Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dengan Kepuasan Pasien Di Apotek Manggana Kedungwuni
Pengarang : Inaroh, Wulan Agustin Ningrum, Sigit Praso
Kata Kunci   :Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu Pelayanan Obat
Waktu tunggu pelayanan resep menggambarkan tingkat efisiensi dan efektivitas petugas farmasi dalam pengerjaan resep. Waktu tunggu yang lama dapat menjadi salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan pasien Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di Apotek Manggana Kedungwuni.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan studi deskriptif korelatif dengan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 92 responden. Alat pengumpulan data menggunakan stopwatch dan kuesioner. Analisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden waktu tunggu pelayanan resep di Apotek Manggana Kedungwuni sesuai standard yaitu
66 responden (71,7%) dan lebih dari separuh responden merasa puas terhadap pelayanan Apotek Manggana Kedungwuni yaitu 52 responden (56,5%). Hasil analisis menunjukkan ada hubungan waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di Apotek Manggana Kedungwuni, didapatkan nilai ρ value sebesar 0,000 (<0,05). Hasil penelitian ini merekomendasikan agar apotek dapat mengupayakan waktu pelayanan resep obat yang lebih singkat sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.
Kata kunci : kepuasan pasien, waktu tunggu pelayanan obat
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2022 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |