Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL X TERHADAP FENOMENA TECH WINTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER
Pengarang : Mohammad Firdan, Hadwitya Handayani Kusumawardh, Imam Rosya
Kata Kunci   :Analisis Sentimen, Media Sosial X, Naive Bayes Classifier, Tech Winter

Fenomena Tech Winter telah menjadi isu yang hangat diperbincangkan di media sosial, khususnya platform X. Tech Winter merujuk pada perlambatan pertumbuhan sektor teknologi yang ditandai dengan pengurangan investasi dan pemutusan hubungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat terhadap fenomena tersebut menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Data dikumpulkan melalui crawling dari platform X, kemudian diproses dengan cleaning, stopword removal, stemming, serta pembobotan menggunakan TF-IDF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen negatif mendominasi dengan 73,61%, diikuti oleh netral 14,05% dan positif 12,34%. Dalam klasifikasi emosi, kategori takut memiliki persentase tertinggi sebesar 61,43%, diikuti oleh antisipasi 25,88%, sedih 4,84%, marah 4,04%, dan senang 3,81%. Model Naive Bayes Classifier menunjukkan akurasi 83% untuk sentimen dan 76% untuk emosi. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi perusahaan teknologi dan pembuat kebijakan terkait fenomena Tech Winter.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Andrian, E., & Isnain, A. R. (2024). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Tiktok Shop di Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Media Informatika Budidarma, 8(2), 788. https://doi.org/10.30865/mib.v8i2.7530

Athira Luqyana, W., Cholissodin, I., & Perdana, R. S. (2018). Analisis Sentimen Cyberbullying pada Komentar Instagram dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), 4704–4713. http://j-ptiik.ub.ac.id

Darwis, D., Siskawati, N., & Abidin, Z. (2021). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 131. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.744

Ernayanti, T., Mustafid, M., Rusgiyono, A., & Hakim, A. R. (2023). Penggunaan Seleksi Fitur Chi-Square Dan Algoritma Multinomial Naïve Bayes Untuk Analisis Sentimen Pelangggan Tokopedia. Jurnal Gaussian, 11(4), 562–571. https://doi.org/10.14710/j.gauss.11.4.562-571

Farros, M., Haq, I., Rosyadi, I., Nasir, M., & Khambali, A. (2024). Sentiment Analisis Ulasan Aplikasi Livin Pada Google Play Store. 14(1), 24–29.

Fauzianto, R. A., & Supatman. (2023). Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Tech Winter Pada Twitter Menggunakan Natural Language Processing. Jurnal Syntax Admiration, 3(9), 1577–1585. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i9.909

Karsito, & Santi, S. (2019). Klasifikasi Kelayakan Peserta Pengajuan Kredit Rumah Dengan Algoritma Naïve Bayes Di Perumahan Azzura Residencia. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 9, 43–48.

Kholilullah, M., Martanto, M., & Hayati, U. (2024). Analisis Sentimen Pengguna Twitter(X) Tentang Piala Dunia Usia 17 Menggunakan Metode Naive Bayes. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 392–398. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8378

LING, J., N. KENCANA, I. P. E., & OKA, T. B. (2014). Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Dengan Seleksi Fitur Chi Square. E-Jurnal Matematika, 3(3), 92. https://doi.org/10.24843/mtk.2014.v03.i03.p070

Manullang, O., Prianto, C., & Harani, N. H. (2023). Analisis Sentimen Untuk Memprediksi Hasil Calon Pemilu Presiden Menggunakan Lexicon Based Dan Random Forest. Jurnal Ilmiah Informatika, 11(02), 159–169. https://doi.org/10.33884/jif.v11i02.7987

Mas Pintoko, B., & Muslim, K. (2018). Analisis Sentimen Jasa Transportasi Online pada Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. E-Proceeding of Engineering, 5(3), 8121–8130.

Munawaroh, A., Ridhoi, R., & Rudiman, R. (2024). Sentiment Analysis Dengan Naïve Bayes Berbasis Orange Terhadap Resiko Pembangunan Ikn. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 587–592. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8454

Mutiara, Z., Antonius, B., & Leviane, J. H. L. (2020). Twitter Sebagai Media Mengungkapkan Diri Pada Kalangan Milenial. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Sam Ratulangi, 1–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31979/30381

Nadhifah, S., Nur Aini, F., Handayani K, H., & Febriyanto, M. Y. (2024). Analisis Sentiment Ulasan Aplikasi Gopay Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Shafa. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(1), 339–348. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4929

Obey Al Farobi. (2021). Implementasi Metode Support Vector Machine ( Svm ) Untuk Mengetahui Respon Masyarakat Indonesia Terhadap Implementasi Metode Support Vector Machine ( Svm ) Untuk Mengetahui Respon Masyarakat Indonesia Terhadap. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 82. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65151%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/65151/1/OBEY AL FAROBI-FST.pdf

Prasetyo, V. R., Erlangga, G., & Prima, D. A. (2023). Analisis Sentimen untuk Identifikasi Bantuan Korban Bencana Alam berdasarkan Data di Twitter Menggunakan Metode K-Means dan Naive Bayes. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(5), 1055–1062. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231057077

Puspitasari, A. N., Findawati, Y., & Rahmawati, Y. (2024). Analisis sentimen. 9(3), 1123–1132.

Rismawan, S. A., & Syahidin, Y. (2023). Implementasi Website Berita Online Menggunakan Metode Crawling Data Dengan Bahasa Pemrograman Python. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi , 10(3), 167–178. http://jurnal.mdp.ac.id

Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Jurnal SIMETRIS, 10(2), 681–686.

Subowo, E., Fath, H. Al, & Haryanto, J. N. (2024). Algoritma Support Vector Machine dalam Analisis Sentimen Aplikasi Primer League Pada Google Play Store. 14(1), 13–17.

Subowo, E., & Ribowo, T. J. (2021). Sentiment Embeddings Word2Vec Pada Klasifikasi Kepuasan Karyawan Pada Manajemen Rto Group. Jurnal Surya Informatika: Membangun …, 10(1), 44–48. https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/view/1122%0Ahttps://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_informatika/article/download/1122/852

Supriyatna, S., & Fahrudin, E. (2024). Pemanfaatan Algoritma Text Mining Dalam Menemukan Pola Risiko Bencana Sebagai Pengetahuan Kebencanaan Dari Dokumen Kajian Risiko Bencana (Krb) 1*. Jurnal Informatika Utama, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.55903/jitu.v2i1.xx

Toy, K. V. S., Sari, Y. A., & Cholissodin, I. (2021). Analisis Sentimen Twitter menggunakan Metode Naive Bayes dengan Relevance Frequency Feature Selection (Studi Kasus: Opini Masyarakat mengenai Kebijakan New Normal). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(11), 5068–5074. http://j-ptiik.ub.ac.id

unairnews. (n.d.). Kejatuhan Start Up dan Fenomena Tech Winter yang Berkelanjutan - Universitas Airlangga Official Website. Https://Unair.Ac.Id/Kejatuhan-Start-up-Dan-Fenomena-Tech-Winter-Yang-Berkelanjutan/.

Zidan, M. (2022). Analisis Sentimen Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Berdasarkan Respon Pengguna Media Sosial Twitter Di Indonesia Menggunakan Metode Naive Bayes. In Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia