Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem, dan Keamanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi BSI Mobile
Pengarang : Vira Fitriana, Teguh Purwanto
Kata Kunci   :Kualitas Layanan, Kualitas Sistem, Keamanan, Kepuasan Pengguna

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan, kualitas sistem, dan keamanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pekajangn Pekalongan. Jumlah responden yang diambil yaitu 128 responden, dengan menggunakan metode Purposive sampling dihitung menggunakan rumus Hair. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui Google Form. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 26 digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile, (2) Kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile, (3) Keamanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Agustina, R., Gustiana, R., & Amini, O. (2021). Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi pada PT Indomarco Prismatama Cabang Banjarmasin. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis14(1), 189-205.

Agustina, R., Gustiana, R., Amini, O., & Nasional Banjarmasin, S. (2021). PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT INDOMARCO PRISMATAMA CABANG BANJARMASIN (Vol. 14, Issue 1).

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems19(4), 9-30.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Hair, et al. 2014. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. USA. Pearson Education.

INDONESIA, LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH, and DIAH KHOIRUNNISA. "PENGARUH KUALITAS SISTEM, DAN FITUR PRODUK BSI MOBILE TERHADAP."

Junaedi, E., & Neneng, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang. Islamic Banking & Economic Law Studies (I-BEST)2(1), 13-32.

Maulana, L., & Fitriana Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, N. (2023). Analisis dampak Insiden BSI Eror dan Dugaan Hacking Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap kepercayaan dan loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Subang. 7(3), 1755–1768. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.899

Mauliddina, P., Mustika, D., & Dariati, A. M. (2022). The Effect of Mobile banking Service Quality on Customer Satisfaction with Indonesian Sharia Bank (BSI) at Thursina Hospital. BSI) at Thursina Hospital6(1), 79-9

Milasari, Listiana Dewi, Hario Jati Setyadi, and Akhmad Irsyad. "Pengaruh integritas fitur dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi bca mobile di kota samarinda." JITSI: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi 4.3 (2023): 122-128.

Naufal, A. R. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Bsi Mobile Banking (Bachelor's thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UIN JAKARTA).

Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Bijak Ber-ebangking. https://www.ojk.go.id/Files/box/buku bijak ber-ebanking.pdf. In Bijak Ber-ebanking.

Pratama, K., & Krisdayanti, H. (n.d.). The Influence Of Transparency And Accountability On The Level Of Satisfaction Of Muzakki BAZNAS, Musi Banyuasin District.

Prandhana, A. R., Nurhayati, N., & Haumatusadiah, E. (2016). Pengaruh KualitasLayanan, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Tingkat KepuasanPengguna (Survey Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Sia Pada Bank Umum Syariah Di Kota Bandung). Prosiding Akuntansi2(2), 926-933.

Priyatno, Dwi. 2014. Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom.

Puspitaningtyas, Z., & Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Siregar, Novia Irayana. "Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Layanan, Dan Keamanan Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Berbasis Mobile Banking Pada Bank Mandiri KCP Medan Zainul Arifin." (2023).

Rohana, L., Irmalis, A., & Muzakkir, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BSI KCP Imam Bonjol Meulaboh. MAMEN: Jurnal Manajemen3(1), 89-100.

Rosanah, H., & Lisman, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Pembukaan Rekening Online Pada Aplikasi Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Islamika5(2), 19-29.

Rumaini, R., Malik, A., Fusfita, N., Jambi-Muara Bulian, J. K., & Sungai Duren Jaluko Kab Muaro, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Bertransaksi. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1(5). https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i4.441

Sani, A. L., Muhajirin, M., & Ovriadin, O. (2024). Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BPRS Dinar Ashri Pengguna Mobile Banking. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen2(3), 283-309.

Saputri, R., Baining, M. E., & Khairiyani, K. (2024). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Manfaat Bersih Aplikasi Mobile Banking Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis17(1), 126-138.

Sholikhah, I. N., Nurhayati, N., & Rahmani, A. N. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna M-Banking BCA. Jurnal Riset Akuntansi, 49-54.

Siregar, N. I. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Layanan, Dan Keamanan Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Berbasis Mobile Banking Pada Bank Mandiri KCP Medan Zainul Arifin.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung:CV. Alfabeta

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung:CV. Alfabeta

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Prenadamedia.

Milasari, L. D., Setyadi, H. J., & Irsyad, A. (2023). Pengaruh integritas fitur dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi bca mobile di kota samarinda. JITSI: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi4(3), 122-128.

QORYAH, W. (2024). PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia