Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dengan Kepuasan Pasien Di Apotek Manggana Kedungwuni


Pengarang : Inaroh, Wulan Agustin Ningrum, Sigit Praso


Kata Kunci   :Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu Pelayanan Obat

Waktu tunggu pelayanan resep menggambarkan tingkat efisiensi dan efektivitas petugas farmasi dalam pengerjaan resep. Waktu tunggu yang lama dapat menjadi salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan pasien Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di Apotek Manggana Kedungwuni.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan studi deskriptif korelatif dengan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 92 responden. Alat pengumpulan data menggunakan stopwatch dan kuesioner. Analisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden waktu tunggu pelayanan resep di Apotek Manggana Kedungwuni sesuai standard yaitu
66 responden (71,7%) dan lebih dari separuh responden merasa puas terhadap pelayanan Apotek Manggana Kedungwuni yaitu 52 responden (56,5%). Hasil analisis menunjukkan ada hubungan waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di Apotek Manggana Kedungwuni, didapatkan nilai ρ value sebesar 0,000 (<0,05). Hasil penelitian ini merekomendasikan agar apotek dapat mengupayakan waktu pelayanan resep obat yang lebih singkat sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Kata kunci : kepuasan pasien, waktu tunggu pelayanan obat

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2022
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia