Dalam era digital, persaingan bisnis online semakin ketat, terutama di marketplace seperti Lazada. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan adalah Search Engine Optimization (SEO). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi efektivitas SEO menggunakan metachecker dalam meningkatkan performa toko Zifana Collection di Lazada. Metode yang digunakan mencakup optimasi on-page SEO, analisis meta-tag, dan penerapan kata kunci yang relevan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan performa toko sebelum dan sesudah optimasi berdasarkan jumlah pengunjung, tingkat konversi, serta peringkat toko di hasil pencarian Lazada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metachecker dalam optimasi SEO secara signifikan meningkatkan peringkat pencarian toko, menarik lebih banyak pelanggan potensial, dan berdampak positif pada peningkatan penjualan. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan strategi SEO yang tepat dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi pelaku usaha di marketplace
DAFTAR PUSTAKA
Adhi Prawitama, R., & Diana, A. (2022). Implementasi website e-commerce berbasis content management system (CMS) Wordpress pada Toko Tanaman Anmuta. Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), Jakarta-Indonesia. https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php
Anggriani Saputri, S., Berliana, I., Nasrida, M., Ekonomi dan Bisnis, F., & Palangka Raya, U. (2023). Peran marketplace dalam meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(1).
Artanto, H., Nurdiyansyah, F., & Widyagama Malang, U. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan penjualan produk. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), 1(2). http://info.cern.ch/
Budi Dewanto, F., Habib Purnama Febrian, M., Raihan Amir, M., & Farida Adi Prawira, I. (2023). Penerapan SEO dalam strategi pemasaran perusahaan. Jurnal Maneksi, 12(4).
Citra Melati Khairunnisa, Suharyanto, & Taufik Ariyanto. (2023). Analisis media sosial marketing dan optimasi mesin pencari (SEO) terhadap kesadaran merek dan minat beli. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), 10(2), 25–46. https://doi.org/10.55963/jumpa.v10i2.530
Darojatu Sidqi, F., & Marcos, H. (2021). Optimasi website menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) on page dan off page dalam meningkatkan trafik kunjungan (studi kasus: Hustle Media Grup). Jurnal Teknologi Informasi, 3(1). www.hustlemdia.id
Fais, M., Hakim, R., & Setiawardani, M. (2024). Panduan meningkatkan visibilitas produk di Shopee melalui optimasi kata kunci judul produk. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 102(8), 102–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.14287028
Isbandi, I., Zatnika, Z., & Triyatna, E. (2023). Implementasi teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk optimasi website penjualan di Lestari Jaya Mebel. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 1047–1060. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.867
Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2.
Ma’mur, K. (2023). Optimasi weblog menggunakan teknik SEO on page dan off page untuk meningkatkan trafik pengunjung organik. Jurnal Teknologi Informasi, 5(1). https://barispuisi.blogspot.com/2013/09/contoh-kosakata
Nurbawani, A., & Ponorogo, I. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi Search Engine Optimization (SEO) dan promosi penjualan terhadap jumlah penjualan buku secara online. Jurnal Ekonomi Digital, 2(1).
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Renaldhy, E., & Rizal, M. (2010). Implementasi algoritma PageRank pada pemrograman berorientasi objek (OOP) (Studi kasus menggunakan bahasa pemrograman Java). Jurnal Informatika & Multimedia (JIM), 2.
Visi Ari Pratiwi, & Samsudin, A. (2024). Optimalisasi konten sosial media dan artikel SEO untuk meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan UMKM Rumah Kapas. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum dan Administrasi Negara, 2(3), 442–451. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i3.1352
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |