Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH SE-KOTA PEKALONGAN


Pengarang : Danang Firmansyah, M. Riski Adi Wijaya, Gilang Nuari Panggrai


Kata Kunci   :Pendidikan Jasmani, Kebugaran Jasmani

Danang Firmansyah, 2024. “Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Peserta
Didik Di SD Muhammadiyah Se-Kota Pekalongan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Ilmu Kesehatan.
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Pembimbing
1 Dr. M.Riski Adi Wijaya, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Gilang
Nuari Panggraita, M.Pd
Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan
lingkungan belajar yang berkualitas. Proses pendidikan yang berkualitas
merupakan komponen penting untuk membangun dan mewujudkan kehidupan
bangsa yang maju, sejahtera, dan sehat secara fisik dan mental. Meningkatkan
kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam segala bidang sehingga dapat bersaing
dengan yang lain dengan tujuan utama pendidikan.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kebugaran jasmani peserta
didik di SD Muhammadiyah Se-Kota Pekalongan.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitif dengan desain
penelitian deskriptif. populasi di SD Muhammadiyah Se-Kota Pekalongan dari
kelas 1 sampai kelas 6 berjumlah 761 peserta didik dan hanya diambil pada kelas
atas khususnya kelas 6. sampel pada penelitian ini peneliti menggunakan metode
purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu peserta didik kelas 6 SD
Muhammadiyah Se-Kota Pekalongan. Variabel penelitian ini menggunakan satu
variabel atau variabel tunggal yakni kebugaran jasmani. Medode pengumpulan data
yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan tes dan pengukuran adapun tes
pengukuran yang peneliti lakukan 1. Child ball test 2. Tok tok ball test 3. Move the
ball test 4. Shuttle run 8x10m test 5. 600 M run test.
Sebanyak 16,3% memiliki tingkat kebugaran kategori baik sekali dengan
jumlah peserta didik 20 anak, sebanyak 53,7% memiliki tingkat kebugaran jasmani
dengan kategori baik dengan jumlah peserta didik 66 anak, sebanyak 25,2%
memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kategori sedang dengan jumlah peserta
didik 31 anak, sebanyak 4,9% memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kategori
kurang dengan jumlah peserta didik 6 anak dan sebanyak 0% memiliki tingkat
keburan jasmani dengan kategori kurang sekali dengan jumlah peserta didik 0
anak.
Peserta didik terbanyak atau frekuensi terbanyak dalam interval 18-21 yaitu
sebanyak 66 anak, maka tingkat kebugaran jasmani siswa keseluruhan SD
Muhammadiyah Se-kota Pekalongan yaitu termasuk dalam kategori baik.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

 

Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE?: Journal of Sport Science and Education, 5(2), 75. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82

Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.

Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jip, 7(2), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi

Fajrin, S. N., Agustiyawan, A., Purnamadyawati, P., & Mahayati, D. S. (2021). Literature Review?: Hubungan Koordinasi Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Pemain Sepak Bola. Indonesian Journal of Physiotherapy, 1(1), 6–12. https://doi.org/10.52019/ijpt.v1i1.2605

Fauzi, M. S., Cahyono, D., Krisdiana, G., Amalia, H. D., Studi, P., Jasmani, P., Mulawarman, U., & Information, A. (2023). PELATIHAN PENERAPAN TES KEBUGARAN PELAJAR. 1, 796–804.

Gumantan, A., & Mahfud, I. (2020). Pengembangan Alat Tes Pengukuran Kelincahan Mengunakan Sensor Infrared. Jendela Olahraga, 5(2), 52–61. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6165

Hardiansyah, S. (2017). Pengaruh Metode Interval Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal Penjakora, 4(1), 83–92.

Hartati, H., Solahuddin, S., & Irawan, A. (2020). Latihan Kelincahan Dan Keseimbangan Untuk Meningkatkan Hasil Dribble Sepak Bola. Altius?: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 37–46. https://doi.org/10.36706/altius.v9i1.11557

Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Kartolo, S. (2019). Universitas ibnu sina (uis). 20–35.

KEMENDIKBUD. (2024). Tes Kebugaran Siswa Indonesia. https://tksi.kemdikbud.go.id/tksi/home

KEMENPORA. (2022). Pedoman Pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–34.

Kholifah, W. T. (2020). Research & Learning in Primary Education Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 115–120.

M. Yoga Dwi Risaldi, Reo Prasetiyo Herpandika, & Budiman Agung Pratama. (2023). Penerapan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Di SDN Siwalan 1 Kabupaten Nganjuk. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 224–232. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.358

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan Pembinaan


Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga. Wahana Dedikasi?: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 56. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5374

Maulana, S., Izzuddin, D. A., & Dewi, R. R. K. (2021). Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Power Tungkai Atlet Pencak Silat Ilmu Keolahragaan Unsika. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 1(2), 98–104. https://doi.org/10.35706/joker.v1i2.5778

Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898

Nurdin, A., Herpandika, R. P., & Zawawi, M. A. (2023). Survey of Physical Fitness Levels for Grade 1 and 2 Elementary School Students in Brengkok Village , Brondong District , Lamongan Regency in 2022 / 2023 .

Nusantara, P., Sma, P., & Tahun, N. P. (2023). Survey kebugaran jasmani melalui tes kebugaran pelajar nusantara pada sma n 1 plupuh tahun 2023. 23(2), 13–22.

Pamungkas, D. D., & Rustiadi, T. (2022). Survey Kemampuan Gerak Dasar Siswa Siswi Kelas Atas Sekolah Dasar Negeri Sambirejo 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 430–438. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i2.59225

Panggraita, G. N., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2020). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 5(2), 27–33. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5924

Pelajaran, M., & Jasmani, P. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatuslistiwa, 12(8), 2237–2246. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i8.67557

Prianto, D. A., Utomo, M. A. S., Abi Permana, D. A. P., Mutohir, T. C., & Suroto. (2022). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani dan Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama di Sidoarjo. Jurnal Segar, 10(2), 49–56. https://doi.org/10.21009/segar/1002.01

Putri Maisaroh, Athar, M. K. (2020). Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 80–83.

Ramadhani, A., Tarigan, B. S., Azry Ayu Nabillah, Erny Amalia Lestari, Imam Safei, & Dody Tri Iwandana. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i1.678

Ridawati Sulaeman, S. K. N. M. M., Dewi Purnamawati, M. K., & Eka Rudy Purwana, S. S. T. M. K. (2022). Remaja dan Kesehatan Reproduksi. CV. Bintang Semesta Media. https://books.google.co.id/books?id=jxWtEAAAQBAJ

Rizky Adi Nugrohoa, Rima Febriantib, A. R. H. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Iv , V Dan Vi Sd Negeri. Jurnal Ilmiah Penjas, 8(2), 72–83.

safitri et, A. (2021). PROFIL KEBUGARAN JASMANI ATLET PETANQUE KABUPATEN PEKALONGAN PENDAHULUAN Kebugaran jasmani merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki setiap siswa agar bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik . Kebugaran jasmani adalah faktor pend. 4(I), 126–137.

Setiorini, A. (2021). Kekuatan otot pada lansia. JK Unila, 5(3), 69–74.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ

Uyun, N., Farenia, R., & Hafsah, T. (2020). Belajar Pada Siswa Sd Negeri 2 Cikeruh. 1(1), 18–22.

Wahyuni, S. (2020). 1 , 2 1,2. 2, 1–13.

Widiastuti. (2010). Formulir Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Olahraga Kebugaran Jasmani, 1200, 71–87.

Wijaya, M. R. A., & Yusuf, J. (2020). Profil VO2 Max Atlet Tapak Suci Kota Pekalongan. Jendela Olahraga, 5(2), 34–42. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6003

Zainudin, N. I., Athar, & Kahri, M. (2019). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Lihat Dari Sarana Dan Analysis of the Fitness Components of Private Vocational School Students Viewing From Vocational School of Education and Infrastructure Education 10 - 12 Years. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(1), 63–69.

 

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia