EVALUASI KINERJA PELAYANAN KEFARMASIAN DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN
Pengarang : Rahayu Oktafiani, Yulian Wahyu Permadi, Mokhamad Arif
Kata Kunci   :: Kefarmasian, kepuasan, kinerja, pelayanan, rawat jalan
Pelayanan kefarmasian merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai yang bermutu dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat termasuk pelayanan farmasi klinik. Kepuasan merupakan fungsi dari kesan kinerja dan harapan. Pasien baru akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapan dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya itu tidak sesuai dengan harapannya. Penelitian ini adalah jenis penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian secara deskriptif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Peneliti menggunakan metode survey dimana proses pengambilan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden dengan tekhnik accidental sampling (kebetulan) yang didasarkan pada kriteria inklusi. Sampel didapatkan sebanyak 99 pasien dan 3 apoteker, kemudian hasil dianalisis dengan menggunakan analisis univariat. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Bendan Kota Pekalongan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja apoteker di Instalasi Farmasi RSUD Bendan Kota Pekalongan sudah sangat berhasil dengan capaian 90,99%, dan lebih dari setengah responden yang menebus obat di Instalasi Farmasi RSUD Bendan Kota Pekalongan merasa kurang puas yaitu sebanyak 51,5%. Diharapkan dapat meningatkan mutu pelayanan kefarmasian dalam aspek monitoring efek samping obat (MESO), menjaga kebersihan gedung dan ruang tunggu yang nyaman dan luas serta menambah jumlah profesi apoteker dan tenaga teknis kefarmasian di Instalasi farmasi RSUD Bendan Kota Pekalongan agar pelayanan yang diberikan lebih cepat.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2020 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |