ABSTRACT
This study aims to analyze the influence of experience, service quality, and price perception on the reuse intention of public services by student organizations at UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. The research background stems from the university’s financial management reform through the adoption of the Public Service Agency (BLU) model, which shifted the facility usage policy from free access to paid services, particularly for commercial purposes. This shift led to varying responses regarding the intention to reuse campus public services. The study employed a quantitative approach using Partial Least Squares (PLS) analysis with SmartPLS software. The sample consisted of members of student organizations who had previously used the university’s public services. The findings show that experience, service quality, and price perception do not have a significant effect on reuse intention. These results suggest that these factors are not the primary determinants in the decision to reuse public services, highlighting the need for alternative strategies that are more aligned with users’ specific needs and contexts.
Keywords: Reuse Intention, Service Quality, Experience, Price Perception, Public Services, Student Organizations.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman, kualitas layanan, dan persepsi harga terhadap minat penggunaan ulang layanan umum oleh organisasi mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perubahan kebijakan pengelolaan keuangan kampus melalui penerapan sistem Badan Layanan Umum (BLU), yang menyebabkan pergeseran model layanan dari sebelumnya bebas biaya menjadi berbayar, khususnya pada kegiatan bernuansa komersial. Perubahan tersebut memunculkan dinamika dalam minat organisasi mahasiswa untuk kembali menggunakan layanan umum kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS. Sampel penelitian adalah anggota organisasi mahasiswa yang pernah menggunakan layanan umum kampus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengalaman, kualitas layanan, dan persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan ulang. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor tersebut bukan merupakan penentu utama dalam keputusan organisasi mahasiswa untuk menggunakan kembali layanan umum, sehingga diperlukan pendekatan lain yang lebih kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan.
Kata Kunci: Minat Penggunaan Ulang, Kualitas Layanan, Pengalaman, Persepsi Harga, Layanan Umum, Organisasi Mahasiswa.
Sonny indrajaya. (2024). Manajemen Peasaran. (Bandung: Kaizen Media Publishing: 2024)
R P Santoso, W Irawati & C N laili (2024), Literature Review: Implementasi Strategi RelationShip Marketing Dalam meningkatkan kinerja Manajemen Pemasaran. Journal of Business and Innovation Management. Vol.7
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. PPID Mahkamah Agung RI. https://eppid.mahkamahagung.go.id
Zulfikar,dkk. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Aspirasi Publik Dan Pengaduan Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Sidrap. Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik.Vol.2 (4)
Omnibusman Republik Indonesia. (2023). Laporan Ombudsman pada Triwulan 1 Tahun 2023.Jakarta : Omnibusman Republik Indonesia Publication 2023. https://ombudsman.go.id
Khowim, A., dkk (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Ulasan Produk terhadap Minat Beli Ulang Emina pada Official Store Shopee di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara. Vol. 2
A Prakosa & Dimas Jati W (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Ulang E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Daerah Istimewa Yogyakarta. The Journal Of Business and Management. Vol. 3
Dyaksa W P, Susilo T R (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pengalaman Pengguna Terhadap Minat Penggunaan Ulang Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Grab Bike Di Kota Semarang (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal Of Manajemen Vol 13.
B.S Purnomo & Nurhadi (2024) Pengaruh Customer Experience, Customer Knowledge dan Customer Stisfaction Terhadap Minat Penggunaan Ulang Layanan GrabFood di Surabaya. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Bisnis Syariah. VOL 6
Subhi A (2023) Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Penggunaan Ulang Aplikasi TIX.ID Dalam Pembelian Tiket Bioskop Di Kota Jambi Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Jambi: Universitas Jambi. 2023)
Miranda & Nurdasila, (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Jasa Transportasi PO Simpati Star Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi. Vol. 11
Septian Wulandari & Novi Marlena. (2020) Pengaruh Kualitas Lyanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel
Intervening Pada Pengguna Trasportasi Migo Di Suarabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 8 No 2
Suminar, dkk (2024) Pengaruh Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang pada RM. ASSTRO (Asep Stoberi). Journals.eduped. Vol . 2
Kiki S B, dkk (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Ferizy dan Persepsi Harga Terhadap Penggunaan Ulang Layanandi PT ASDP Indonesia Ferry (Studi Kasus Penumpang Rute Merak-Bakauheni). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital (JMPD). Vol 1
Ramadhani & Widyasari, (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Belu Ulang Smartphone OPPO. Jurnal Ilmiyah Akuntansi Keuagan. Vol 4
J V Prawira & H Sidharta (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menciptakan Minat Penggunaan Ulang Pada Personal Shopee Service. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. Vol. 6 No. 6
A.D Utami & Y Suhari (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Ulang Penggunaan Dompet Digital ( Studi kasusu pada generasi milenial di daerah Semarang). Jurnal Of Information Technology And Computer Science (INTECOMS) Vol 7
D Kurniawan (2019) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Pemakaian Jasa Ulang. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Vol. 8
Hanjaya Siaputra (2024) Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya. JURNAL MANAJEMEN PERHOTELAN Vol. 10
Wijiastuti & Cantika (2021) Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota Sorong. Jurnal Economics And Multi Science Kalianda Halok Gagas. Vol. 4
Eria Suci Aningtyas, Supriyono. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Zoya di Outlet Kediri. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol. 22
Burhan, dkk (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampak Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk Sayuran Cv Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaborasi Sains. Vol. 05
Jayadi, Bibin Rubini & Eka suhardi (2024) STRATEGI & PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN GURU transformasi melalui kepeminpinan, teknologi, kreativitas dan eterpreneurship (Surabaya: Jaka Media Publis: 20224)
Novi Rahma Wati & Zumrotul Fitriyah (2024) Pengaruh Mobile Food Ordering Attributes Dan Kualitas layanan Terhadap Minat Beli Ulang Perspektif Ekonomi Islam. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. DOI: 10.30868/ad.v8i02.7319
Eriyanti, H. dan Kusmadeni, D. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket dI Pangkalpinang’, STIKES Abdi Nusa Pangkalpinang.Pangkalpinang. JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen.
Eva Setyaning Wanda & Hari Susanto. (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko LARIEZ48 Di Sampit. E- Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan) Vol. 9
RICKY ADI C. (2023) Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Tokopedia (Tanjung Pinang: STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG, 2023)
Ajzen, Icek, and Fishbein. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesley.
Ajzen, Icek. 1985. From Intentions to Action: A Theory of Planned Behavior. New York.
Ajzen. 2005. Attitudes, Personality and Behavior : Second Edition. second edi. Mc Graw Hill
Trisdayana A, A Suryani & Ida Bagus (2018) Pengaruh sikap dan norma subjektif terhadap niat beli dan keputusan pembelian. E-jurnal Manajemen Unud Vol 7 3, 2018: 1452-1480
Ajzen 2002. “Perceived Behavioral Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and the Theory of Planned Behavior.” Journal of Applied Social Psychology 32(4).
T Natalie & G Listen (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan Dan Persepsi Reisko Pada Pembayaran Elektronik Terhapdap Minat Menggunakan Ualang Gopay (Studi Kasus Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Budhi Dharma) Prosiding : Ekonomika Dan Bisnis Vol 1 No 1
L B Hutahean (2022) Pengaruh Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Grabbike Di kota Medan (Medan: Universitas HKBP Nommensen, 2022)
N C Zuhro, S Saroh & D Zunaida (2021) Pengaruh Kemudahan Pengguna, Pengalaman, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Ulang E-money (studi pada mahasiswa universutas islam malang penggunaan aplikasi ovo). JILAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis) Vol.10 No.2
M A Burhan (2023) Pengaruh Kemudahaan, Manfaat Dan Fitur Layanan Terhadap Niat penggunaan Ulang E-Money (Studi pada Pengguna Gopay Di Kabupaten Kebumen) (Kebumen: Universitas Putra Bangsa Kebumen. 2023)
K D Prabandari & N N Kerti Yasa (2019) Peran Kepercayaan Memediasi pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Jasa JNE Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, Vol.8, No.2
E Y Putri, Kadunci & E Rosalina (2024) Pengaruh Customer Experience dan Persepsi kegunaan Terhadap Minat Penggunaan ulang Aplikasi E-comerce Minimarket Alfagift (Studi kasus pengguna aplikasi Alfagift pada Followers instagram @Alfagift_ind) JAProf: Jurnal Administrasi Profesional Vol.05 No.02
N Angelina & Supriyanto, 2024 Pengaruh Customer Experience Dan Btand Trust Terhadap Repurchase Intention Pada Customer GGV di Surabaya. JIMEA, Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi). Vol.8 No.3
Kim et, al. (2004) Factors Affecting Online Search Intention And Online Purchase Intention. Seoul Journal Of Business Vol.10 No.2
Prasetyo Agus N & Rahardja (2015) Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Di Situs Jual Beli Online BUKALAPAK.COM. Diponegoro Journal Of Manageen. Vol.4 No.2
N N Adriani & I G Ketut Warmika (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Dan Niat Menggunakan Kembali. E- Jurnal Manajemen Vol.8 No.4
Aditya Okta V & Ririn Tri R, (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Ulang Dengan Menggunakan Produk Yang Lain Melalui Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Boulevard Di Surabaya. JESTT. Vol.1 No.8
Made Bagus & Ida Sudikta (2013) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap niat Pemakaian Ulang Jasa Service Pada Bengkel Toyota Auto 2000 Denpasar. E-jurnal Manajemen, Vol.8 No.4
Ika Susilowati (2025) E-Satisfaction Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Sistem Terhadap Continuance Intention. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi. Vol.4 No.4
S T Anisa, M t Lutfi, A Ulil Albab, D Fitria, Y S Pradani & Y Inawati (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Milenial Salatiga. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi Vol.1 No.1
S Rahman , Rika, P H Santoso, dan O Setyawan. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap
Loyalitas Pelanggan Pada Transportasi Online(Studi Kasus Pada Pengguna Gojek di Pekanbaru).Jurnal BANSI : Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi
I W Arik, I G Ayu & I M Surya (2023) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi kasus pasa babi guling putra celagi) Jurnal EMAS Vol.4 No.2
N N Rizki, et, al. (2022) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan pelanggan Dan Minat Pembelian: Kualitas Produk Dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasatan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial Vol.3 No.1
D T Ambarsari, (2023) dengan judul “Analisi Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, Dan Kualitas Payanan Terhadap Minat Penggunaan Ulang Jasa Transportasi Online Maxim Di kota Solo”. (Surakarta: Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023)
H Afriansyah (2024) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Minat Menggunakan Kembali (Reuse intention) Layanan Samsat Payment Point. (Makasar: Universitas Hasanudin Hasanudin, 2024)
J M Yam & R Taufik (2021) Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Administrasi. Vol.3 No.2
M N Erlambang (2019) Pengaruh Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Penggunaan Ulang Pada Konsumen Grab Motor Di Jombang. (Jombang: Sekolah Tinggi Ekonomi (SITE) PGRI Dewantara Jombang, 2019)
D Erlangga (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Menggunakan Kembali Jasa Computer Line Jabodetabek. (Jakarta: Universitas Mercu Buana, 2023)
Suharto, D. (2014) Metode Riset Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
M S Priadana & D Sunarsi (2021) Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang
Selatan: Penerbit PascalBook.
P T Parana & U (2025). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Customen Relationship Managemen (CRM) Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitsa Pelanggan Fore Coffee Di Surabaya. Jurnal Inovas dan Keativitas Dalam Ekonomi Vol.8 No.1
B Teressa, dkk. 2024. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Wizz Drive Thru Gelato Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.18 No.1
A Prakosa & D J Wintaka (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Ulang E-Wallet pada Generasi Milenial Di Daerah
Istimewa. Jurnal (Bisnis dan Manajemen): The Journal and Manajemen. Vol.3 No.1
W A Pramarta, dkk. (2023) Pelatihan Penggunaan Smart PLSBagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Handayani. Jurnal Of Human And Education Vol.3 No.4
A M Musyaffi, H Khairunnisa & D K Respati (2021) Konsep Dasar Structural equation model-partial least square (sem-pls) menggunakan smart pls. Tanggerang Selatan: Penerbit PaccalBook
L K Harahap (2020). Analisis SEM (structural equation modeling) dengan SMARTPLS (Partial least square). Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Walisongo Semarang 1, 1.
H Sofyani (2023) Penentuan Jumlah Sampel Pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif. Jurnal Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia. Vol.7 No.2
D E Safitri (2019). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal DIMENSI, Vol.15 No.1
Zuro, (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Ulang E-Money (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang Pengguna Aplikasi OVO). (Malang: Universitas Islam Malanga, 2021)
D Paranatika & Albari, (2022) Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Motivasi Hedonis terhadap Minat Pembelian Ulang Online. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & ManajemenE-ISSN: 2829-7547 | Vol. 01, No. 02, 2022, pp. 92-105
Jasin, dkk (2023) Niat pembelian ulang dan kepuasan pelanggan UKM: Investigasig peran nilai utilitasdan kualitas layanan. Manajemen Rantai Pasokan yang Tidak Pasti 11 (2023) 673–682
Aninda Z N & Roosdhani M R (2023) Exploring The Sevice Quality’s Impact On Repurchase Intention In Service Courrier Customers. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Vol.6 No.3
Gusmaradi A (2024). Pengaruh Media Sosial Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Pengguna Shopee). Jurnal Ekonomi Manajemen (JEKMa) Vol.28 No.2
Heri Prabowo dkk,. (2023) Purchasing Decision In Terms Of Perceived Quality, Perceived Price And Digital Marketing Through Brand Image In Non-star Hotels. Intern. Journal of Profess. Bus. Review.|Miami,v. 8|n. 8| p. 01- 13|e02865
T P Pratama & N Suryadi (2021)Pengaruh Perceived Quality, Price Percption dan Brand Image Terhadap Repurcase Intention (studi pada pengguna produk olahraga merek specs di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol.18 No.1
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |