Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

FAKTOR PENENTU MINAT NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH: PENGARUH MODERASI RELIGIUSITAS DI KSPPS MANDIRI UMAT
Pengarang : Eliza Intan Syavinaz, Usamah, Usam
Kata Kunci   :Kata kunci: Minat nasabah, pembiayaan Murabahah, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, religiusitas.

Penelitian ini menganalisis pengaruh harga, promosi, pelayanan, dan kepercayaan terhadap minat nasabah dalam pembiayaan akad Murabahah di KSPPS Mandiri Umat Kota Pekalongan, dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Menggunakan sumber data primer dari 110 responden melalui media kuesioner, analisis dilakukan dengan regresi linier berganda dan MRA. Hasil analisis menunjukkan seluruh variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat, serta religiusitas memoderasi hubungan tersebut. Keputusan nasabah dipengaruhi kombinasi motivasi spiritual dan pertimbangan rasional seperti layanan, keuntungan, dan promosi.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Abu Ahmadi, Psikologi Umum, (Jakarta: Rieneka Uji Cipta. 1998), hal. 151

Andrini, R. (mei 2020). PELAYANAN BANK SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MAHASISWA(STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU). volume,3 Islamic Banking and Finance, 7 

Dewi, Anggriani. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Bank Syariah di Kota Palopo. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo Vol.4 No.2

Hamid, Abdul. 2007. Buku Panduan Menulis Skripsi. jakarta: FEIS UIN Press

Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran Cara Praktis Meneliti Konsumen Dan Pesaing. 2nded. jakarta: PT Gramedia Pustaka Tama. Karim, Adiwarman. 2008. EKonomi Makro Islam. jakarta: raja grafindo persada.

MasyithohNDAnalisis normatif undang-undang no.1 tahun2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atas status badan hukum dan pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil(BMT)jurnal EconomicaVolume V/Edisi 2/Oktober 2014.

Nastiti,N.H.(2018). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Perbankan, Pengetahuan produk Perbankan, Pengetahuan Pelayanan Perbankan, Dan Pengetahuan Bagi Hasil Terhadap Preferensi Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis.

Puspaningtyas, Lida. (2023, Oktober 13). OJK: Pangsa Pasar Perbankan Syariah Indonesia Tumbuh Jadi 7,3 Persen. Republika. https://sharia.republika.co.id/berita/s2gmmm502/ojkpangsa-pasar-perbankan-syariah-indonesia-tumbuh-jadi-73- persen.

Syafaah, Nurul, and Khozainul Ulum. 2022. “Peran PembiayaanMurabahah Di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio DalamMeningkatkan Pendapatan UMKM Pasar Sugio Lamongan.” JES (Jurnal Ekonomi Syariah) 7(1):95–103.

WirosoJual Beli Murabahah. Yogyakarta: UII Press, 2005.

www.ojk.go.id. Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2024.

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia