ABSTRACT
The world of technology is currently developing very rapidly, which has had an impact on all fields, including business and economics, one of which is e-commerce. The rapid development of technology in the business world is also inseparable from the problems that occur such as consumer dissatisfaction in choosing a product and not being able to try the product directly, consumers do not believe if they have not seen reviews from other customers on e-commerce, and the lack of attractive promotions offered by the company. These problems made researchers interested in conducting research that aims to determine the effect of virtual try-on, online customer reviews and promotions on purchasing decisions. The population taken was all e-commerce users in Pekalongan, Central Java, totaling 100 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires. The analysis technique used in this study was multiple linear regression using the SPSS (Statistical Product and Service Solutions) version 22 program used to analyze the data. Based on the results of this analysis, it shows that there is an influence between virtual try-on on purchasing decisions with a significance value of 0.027 <0.05, there is an influence between online customer reviews on purchasing decisions with a significance value of 0.017 <0.05, there is an influence between promotions on purchasing decisions with a significance value of 0.001 <0.05, and there is an influence between virtual try-on, online customer reviews and promotions simultaneously on purchasing decisions with a significance value of 0.000 <0.05.
Keywords: virtual try-on, online customer review, promotion and purchasing decision
ABSTRAK
Dunia teknologi saat ini berkembang sangat pesat, yang telah berdampak pada semua bidang, termasuk bisnis dan ekonomi salah satunya yaitu e-commerce. Pesatnya perkembangan teknologi dalam dunia bisnis juga tak luput dari permasalahan yang terjadi seperti kurang puasnya konsumen dalam memilih suatu produk dan tidak dapat mencoba produk secara langsung, konsumen belum percaya apabila belum melihat review dari pelanggan lain yang ada di e-commerce, serta kurang menariknya promosi yang ditawarkan oleh perusahaan. Masalah-masalah tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh virtual try-on, online customer review dan promotion terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Dengan populasi seluruh pengguna e-commerce di Pekalongan Jawa Tengah dengan sampel berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) version 22 yang digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara virtual try-on terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05 , terdapat pengaruh antara online customer review terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05 , terdapat pengaruh antara promotion terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 , dan terdapat pengaruh antara virtual try-on, online customer review dan promotion secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat diharapkan dengan adanya fitur-fitur baru pada e-commerce dapat memepermudah konsumen dalam berbelanja, memberikan kepercayaan dan kepuasan kepada konsumen.
Kata Kunci : virtual try-on, online customer review, promotion dan keputusan pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Agustin, T. A. (2022). Pengaruh Virtual Try-On Dan Online Customer Reviews Terhadap Purchase Decision Dengan Online Shopping Experience Sebagai Variabel Intervening Pada L’oreal Paris.
Anugrah, I. B., Nurfarida, I. N., & Sarwoko, E. (2021). Determinan Keputusan Pembelian di Shopee: Online Customer Review, Brand Image dan Promosi. Management and Business Review, 5(2), 239–250. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5554
Basegmez, H., & Tuncali Yaman, T. (2022). The Role of Virtual Try-On Technology in Online Purchasing Decision. Journal of Research in Business, 7(1), 165–176. https://doi.org/10.29228/JRB.1023619
Dhani, V. R., Retno Hutami, W., Utami, P., Sesariya, F. V., Widianto, J. W., & Rahadhini, D. (2023). Analisis Pengaruh Promosi dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Surakarta. JAMBURA, 6(2). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan pembelian Produk Marketplace Shopee.
Farhanul, A., Sidik, A. B., Naziah, D., Hidayat, W., Sultan, U., Hasanuddin Banten, M., & Hasanudin Banten, M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Di UIN Banten. In Jurnal Multidisiplin Ilmu (Vol. 2, Issue 2).
Fauziah, Y., Sumantyo, F. D. S., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1). https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1
Hwangbo, H., Kim, E. H., Lee, S. H., & Jang, Y. J. (2020). Effects of 3D Virtual “Try-On” on Online Sales and Customers’ Purchasing Experiences. IEEE Access, 8, 189479–189489. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3023040
Isyabeliona, S. A., & Santoso, B. (2024). Persepsi Konsumen Terhadap Make Up Try On Shoppee Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Maybelline.
Jannah, N. R., & Arifin, A. (2023). The Influence of Price, Product Quality, and Promotion on Purchase Decisions in E-commerce Shopee with Trust as a Moderating Variable (Vol. 1).
Kinski, N., Sari, R. L., & Ruslan, D. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian di E-Commerce. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 435–443. https://doi.org/10.5281/zenodo.8152978
Leonnard, L., Paramita, A. S., & Maulidiani, J. J. (2019). The Effect of Augmented Reality Shopping Applications on Purchase Intention. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(2), 131–142. https://doi.org/10.15408/ess.v9i2.9724
Lestari, W., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Price Consciousness terhadap Keputusan Pembelian?: Studi Pada Pelanggan TikTok Shop di Kota Yogyakarta. Al-Kharaj?: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2358–2368. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2306
Najib, A. G. A., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Fusion, 2.
Rabbani, A. (2023). Manajemen Operasional Di Era Digital Dan Perkembangan E-Commerce. In Journal of Creative Power and Ambition (Vol. 1, Issue 1). JCPA. https://edujavare.com/index.php/jcpaWebsite:https://edujavare.com/
Sibarani, W. E. (2022). The Effect Of Advertising Promotions and Product Reviews On Online Purchase Decisions in E-Commerce. In | 55 Outline Journal of Education (Vol. 1, Issue 1).
Siti Karmila, M., Putri Lestari, S., & Risana, D. (2023). Pengaruh Promosi dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Prianka.Gallery Tasikmalaya). Journal of Economics and Business Management, 2(3), 254–267. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i3
Sulistyorini, P., Royanti, N. I., & Yunianto, E. (2019). Pengaruh Adopsi E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pedagang Batik Di Pasar Grosir Setono).
Susetyo, B., & Cahyadi, N. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Untuk Membeli Sebagai Variable Intervening. Journal Of Social Science Research, 3, 6342–6356.
Umma, N., & Nabila, R. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Citra Merek dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Generasi Z). Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 10. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v10i1.8407
Utami, A., Irwan, M., & Nasution, P. (2023). Perkembangan Pasar Online (E-Commerce) Di Era Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 126–132. https://doi.org/XX..XXXXX/JMEB
Viohafeni, Z. D. (2023). Pengaruh Fitur Virtual Try-On, Online Customer Review, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Madame Gie Pada Aplikasi Shopee.
Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo (2021). Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 8, 70–78.
Witarisma, S. W. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembeliann pada E-Commerce Shopee. http://www.apple.com
Zhang, T., Wang, W. Y. C., Cao, L., & Wang, Y. (2019). The Role of Virtual Try-on Technology in Online Purchase Decision From Consumers’ Aspect. Internet Research, 29(3), 529–551. https://doi.org/10.1108/IntR-12-2017-0540
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |