GAMBARAN KEPUASAN PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 TERHADAP PROGRAM PELAYANAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DI WILAYAH PISKESMAS KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Maya Riskiana, Sugiharto
Kata Kunci   :Diabetes Mellitus dan Kepuasan
Program Studi S1 KeperawatanrnSTIKES Muhammadiyah PekajanganrnAgustus, 2018rnrnABSTRAKrnMaya Riskiana, SugihartornGambaran Kepuasan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Terhadap Program rnPengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) Di Wilayah Puskesmas rnKabupaten Pekalonganrnxi + 84 halaman + 12 tabel + 1 skema + 8 lampiranrnDiabetes Mellitus (DM) merupakan sekumpulan gangguan metabolic yang rnditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemia) akibat rnkerusakan pada sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Keluhan klasik rnseperti poliuria, polidipsia, polifagia, dan penurunan berat badan yang tidak dapat rndijelaskan penyebabnya dapat dijadikan sebagai indicator awal diagnosa DM. rnDM dikelompokkan menjadi empat macam yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, rnGestasional diabetes mellitus (GDM), dan diabetes tipe lainnya. Penderita DM rnsangat rentan mengalami komplikasi, biasanya terjadi 10-15 tahun, komplikasi rnmakrovaskuler (pembuluh darah besar) mempengaruhi sirkulasi coroner, rnpembuluh darah perifer, dan pembuluh darah otak. Komplikasi mikrovaskuler rn(pembuluh darah kecil) mempengaruhi mata (retinopati), dan ginjal (nefropati). rnDesain penelitian menggunakan deskriptif analitik. Responden pasien DM tipe 2 rnyang mengikuti Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS). Teknik rnpengambilan sample menggunakan Cluster Random Sampling dengan jumlah rn196 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan. Hasil rnanalisa data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil uji statistik didapatkan nilai rnkepuasan positif 56,6% dan kepuasan negatif 43,4%. Sehingga dapat rndisimpulkan bahwa lebih banyak kepuasan positif pasien DM tipe 2 di Wilayah rnPuskesmas Kabupaten Pekalongan. Saran agar petugas kesehatan meningkatkan rnprogram penyuluhan tentang DM untuk meningkatkan kepuasan pasien.rnKata kunci : Diabetes Mellitus, KepuasanrnDaftar pustaka : 40 (2005-2017)
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2018 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |