PENGARUH BERMAIN DENGAN BERNYANYI LAGU ANAK-ANAK YANG DIIRINGI MUSIK SECARA BERSAMA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS KELOMPOK ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) ANNISA PEKAJANGAN KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Satiya Devi Kanafuri, Aida Rusmariana
Kata Kunci   :Perkembangan Motorik, Lagu Anak-anak, Musik
Usia 3-4 tahun disebut periode golden age. Faktor stimulasi penting untuk meminimalkan gangguan perkembangan motoriknya. Kegiatan musik dengan bernyanyi lagu anak-anak cukup efektif untuk diberikan pada usia ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain dengan bernyanyi lagu anak-anak yang diiringi musik secara bersama terhadap perkembangan motorik halus dan motorik kasar kelompok anak usia 3-4 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini. Design penelitian menggunakan true eksperiment dengan rancangan Pretest-postest with control group design. Populasi penelitian berjumlah 24 anak usia 3-4 tahun yang aktif belajar di PAUD Annisa Pekajangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok dependen. Alat ukur menggunakan MMDST. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Match Pair Test. Hasil uji Wilcoxon diperoleh Ï value sebesar 0,010 < 0,05, menunjukkan ada pengaruh bermain dengan bernyanyi lagu anak-anak yang diiringi musik secara bersama terhadap perkembangan motorik halus dan motorik kasar kelompok anak usia 3-4 tahun di PAUD Annisa Pekajangan. Orangtua sebaiknya menjadikan aktivitas musik ini sebagai stimulasi anak usia 3-4 tahun untuk mengurangi resiko keterlambatan perkembangan motorik.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2014 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |