PENGARUH KOMPRES DINGIN TERHADAP TINGKAT NYERI ANAK USIA PRA SEKOLAH USIA 4 - 6 TAHUN SAAT INSERSI INTRAVENA LINE DI IGD RS KAROMAH HOLISTIC
Pengarang : Sandy Priandhana, Dafid Arifiyanto
Kata Kunci   :Anak Usia Pra, Kompres Dingin, Nyeri, Pemasangan Infus
Latar Belakang: Prosedur pemasangan infus pada anak usia sekolah merupakan prosedur invasifyang mengakibatkan nyeri. Nyeri yang tidak ditangani dapat menimbulkan kesulitan tidur, ansietas, ketidakberdayaan dan keputusasaan. Kompres dingin merupakan salah satu tindakan keperawatan yang mampu mengurangi nyeri dengan memberikan efek anestesi lokal pada area yang akan dipasang infus. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kompres Dingin Terhadap Tingkat Nyeri Anak Usia Pra Sekolah Usia 4 - 6 Tahun Saat insersi intravena line di Igd Rs Karomah Holistic.
Metode: Peneltian ini merupakan penelitian pre-eksperimental designs jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random samplin. Sampel penelitian ini adalah pasien anak usia pra sekolah di IGD RS Karomah Holistic sebanyak 28 orang. Kompres dingin dilakukan sesuai dengan SOP selama 3 menit. Pengukuran nyeri menggunakan instrumen Wong Baker Pain Rating Scale. Analisis data menggunakan Uji T-test.
Hasil: Hasil penerapan Kelompok intervensi 42,9% masuk dalam skor nyeri 4 sedangkan pada Kelompok kontrol 42,9% masuk dalam skor nyeri 6, Pengaruh kompres dingin terhadap tingkat nyeri anak usia pra sekolah usia 4 - 6 tahun Saat insersi intravena line di IGD RS Karomah Holistic dengan hasil nilai P value 0,001 (<0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh kompres dingin terhadap tingkat nyeri anak usia pra sekolah usia 4 - 6 tahun Saat insersi intravena line di IGD RS Karomah Holistic.
Simpulan: terapi kompres dingin dapat menurunkan nyeri Saat Pemasangan Infus. Perawat diharapkan melakukan dan mengajarkan tindakan keperawatan kompres dingin sehingga dapat mengatasi nyeri saat pemasangan infus
Referensi
Alfianur et al. (2021). Modul Praktikum Keperawatan Anak. Penerbit Adab.
Ambarwati, E. R. (2017). KDPK kebidanan teori dan aplikasi. Nuha Medika.
Anggraini dan Dania. (2017). Modul Keperawatan Anak I. In Yudha English Gallery (Vol. 1, Issue 1). Yudha English Gallery.
Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah. Journal of Health Sciences, 12(02), 15–29. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.996
Fatriansari. (2019). Pengaruh Kompres Dingin Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pemasangan Infus Pada Anak Pra Sekolah Asih Fatriansari Program Studi Ilmu Keperawatan , STIK Siti Khadijah Palembang PENDAHULUAN Anak dengan berbagai Asih F. 11(December 2018), 44–52.
Giri Susilo et al. (2022). Buku Modul Standar Operasional Prosedur (SOP) Keterampilan Keperawatan. Lembaga Omega Medika.
Hidayat, A. Alimul Aziz dan Uliah, M. (2015). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Edisi 2-Buku 2. Salemba Medika.
João Braz. et al. (2016). Transmitting pain and itch messages: A contemporary view of the spinal cord circuits that generate Gate Control. 4(1), 1–23.
Judha et al. (2016). Teori Pengukuran Nyeri dan Nyeri Persalinan. Nuha Medika.
Kaluas, I., Ismanto, A., & Kundre, R. (2015). Perbedaan Terapi Bermain Puzzle Dan Bercerita Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Selama Hospitalisasi Di Ruang Anak Rs Tk. Iii. R. W. Mongisidi Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).
Kosharskyy, B., Almonte, W., Shaparin, N., Pappagallo, M., & Smith, H. (2013). Intravenous infusions in chronic pain management. Pain Physician, 16(3), 231–249. https://doi.org/10.36076/ppj.2013/16/231
Kusyati, E. (2013). Keterampilan dan prosedur Laboratorium Keperawatan Dasar edisi 2. EGC.
Legawati. (2018). Asuhan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Wineka Media.
Mansur, A. R. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. In Andalas University Press (Vol. 1, Issue 1).
Nikolenko, V. N., Shelomentseva, E. M., Tsvetkova, M. M., Abdeeva, E. I., Giller, D. B., Babayeva, J. V., Achkasov, E. E., Gavryushova, L. V., & Sinelnikov, M. Y. (2022). Nociceptors: Their Role in Body’s Defenses, Tissue Specific Variations and Anatomical Update. Journal of Pain Research, 15(April), 867–877. https://doi.org/10.2147/JPR.S348324
Notoatmodjo, S. (2018). Metode Penelitian Kesehatan (R. C. PT (ed.); 3rd ed.). PT, Rineka Cipta.
Nursalam. (2017). No Title. In Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (4th ed). Salemba Medika.
Putra, H. (2020). Fisiologi Nyeri. Anesthesiology, 105(4), 864–864.
Ratnaningsih, T. (2019). Buku Ajar (Teori Konsep) Tumbuh Kembang dan Stimulasi Bayi, Toddler, Pra Sekolah, Usia Sekolah dan Remaja. Indomedia Pustaka.
Rofli, M. (2021). Teori dan Falsafah Keperawatan. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 5, Issue 2).
Saputro, H., Fazrin, I., Surya, S., & Kediri, M. H. (2017). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi dengan Penerapan Terapi Bermain. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(1), 9–12. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Soetjiningsih, C. H. (2014). Perkembangan anak (Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. PRENADA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Zakiyah Ana. (2015). Nyeri Konsep dan Penatalaksanaan Dalam Praktik Keperawatan Berbasis Buku. Salemba Medika.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |