GAMBARAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KESEHATAN POSBINDU PENYAKIT TIDAK MENULAR DI DESA BOJONGWETAN KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Silvia Anggarwati Prayitno Putri, Siti Rofiqoh, Siti Rofiq
Kata Kunci   :PASIEN, PERSEPSI, PELAYANAN,
Persepsi mempunyai peran sangat penting dalam menilai suatu kualitas pelayanan kesehatan. Persepsi yang baik dari pasien tentang mutu pelayanan akan mempengaruhi kepuasan dan menimbulkan image positif kepada pelayanan kesehatan tersebut. Persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan akan menentukan perilaku pasien di dalam pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan Posbindu Penyakit Tidak Menular di Desa Bojongwetan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. rnPenelitian ini menggunakan desain deskriptif. Jumlah responden sebanyak 107 orang dengan teknik simple random sampling. Hasil analisa diperoleh bahwa dari 107 responden, sebagian besar memiliki karakteristik umur dewasa madya sebanyak 55,1%, jenis kelamin perempuan sebanyak 88,8%, berpendidikan dasar sebanyak 56,1%, status pekerjaan tidak bekerja sebanyak 60,7%, status kesehatan penyandang PTM sebanyak 84,1% dan kunjungan ke Posbindu PTM tidak teratur sebanyak 100%. Penelitian ini menunjukkan hasil gambaran persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan Posbindu PTM baik sebanyak 100%. Bagi instansi terkait diharapkan lebih mengedepankan dimensi ketanggapan, agar mutu pelayanan tetap baik sejalan dengan pendidikan yang semakin meningkatrn
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2018 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |