Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTEK ARISAN (Studi Kasus Di Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan)


Pengarang : Maharani Putri Widya Farma, Yohani, Nur Kholid


Kata Kunci   :Keywords: Accounts Payable (Qardh), Additional money (Riba), Arisan, Deposit or Entrust (Wadi ah), Habit ( Urf). Kata kunci : Arisan, Fatwa Hai-ah Kibar Ulama di Kerajaan Saudi Arabia Keputusan No. 164 tanggal 26/2/1410 H, Kelurahan Bener, Ekonomi Islam, Hutang piutang (Qardh), Kebiasaan (‘Urf), Titipan atau Menitip (Wadi’ah), Tambahan uang (Riba), Tolong menolong.

Arisan is an association or event for women who help neighbors, maintain friendly relations among humans, send gifts, etc., but at the event, men are not necessarily there. Taking place in Bener Village, this research using qualitative methods based on field studies aims to explain the implementation of arisan practices and an Islamic Economic review of arisan practices in Bener Village. Interviews were conducted with 5 representative informants, because they had participated in arisan for a long time and had a lot of knowledge. The results of the study show that the practice of arisan is carried out once a month in rotation. The women agreed to deposit money and sugar. There is a habit ('urf) to help each other, such as debts, establishing friendly ties between human beings, and interesting things. The author concludes that the practices carried out by the people of Bener Village are included in accounts payable. Accordingly, at the level of Islamic Economics from the implementation of social gathering practices. Appropriate, because if viewed from Islamic Economics on the practice of arisan in the Bener Village, the accounting treatment is in accordance with the Fatwa of Haiah Kibar Ulama in the Kingdom of Saudi Arabia, Decree No. 164 dated 26/2/1410 H there is additional money voluntarily, even though there is no agreement with the treasurer. The implication of this research is that fellow Muslim communities must help each other. Avoid accounts payable (qardh) in Islamic Economics, so that the social gathering program is appropriate. Arisan yaitu sebuah perkumpulan atau acara ibu-ibu yang ada tolong menolong sesama tetangga, menjaga tali silaturahmi sesama manusia, serta menitip, dan lain-lain tetapi diacara bapak-bapak belum tentu ada. Bertempat di Kelurahan Bener, penelitian dengan metode kualitatif berbasis studi lapangan ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan praktik arisan dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap praktik arisan di Kelurahan Bener. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang informan yang mewakili, sebab sudah lama ikut arisan dan banyak pengetahuannya. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan praktik arisan dilaksanakan satu bulan sekali secara bergiliran. Lalu ibu-ibu bersepakat menyetorkan arisan uang dan gula pasir. Ada kebiasaan (‘urf) untuk tolong menolong seperti hutang piutang, menjalin tali silaturahmi antar sesama manusia, dan menitip. Penulis menyimpulkan bahwa praktik yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Bener termasuk dalam hutang piutang. Sesuai, pada tinjau Ekonomi Islam dari pelaksanaan praktik arisan. Sesuai, sebab jika ditinjau dari Ekonomi Islam terhadap praktik arisan di Kelurahan Bener dari perlakuan akuntansi sesuai dengan Fatwa Hai-ah Kibar Ulama di Kerajaan Saudi Arabia Keputusan No. 164 tanggal 26/2/1410 H ada tambahan uang secara sukarela, walaupun tidak ada perjanjian kepada bendahara. Implikasi dari penelitian ini yaitu pihak masyarakat sesama muslim harus saling membantu atau tolong menolong. Hindari dari hutang piutang (qardh) dalam Ekonomi Islam, supaya acara arisan itu sesuai.

Referensi

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Almanshur, F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-ruzz Media.

 

Amelia, R., & Mulyani, A. (2021). Analisis Praktik Arisan Barang di Desa Wawonduru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu dalam Perspektif Ekonomi Islam. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(1), 51–64. https://doi.org/10.52266/jesa.v4i1.745

 

Antonio, M. S. (2001). Bank syariah: dari teori ke praktik. Gema Insani.

 

Arifiyanto, M., & Kholidah, N. (2021). Analisis pengaruh pengetahuan produk, persepsi manfaat dan promosi terhadap minat penggunaan uang elektronik berbasis server. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi).7(3).

 

Armen, R. E., Mualim, M., & Rukiah, R. (2021). Tinjauan Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Arisan Kurban Studi Kasus Di Desa Pamijahan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Al Barakat-Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 1(01), 1.

 

Astuti, N. (2019). TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP SISTEM ARISAN PETANI SAWIT ( Studi Di Desa Sukasari Kabupaten Seluma) SKRIPSI.

 

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S. I. K. M. S., & Dr. Patta Rapanna, S. E. M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

 

Erwandi,  T.  (2019).  Praktik  Arisan  Barang  Dalam  Kajian  Hukum  Ekonomi Syariah (Studi di Desa Sebangau Permai Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau). IAIN Palangka Raya.

 

Fariha, U., Nurmutiazifah, A., & Ardyanto. (2022). Sidrap dalam Angka 2022 (B.

K. Pekalongan (ed.)). BPS Kabupaten Pekalongan. Hakim, A. A. (2011). Fiqih Perbankan Syariah.

Hakim, M. R., & Kholidah, N. (2020). Hak Merek Sebagai Jaminan Gadai Untuk Permodalan Umkm Industri Kreatif Kerajinan Batik. Pena Justisia: Media Komunikasi dan Kajian Hukum18(2).

 

Hani,  U.  (2021).  Buku  Ajar  Fiqih  Muamalah.  Universitas  Islam  Kalimantan

Muhammad Arsyad Al-Banjary.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan (Edisi Satu). Rajawali Pers. Muhammad.  (2016).  Manajemen  Keuangan  Syariah  Analisis  Fiqh  Keuangan.

UPP STIM YKPN.

 

Kholidah, N., & Salma, A. N. (2019). Filantropi kreatif: Pemberdayaan ekonomi umat berbasis zakat produktif pada program 1000 UMKM LAZISMU Kabupaten Pekalongan. Cakrawala: Jurnal Studi Islam14(2), 93-101.

Kholidah, N., Hakim, M. R., & Purwanto, E. (2019). Analisis Kinerja Reksadana Saham Syariah Dengan Metode Sharpe, Treynor, Jensen, M², dan TT. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE)1(2), 29-40.

Kholidah, N., & Hakim, M. R. (2021). Analysis of zakat empowerment in the era of pandemy COVID-19 towards impossible material and spiritual aspects Mustahik. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam7(3), 1653-1662.

Lutfiani, H. (2021). The Moderating Role of Information Technology in The Performance of Baitut Tamwil Muhammadiyah in Central Java Indonesia. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC)5(2), 104-113.

Muhammadiyah. (2015). Mushaf At Tanwir Al- Qur’an dan Terjemah.

 

Munandar,        A.        (2015).        Mengenal        Riba        dan        Bahayanya.

Https://Sef.Feb.Ugm.Ac.Id/Mengenal-Riba-Dan-Bahayanya/.

 

Nur,  A.  (2022).  Arisan  Menurun  Online  dalam  Perspektif  Hukum  Islam

Kontemporer. Shautuna Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 3

No.1(1), 55.


 

 

 

 

 

 

Nur, A., & Satrawati, N. (2022). Arisan Menurun Online dalam Perspektif Hukum Islam Kontemporer. Shautuna Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 3(1), 53–63.

 

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. (2019). Ekonomi Islam. PT Rajagrafindo Persada.

 

Putri,  A.  R.,  &  Suryaningsih,  S.  A.  (2018).  Analisis  Kegiatan Arisan Dalam Perspektif Islam Di Kelurahan Sememi Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 1(1).

 

Rahmawati,  S.,  &  Istianah,  I.  (2022).  Transformasi  Arisan  dalam  Prespektif

Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 99–116.

 

Ramadhita,  R.,  &  Khoiriyah,  I.  R.  (2020).  Akad  arisan  online: antara  tolong menolong dan riba? Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial,

8(01), 25–42.

 

Rivai, V., & Buchari, A. (2009). ISLAMIC ECONOMICS Ekonomi Syariah Bukan

OPSI. Tetapi SOLUSI?! PT Bumi Aksara.

Rozikin, M. R. (2018a). Hukum Arisan dalam Islam. NIZHAM, 6(2), 25–38. Rozikin, M. R. (2018b). HUKUM ARISAN DALAM ISLAM Kajian Fikih terhadap

Praktik ROSCA (Rotating Savings and Credit Association). Penerbit?: UB

Press.

 

Sah, Y., & Fauziah, E. (2021). Analisis Fikih Muamalah terhadap Tukar Menukar

Nomor Undian Arisan. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1–6.

 

Saputro, A. (2019). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Arisan di Desa Jurug Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (Vol. 8, Issue 5).

 

Sari, R., & Nuzur, M. (2021). Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktek Arisan Beranak (Studi Kasus Desa Sidorejo Kecamatan Wonomulyo). J-Alif: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 6(1), 107–117.

 

Sasongko,     A.    (2017).    Halalkah    Arisan    Kaum    Ibu?    REPUBLIKA. https://khazanah.republika.co.id/berita/ojtrd0313/halalkah-arisan-kaum- ibu#:~:text=berdasarkan  fatwa  MUI  DKI  Jakarta,kolektif  kepada  peserta arisan lainnya

 

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit

Alfabeta.

 

Susilo, E. (2018). Pengawasan Syariah Pada Lembaga Keuangan Syariah. UPP STIM YKPN.


 

 

 

 

 

 

Syafei, R. (2010). Ilmu Ushul Fiqh. Pustaka Setia.

 

Usamah, U. (2022). THE MODERATION ROLE OF GENDER ON THE FINANCIAL PERFORMANCE OF BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH IN INDONESIA. Jurnal Ekonomi & Bisnis Islam8(1).

Yavie, M. (2019). Perspektif Hukum Islam terhadap arisan gula ibu PKK di

Perum Slamaran Kelurahan Krapyak Kota Pekalongan. IAIN Pekalongan. Sumber : Data Papan Informasi Kelurahan Bener.

Sumber : Struktur Organisasi Kelurahan Bener.

 

https://dapo.kemdikbud.go.id, Semester Ganjil 2021/2022

 

 

Wawancara :

 

 

Pak Jamhur Kamal, selaku PNS atau Pensiunan Lurah (Hari Kamis, 02 Maret

2023, pukul 17:10-17:21).

 

Bu Ratih, selaku seksi PKK Kelurahan Kelurahan Bener (Hari Selasa, 28 Maret

2023, pukul 10:00-10:15).

 

Bu Yaizah, selaku bendahara 2 PKS Mawar Kelurahan Bener.

 

Bu  Ning  Faizah,  selaku  anggota  PKS  Mawar  Merah  Kelurahan  Bener  (Hari Jumat, 03 Maret 2023, dan pukul 14:09-14:14, serta tempat di rumah Bu Nur Nurhanah).

 

Bu Hj. Nur Baety, selaku anggota PKS Mawar Kelurahan Bener (Hari Senin, 06

Maret 2023, pukul 17:42-17:48, dan di rumah Bu Hj. Nur Baety).

 

Bu Nafisatun, selaku anggota PKS Kamboja Kelurahan Bener (Hari Jumat, 10

Maret 2023, pukul 14:07-14:14, tempat : Bu Iroh).

 

Bu Sri Sukmawati, selaku ketua PKS Melati Mekar Kelurahan Bener (Hari Jumat,

17 Maret 2023, pukul 17:09-17:19, dan tempat di rumah Bu Nur Aini).

Bu Citra Melati, selaku bendahara PKS Sedap Malam Kelurahan Bener (Hari

 

Selasa, 14 Maret 2023, pukul 17:32-17:38, tempat : Bu Tika).

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2023
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia