Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PETUGAS PADA KOMUNITAS PASIEN KANKER DI RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN


Pengarang : Fidiastuti, Rita Dwi Hartanti, Rita Dwi Hartan


Kata Kunci   :Kepuasan Pasien, Pelayanan Peugas, Komunitas Kanker

Pasien kanker memerlukan perawatan yang komprehensif dan waktu yang cukup lama, sehingga memiliki banyak kebutuhan untuk mempertahankan kehidupan. Komunitas pasien kanker dibentuk untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi pasien kanker. Pelayanan diberikan oleh petugas baik perawat, dokter, rohaniawan dan ahli gizi. Kepuasan pasien adalah faktor penting dalam menilai penyediaan pelayanan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, pengambilan sampel dengan cara total sampling yaitu sebayak 42 orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas kesehatan pada komunitas pasien kanker berdasarkan lima dimensi kepuasan pasien yaitu tangible, reability, responsiveness, assurance dan empaty. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien pada dimensi tangible perawat sebesar 40,94% pada kategori sangat puas, dokter 47,14%, rohaniawan 53,82% dan ahli gizi 64,84% pada kategori puas. Pada dimensi reability perawat sebesar 50,5%, dokter 45,7%, rohaniawan 55,7% dan ahli gizi 66,14% pada kategori puas. Pada dimensi responsiveness perawat sebesar 44,76%, dokter 52,84%, rohaniawan 58,56% dan ahli gizi 55,24% pada kategori puas. Pada dimensi assurance perawat sebesar 43,8 % pada kategori sangat puas, dokter 59,06 %, rohaniawan 56,66% dan ahli 61,42% pada kategori puas. Pada dimensi empaty perawat sebesar 47,16%, dokter 41,48%, rohaniawan 60,96% dan ahli 52,84% pada kategori puas. Rumah sakit agar meningkatkan fasilitas kerja, kecepatan layanan, kemampuan berkomunikasi sehingga kepuasan pasien bisa meningkat. Pasien yang memiliki kepuasan yang baik akan lebih cenderung mematuhi regimen medis sehingga petugas memiliki peran penting dalam memberikan kepuasan pelayanan bagi pasien kanker.

Referensi

-


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2018
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia