Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh perubahan tarif, upah, perubahan insentif dan motivasi terhadap kepuasan kerja driver gojek dan grab di kota pekalongan


Pengarang : Qooriah Ibtihal, Yohani, Leni Susan


Kata Kunci   :perubahan tarif, upah, perubahan insentif, motivasi

ABSTRACT

Human resources are one of the factors supporting the success of a company that is closely related to job satisfaction. Companies that are oriented to community service must pay attention to the job satisfaction of their employees. This study aims to determine the effect of changes in tariffs, wages, changes in incentives and motivation on job satisfaction of Gojek and Grab drivers in Pekalongan City with a population taken of all 700 gojek and grab drivers using the random sampling method to obtain a sample of 115 drivers. with path analysis technique and Sobel test using SPSS (statistical product and service solutions) version 22 to analyze the data. The results of the data show that there is a positive and significant influence of changes in tariffs on job satisfaction, there is a positive and significant influence of wages on job satisfaction, there is a negative and significant influence of changes in incentives on job satisfaction, there is a positive and significant influence of motivation on job satisfaction, there is a simultaneous effect of changes in tariffs , wages, changes in incentives, and motivation on job satisfaction.

Keywords: Changes in rates, wages, changes in incentives, motivation and job satisfaction

ABSTRAK
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu perusahaan yang berkaitan erat dengan kepuasan kerja. Perusahaan yang berorientasi pada pelayanan masyarakat harus memperhatikan kepuasan kerja karyawannya. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh perubahan tariff, upah, perubahan insentif dan motivasi terhadap kepuasan kerja driver Gojek dan Grab di Kota Pekalongan dengan populasi yang diambil adalah seluruh driver gojek dan grab yang berjumlah 700 orang dengan menggunakan metode sampel random sampling didapatkan sampel sebanyak 115 driver dengan teknik analisis jalur dan uji sobel menggunakan SPSS ( statistical product and service solutions ) versi 22 untuk menganalisis data. Hasil data menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan perubahan tarif terhadap kepuasan kerja, adanya pengaruh positif dan signifikan upah terhadap kepuasan kerja, adanya pengaruh negatif dan signifikan perubahan insentif terhadap kepuasan kerja, adanya pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kepuasan kerja, adanya pengaruh simultan perubahan tariff, upah, perubahan insentif, dan motivasi terhadap kepuasan kerja,

Kata kunci : Perubahan tarif, upah, perubahan insentif, motivasi dan kepuasan kerja

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

bahri, s., & nisa, y. c. (2017). pengaruh pengembangan karir dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan. jurnalilmiah manajemen dan bisnis.

Dinisari, M. C. (2022, agustus minggu). bisnis.com. Retrieved from bisnis.com: https://m.bisnis.com/amp/read/20220828/98/1571423/ini-perbedaan-tarif-ojol-yang-baru-dan-lama#amp_tf=dari%20%251%24s&aoh=1675779303830&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

juliana, ong, j., Nathaniel, Marcolino, A., & Tanubrata, J. (2020). Pengaruh Insentif Terhadap Kepuasan Kerja. Sosiohumaniora Kodepona.

Meutia, K. K., & Narpati, B. B. (2021). konstribusi beban kerja dan insentif terhadap kepuasan kerja karyawan pada perusahaan manufaktur.

Muttaqiyathun, A. (2018). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi kinerja driver gojek di kota yogyakarta. jurnal seminar nasional & call for paper, 18.

ridho, m., & susanti, f. (2019). pengaruh stres kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan bank mandiri syariah cabang padang.

Santoso, B. (2019, september kamis). Retrieved from https://jateng.tribunnews.com

siahaan, n. o. (2022). pengaruh upah terhadap kepuasan kerja karyawan juan rancing gear di kabupaten garut. universitas pendidikan indonesia.

Situmeang, H. (2022). Pengaruh Kompensasi dan Punishment terhadap kinerja Driver Goride pada Gojek Indonesia di kota bekasi. jurnal manajemen bisnis tri bhakti, 2.

Thanan, R. R., pio, R. j., & kalangi, j. A. (2021). Pengaruh Gaji, Insentif, dan Bonus terhadap Kepuasan Kerja Mitra Pengemudi Grab Car PT. Solusi Transportasi Indonesia Cabang Kota Manado. jurnal administrasi bisnis, 53.

pada karyawan bank mandiri syariah cabang padang. jurnal islamic banking and finance.

Putri, E. (2022, Desember). Gojeker. Retrieved from Gojeker: https://www.gojeker.com/sistem-gaji-grab/

Safrina. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan kerja Karyawan Pada PT Aspacindo Kedaton Motor Kandis Kabupaten Siak . Jurnal Benefita Ekonomi Pembangunan Manajemen Bisnis & Akuntansi


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia