Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien
Rawat Jalan di Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan
Elva Firnanda, Nur Izzah
Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan indeks utama kualitas pelayanan yang
diterima oleh masyarakat. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan Kepuasan
pasien yaitu kualitas produk atau jasa, harga, emosional, kinerja, pelayanan, lokasi,
komunikasi, suasana, dan salah satunya yaitu kualitas pelayanan keperawatan.
Peningkatan kualitas keperawatan dapat menjalin hubungan saling percaya antara
perawat dan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas
pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Jenggot
Kota Pekalongan.
Metode: Metode penelitian ini deskriptif korelatif dengan pendekatan cross
sectional. Pengumpulan data menggunakan teknik quota sampling. Sampel pada
penelitian ini adalah pasien rawat jalan di poli umum Puskesmas Jenggot Kota
Pekalongan dengan jumlah sampel 96 responden. Alat ukur menggunakan adalah
kuesioner kualitas pelayanan keperawatan dan kuesioner kepuasan pasien. Analisis
data pada penelitian ini dengan menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan lebih dari setengah responden yaitu 53 pasien
(55,2%) menyatakan kualitas pelayanan baik, lebih dari setengah responden yaitu
52 pasien (54,2%) menyatakan puas terhadap kuaitas pelayanan yang digunakan
perawat. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai ρ < 0,001 artinya ada hubungan
yang signifikan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien
rawat jalan di Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Nilai OR = 9,939 yang berarti
bahwa perawat yang melakukan kualitas pelayanan baik berpeluang 10 kali untuk
pasien merasa puas dibandingkan dengan perawat yang memiliki kualitas
pelayanan kurang baik.
Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan keperawatan
dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Perlu
adanya kebijakan puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan
secara terus menerus.
Afnina & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9, 22–23.
Agustina, F. (2024). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Puskesmas Gununghalu. 10(5). https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i5.2686
Ahmad, H., & Napitupulu, M. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 6(2), 193–204. https://doi.org/10.51933/health.v6i2.546
Ajeng Marshella Sumantri, Roy Daniel Nainggolan, R. E. (2024). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Fisioterapi di Rumah Sakit Dr Hafiz ( RSDH ) Cianjur. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(4), 221–240.
Alissa Ikrima Munawwaroh, F. I. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Lerep. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(3), 268–277.
Arikunto, (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arnaya, A. A., & Niryana, I. W. (2021). Tingkat Kepuasan Dan Harapan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Mengwi I. Jurnal Medika Udayana, 10(10), 5–10. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/download/79211/41821
Asmuji, Skm. (2021). Manajemen Keperawatan: Konsep Dan Aplikasi.
Aulia, T., Sitohang, J. M., Sihaloho, L. B., Christine, A., & Endah, R. (2023). Peran Perawat dalam Pemberian Asuhan Keperawatan yang Bermutu untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien. JURMIK (Jurnal Rekam Medis Dan Manajemen Informasi Kesehatan), 3(1), 18–28. https://doi.org/10.53416/jurmik.v3i1.137
Bakri, SKM., H. (2017). Manajemen Keperawatan Konsep dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Pustaka Baru Press
Budiman, M. E. A., Mardijanto, S., & Astutik, E. E. (2021). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Klinik Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 73. https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.152.383
Darus, M., Milwati, S., & Maemunah, N. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Nursing News, 3(1), 612–619.
Delima, M., DND, D. R., & Peltresia, P. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Di Wilayah Kerja Puskesmas Belimbing Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9048
Dinas Kesehatan. (2023). IKM Puskesmas Pekalongan Tahun 2021-2023 Dinas Kesehatan Kota Pekalongan.
Djafar, F., et. al. (2024). Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi dengan SPSS. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Donsu T,D,J. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan. Pustaka Baru Press.
Fardhoni, Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan, dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 10–17. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/494
Febriana, D, V. (2017). Konsep Dasar Keperawatan. Anak Hebat Indonesia
Fitriandi, et., al. (2022). Metode Riset Bisnis. Depok: CV. AA. Rizky
Fransisca, A. M., Basit, M., & Rachman, A. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Ruang Kelas Iii Rsud Ulin Banjarmasin. Jurnal Kesehatan, 1(2), 1–7. http://journal.stikessuakainsan.ac.id/index.php/jksi/article/view/36
Guspianto, Maya Erni Lobat, R. W. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 7(1), 14–21.
Hudayah, N., Andriani, R., & Setiawati, S. (2019). Persepsi Pasien BPJS Rawat Jalan dengan Kualitas Pelayanan Petugas Kesehatan di Puskesmas Mawasangka Timur. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 51–59.
Kusumo, W. E. G., Rahayu, D. S., & Desty, R. T. (2023). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Puskesmas Ngemplak Simongan Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Indonesian Journal of Health Community, 4(1), 27. https://doi.org/10.31331/ijheco.v4i1.2487
Mariana, D. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Rawat Inap dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien Untuk Memilih Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Multi Scinece Kesehatan, 10(2), 145–162. https://osf.io/4stbx/download
Masriadi, SKM., S. P. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan Kedokteran dan Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Murniaty. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Di Klinik HJ. Tarpiani Sidoarjo Elizabeth. 2(1).
Nur’aini. (2019). Pengaruh Daya Tanggap Dan Empati Para Medis Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, 2(1), 80–89.
Nursalam, Pratiwi, L. H. (2013). Peningkatan mutu pada pasien jamkesmas di puskesmas indonesia. Jurnal Ners, 8 (2), 301–308. file:///C:/Users/Yogo Prasetyo/Downloads/3834-10744-1-SM (1).pdf
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Edisi 4).
Nursalam. (2022). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 6. Jakarta: Salemba Medika.
Purwanti, S., Prastiwi, S., & Rosdiana, Y. (2017). Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News, 2(2), 688–699. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/514
Rahardjo, S., et al. (2022). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Jakarta: Prenada Media
Raising, R. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Dan Apotek. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, 5(01), 31–37. https://doi.org/10.35311/jmpi.v5i01.44
Rasnidiati, K. A. P. (2020). Persepsi Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i1.2031
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2020.). No 112.
Rasmun, Mariana Oktaviane Ngula, R. S. (2019). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
Roynaldus A. K. Agung, Antonius Philipus Kurniawan, & Paulus Juru. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Borwita Citra Prima Maumere. Jurnal Projemen UNIPA, 9(2), 18–31. https://doi.org/10.59603/projemen.v9i2.42
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.
Sucipto, D., C. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gosyenpublishing.
Sugiyono & Puspandhani. (2020). Metode Penelitian Kesehatan. Bandung: CV. Alfabeta.
Syapitri, eat al. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Malang: Ahlimedia Press.
Tocqiun, P. (2019). Kemenkes RI Nomor 26/MENKES/SK/2019. 1–19.
Tukesangi, Wigbertha, M. N. D. (2018). Hubungan Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Koeloda Kecamatan Golewes. Skripsi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya
Tulaisyah, N. H., Isnainy, U. C. A. S., & Wardiyah, A. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Husada Kota Bandar
Wangsajaya, Y., eat, al. (2023). Model Pengukuran Kualitas Layanan Publik Dengan Indikator Presisi Polri Berbasis Kecerdasan Buatan. Nas Media Pustaka.
Wida, W., & Ida, I. J. F. (2023). Efektivitas Dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas DTP Gununghalu. EKONOMIKA45?: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(1), 195–209. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.1152
Yani, L. Y. (2023). Urgensi pendidikan karakter di institusi pendidikan kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 73–81. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.54137
Zulani, Hariyanto, S., Maria, D., Tauran, I., Urifah, S., Sugiarto, A., Muhsinah, S., Kurwiyah, N., Mairisi, E. L. D., Manik, M. J., Juliani, E., & Kuswati, A. (2022). Keperawatan Profesional. https://www.bpjs
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |