Pengaruh Kepercayaan Anggota, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Anggota Pada KSPPS BMT Mitra Umat
Pengarang : Dian Istikomah, Djauhar Edi Purnomo, Muhammad Arifiyan
Kata Kunci   :Kepercayaan Anggota, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Mobile Banking, Kepuasan Anggota
Perkembangan KSPPS BMT Mitra Umat pada tiga tahun kebelakang ini mengalami kenaikan yang begitu signifikan bila dilihat dari jumlah anggota dan saldo transaksi per tahun. Hal ini membuktikan bahwa anggota KSPPS BMT Mitra Umat merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepercayaan Anggota, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Mobile Banking terhadap Kepuasaan Anggota di KSPPS BMT Mitra Umat. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis ini menunjukkn bahwa, (1) kepercayaan anggota berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan anggota dengan nilai signifikan sebesar 0,046 < 0.05 (2) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0,032 > 0.05 (3) kualitas produk berpengaruh signifkan terhadap kepuasaan anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.008 < 0.05. (4) mobile banking berpengaruh signifkan terhadap kepuasaan anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0.043 < 0.05 (5) kepercayaan anggota, kualitas pelayanan, kualitas produk dan mobile banking secara simultan berpengaruh signifikan kepuasaan anggota. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.
Referensi
Arinawati, E. (2021). Penataan Produk.
Barnes, J. (2003). Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi.
Farida Fadllliatul Husna & Muhammad Mustaqim. (2020). Pemanfaatan Electronic Banking Bagi Anggota di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Tayu. journal of islamic banking and financial, 4, 145-153.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |