Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat di Puskesmas Kedungwuni 1 Kabupaten Pekalongan
Pengarang : Aisyah Madani, Ainun Muthoharoh
Kata Kunci   :Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Kepuasan pasien, obat
Program Studi Sarjana Farmasi
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Mei 2024
ABSTRAK
Aisyah Madani, Ainun Muthoharoh
Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi Informasi Dan Edukasi (KIE) Obat Di Puskesmas Kedungwuni 1 Kabupaten Pekalongan
Kepuasan pasien dalam menilai mutu atau pelayanan yang baik merupakan pengukuran yang penting yang mendasar bagi mutu pelayanan. KIE adalah suatu proses diskusi antara apoteker dengan pasien/keluarga pasien yang dilakukan secara sistematis untuk memberikan kesempatan kepada pasien/keluarga pasien mengeksplorasikan diri dan membantu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran sehingga pasien/keluarga pasien memperoleh keyakinan akan kemampuannya dalam penggunaan obat yang benar termasuk swamedikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan KIE obat di puskesmas Kedungwuni I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif non probability sampling dengan cara Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, adalah pasien berumur 18 – 65 tahun, Pasien telah menerima obat di instalasi farmasi puskesmas kedungwuni 1, dan pasien yang bersedia menjadi responden. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis nilai kepuasan untuk mendapatkan nilai tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari setiap dimensi menunjukan nilai rata-rata kepuasan untuk dimensi kehandalan sebesar 40,8%, ketanggapan sebesar 46,5%, jaminan sebesar 49,5%, empati sebesar 53,8%, dan bukti fisik sebesar 60,4%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian responden puas terhadap pelayanan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) obat. Pelayanan komunikasi informasi dan edukasi obat harus ditingkatkan dalam rangka untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan.
Referensi
Ade Syarif Maulana, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Toi. Jurnal: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta, Volume 7, Nomor 2, Hlm.117.
Cristianty, Pareraway D et al. 2016. Jurnal Ilmiah Farmasi Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan dalam Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUP PROF. Dr. R. D. Kandou Manado. UNSRAT Vol. 5 No. 4. Manado.
Dan, I., Kie, E., Dengan, O., & Di, R. (2021). Abstrak Menurut Peraturan Menteri Kesehatan pada tahun 2016 9(1).
Depkes RI, 2014. Departemen Kesehatan Republik Indonesia tentang Pedoman Pengelolaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan di Puskesmas, Jakarta.
Depkes RI. 2014. Manajemen Puskesmas. Jakarta: Depkes RI
Handoko Riwidikdo. 2015. Statistik Kesehatan dan Aplikasi SPSS Dalam
Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rohima Press.
Hidayana. 2016. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek Pelengkap Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka. Jurnal farmasi.
Kemenkes RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Kementerian
Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta
Mardiyana, Hindun. 2018. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi RSU Kaliwates. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Jember.
Meila, O., Pontoan, J., dan Zizwanto, E. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Pada Kefarmasian di Apotek Klinik SATKES PUSDOKKES MABES POLRI. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Sciences. Volume 1, No. 2.
Menkes RI. 2010. Peraturan Menteri Kesehatan RI PERMENKES RI/No 429/MENKES/PER/IV/2010
Megawati., F. 2016. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung Tahun 2016. Jurnal Medicamento. Vol 3 No 2
Monika, K.; Chreisye, K. F.; Mandagi; Paul. A.T dan Kawatu. 2015. Hubungan antara Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi- UNSRAT.
Murni, N., Asriwati, & Nur’aini. (2017). Jurnal Kesmas Prima Indonesia. 4(1) 9-15 Penerbit: Ghalia Indonesia
Muthoharoh, A., Safitri, W. A., Pambudi, D. B., & Rahman, F. (2020). Pola Pengobatan Antidiabetik Oral pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan di RSUD Kajen Pekalongan Oral Antidiabetic Treatment in Patients Diabetes Mellitus Type 2 Outpatient in RSUD Kajen Pekalongan. 2, 29–36.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nugraheni DA, Widiyanti P, Assaidi CS, Hariyadi CH, Pratiwi KD. Faktor yangMenentukan Pengetahuan Akhir Pasien tentang Obat di Puskesmas. Pharmascience. 2019;6(2):91.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. 2014.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2016.
Permenkes, 2016.Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor72 Tahun 2016 TentangStandar Pelayanan kefarmasian di Rumah sakit.Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Permenkes., 2014,Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Jakarta: Departemen Kesehatan RI
Rahmah, F. (2018). Perencanaan dan Pengadaan Obat di Puskesmas “X”BerdasarKan Permenkes Nomor 74 Tahun 2016. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(1), 15.
Rahmawati U., Permadi W. Y (2020). Evaluasi Kepuasan Pasien Tehadap Pelayanan Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (Kie) Obat Dan Sarana Prasarana Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rsud Bendan Kota Pekalongan Tahun 2019
RI MK. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 828/MENKES/SK/IX/2008 tentang petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/ Kota .2008
Sani, Fathur. 2018. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta : Dee Publisher.
Setianingsih, J. (2020). Evaluasi tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di ruang farmasi puskesmas kusuma bangsa kota pekalongan tahun 2019.
Sugiyono . 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukamto, H. (2017). Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar. UIN Alauddin Makassar.
Sondari, 2015. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Brebes Tahun 2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Semarang
The Effect Of Service Quality On Inpatient Satisfaction At X Hospital Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit X Tri Purnama Sari STIKes Hang Tuah Pekanbaru 1 . (2022). 3(1), 53–59.
Waktu, P., Pada, M., Ball, P., Karakterisasi, T., Alumina, N., Mesin, J. T., Teknik, F., & Jember, U. (2020). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember
Yaqin, A. (2017). Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi RSUD Dr R. Koesma Kabupaten Tuban. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |