.33094/ijaefa.v18i1.1323
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research
Agenda on Interventions Subject Areas: Design Characteristics, Interventions.
Decision Sciences, 39(2), 273–315. http://www.vvenkatesh.com/wpcontent/uploads/2015/11/Venkatesh_Bala_DS_2008.pdf
Wibisono, D., Ulum, F., & Megawaty, D. A. (2022). Pengukuran Kualitas Sistem
Informasi Kasir Terhadap Layanan Konsumen Menggunakan Metode CrispDm Variabel Servqual (Studi Kasus: Studio Foto Archa). Jurnal Teknologi
Dan Sistem Informasi (JTSI),
3(4), page-page.
http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Wicaksono, S. R. (2023).
ACCEPTANCE
(Issue March).
https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254
Widayati, Y. T., Komputer, F. I., & Code, B. (2015). Penggunaan barcode tidak
asing lagi di industri di seluruh dunia . Hal ini untuk memudahkan pelaku
industri dalam menjalankan usaha yang dimilikinya , barcode ini menyimpan
data spesifikasi seperti kode produksi , nomor identitas , dll sehingga sistem
kom. 1(1), 85–100.
Widyayanti, E. R., & Insiatiningsih, I. (2024). Pengaruh Digitalisasi Terhadap
Adopsi Teknologi UMKM Dalam Menggunakan Alat Pembayaran QRIS
(Quick Response Code Indonesia Standard).
JURNAL EKOBIS
DEWANTARA, 7(1), 785–803.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |