Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan, kualitas sistem, dan keamanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pekajangn Pekalongan. Jumlah responden yang diambil yaitu 128 responden, dengan menggunakan metode Purposive sampling dihitung menggunakan rumus Hair. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui Google Form. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 26 digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile, (2) Kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile, (3) Keamanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile.
Agustina, R., Gustiana, R., & Amini, O. (2021). Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi pada PT Indomarco Prismatama Cabang Banjarmasin. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 189-205.
Agustina, R., Gustiana, R., Amini, O., & Nasional Banjarmasin, S. (2021). PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT INDOMARCO PRISMATAMA CABANG BANJARMASIN (Vol. 14, Issue 1).
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems, 19(4), 9-30.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Hair, et al. 2014. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. USA. Pearson Education.
INDONESIA, LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH, and DIAH KHOIRUNNISA. "PENGARUH KUALITAS SISTEM, DAN FITUR PRODUK BSI MOBILE TERHADAP."
Junaedi, E., & Neneng, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang. Islamic Banking & Economic Law Studies (I-BEST), 2(1), 13-32.
Maulana, L., & Fitriana Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, N. (2023). Analisis dampak Insiden BSI Eror dan Dugaan Hacking Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap kepercayaan dan loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Subang. 7(3), 1755–1768. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.899
Mauliddina, P., Mustika, D., & Dariati, A. M. (2022). The Effect of Mobile banking Service Quality on Customer Satisfaction with Indonesian Sharia Bank (BSI) at Thursina Hospital. BSI) at Thursina Hospital, 6(1), 79-9
Milasari, Listiana Dewi, Hario Jati Setyadi, and Akhmad Irsyad. "Pengaruh integritas fitur dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi bca mobile di kota samarinda." JITSI: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi 4.3 (2023): 122-128.
Naufal, A. R. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Bsi Mobile Banking (Bachelor's thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UIN JAKARTA).
Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Bijak Ber-ebangking. https://www.ojk.go.id/Files/box/buku bijak ber-ebanking.pdf. In Bijak Ber-ebanking.
Pratama, K., & Krisdayanti, H. (n.d.). The Influence Of Transparency And Accountability On The Level Of Satisfaction Of Muzakki BAZNAS, Musi Banyuasin District.
Prandhana, A. R., Nurhayati, N., & Haumatusadiah, E. (2016). Pengaruh KualitasLayanan, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Tingkat KepuasanPengguna (Survey Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Sia Pada Bank Umum Syariah Di Kota Bandung). Prosiding Akuntansi, 2(2), 926-933.
Priyatno, Dwi. 2014. Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom.
Puspitaningtyas, Z., & Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Siregar, Novia Irayana. "Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Layanan, Dan Keamanan Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Berbasis Mobile Banking Pada Bank Mandiri KCP Medan Zainul Arifin." (2023).
Rohana, L., Irmalis, A., & Muzakkir, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BSI KCP Imam Bonjol Meulaboh. MAMEN: Jurnal Manajemen, 3(1), 89-100.
Rosanah, H., & Lisman, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Pembukaan Rekening Online Pada Aplikasi Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Islamika, 5(2), 19-29.
Rumaini, R., Malik, A., Fusfita, N., Jambi-Muara Bulian, J. K., & Sungai Duren Jaluko Kab Muaro, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Bertransaksi. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1(5). https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i4.441
Sani, A. L., Muhajirin, M., & Ovriadin, O. (2024). Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BPRS Dinar Ashri Pengguna Mobile Banking. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(3), 283-309.
Saputri, R., Baining, M. E., & Khairiyani, K. (2024). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Manfaat Bersih Aplikasi Mobile Banking Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 126-138.
Sholikhah, I. N., Nurhayati, N., & Rahmani, A. N. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna M-Banking BCA. Jurnal Riset Akuntansi, 49-54.
Siregar, N. I. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Layanan, Dan Keamanan Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Berbasis Mobile Banking Pada Bank Mandiri KCP Medan Zainul Arifin.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung:CV. Alfabeta
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung:CV. Alfabeta
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Prenadamedia.
Milasari, L. D., Setyadi, H. J., & Irsyad, A. (2023). Pengaruh integritas fitur dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi bca mobile di kota samarinda. JITSI: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(3), 122-128.
QORYAH, W. (2024). PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |